kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Peluang Atau Prospek Kerja Tafsir Hadits Dan Gajinya


Bagi Kamu yang tertarik untuk mendalami ilmu agama Islam secara lebih mendalam jurusan kuliah yang berhubungan dengan agama Islam jadi pilihan tepat. Salah satunya adalah jurusan tafsir hadits. Di jurusan ini Kamu akan mempelajari hadits-hadits dan menafsirkannya untuk diterapkan di kehidupan bermasyarakat. Jika Kamu tertarik, berikut ini adalah 10 peluang atau prospek kerja tafsir hadits.

1. Dai/Mubaligh

Sebagai lulusan dari jurusan ilmu tafsir hadits, maka Kamu pasti memiliki pengetahuan yang luas tentang agama Islam. Pengetahuan ini bisa Kamu sebarkan kepada masyarakat luas lewat ceramah maupun cara berdakwah yang lain. Kamu bisa bekerja sebagai dai atau mubalig dengan kualitas dakwah yang bagus.

Sebagai dai atau mubaligh, Kamu biasanya akan diundang ke acara-acara keagaman atau kegiatan kajian. Selain bisa mendapat pahala karena menyebarkan ilmu agama Islam, Kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dari profesi ini. Jumlah uang yang bisa Kamu dapat antara Rp500.000,00 hingga Rp1.000.000,00 sekali tampil.

2. Pegawai Kementerian Agama

Jika Kamu ingin mendapat pekerjaan yang tetap dengan gaji stabil, maka Kamu bisa coba melamar sebagai pegawai di Kementerian Agama. Pengetahuan agama yang Kamu miliki bisa menjadi bekal untuk bekerja di tempat ini. Kamu bisa ikut seleksi PNS setiap kali dibuka kesempatan. Meskipun pesaingnya ada banyak tapi Kamu pasti bisa melewati ujian dan menjadi PNS.

Bekerja di Kementerian Agama tentu akan terlihat begitu prestise untukmu. Kamu juga bisa mendapat gaji yang menjanjikan. Gaji yang diterima dari profesi ini berkisar antara Rp3.000.000,00 hingga belasan juta tergantung posisi atau jabatan.

3. Peneliti

Siapa bilang profesi peneliti hanya ada di bidang sains? Bidang ilmu agama juga membutuhkan sosok seorang peneliti yang akan menghasilkan teori-teori pengetahuan yang baru. Lagipula ilmu mengenai tafsir hadits ini merupakan bidang ilmu yang masih sangat membutuhkan kontribusi dari para peneliti profesional.

Setelah lulus, Kamu bisa menjadi peneliti dengan fokus ilmu hadits. Kamu bisa bekerja sebagai peneliti bersama pihak lain atau bekerja secara mandiri. Perkiraan gaji yang bisa Kamu dapat sebagai peneliti berkisar antara Rp3.000.000,00 hingga Rp5.000.000,00 tergantung proyek yang dikerjakan.

4. Qori

Salah satu peluang atau prospek kerja tafsir hadits yang bisa Kamu tekuni adalah menjadi qori. Qori merupakan pembaca ayat-ayat suci al-quran yang biasanya dibutuhkan untuk tampil di acara-acara tertentu.

Jika Kamu memiliki bakat untuk menjadi qori, maka Kamu bisa menekuni bidang profesi yang satu ini. Gaji yang didapat sangat bervariasi dan bisa lebih banyak jika Kamu ikut berbagai kompetisi.

5. Guru

Sebagai lulusan jurusan tafsir hadits, Kamu juga punya peluang untuk bekerja sebagai guru. Kamu punya bekal ilmu agama Islam yang sangat mencukupi sehingga Kamu dapat memilih menjadi guru agama di sekolah. Profesi guru ini bisa memberikan Kamu penghasilan antara Rp2.000.000,00 hingga Rp3.000.000,00.

Sebenarnya tidak hanya menjadi guru sekolah, Kamu juga berpeluang jadi dosen di tingkat universitas. Kamu bisa mengajar di jurusan tafsir hadits tempat Kamu berkuliah. Sebagai dosen, gajimu tentu lebih besar dari guru sekolah. Kamu bisa dapat penghasilan antara Rp3.000.000,00 hingga Rp5.000.000,00.

6. Guru Madrasah

Tak hanya berkesempatan menjadi guru di sekolah formal, Kamu juga bisa menjadi guru di madrasah. Lulusan ilmu tafsir hadits tentu punya peluang yang sangat besar untuk menjadi pengajar di sekolah madrasah.

Sekolah ini memiliki fokus pelajaran ilmu agama Islam sehingga sangat cocok dengan bekal ilmu yang Kamu miliki. Kisaran gaji yang bisa Kamu dapat adalah Rp1.500.000,00 hingga Rp2.000.000,00.

7. Mentor Baca Al-Quran

Sebagai mahasiswa dari jurusan tafsir hadits tentu Kamu punya kemampuan yang sangat baik dalam membaca al-quran. Jika tidak bisa menjadi qori, maka Kamu bisa mencoba profesi sebagai mentor membaca al-quran. Ada banyak orang yang membutuhkan jasa mentor membaca al-quran profesional. Dari profesi ini Kamu bisa mendapat penghasilan mulai dari Rp1.500.000,00.

8. Bekerja Di Lembaga Islam

Setelah selesai belajar di jurusan tafsir hadits, Kamu akan dibutuhkan di berbagai lembaga Islam. Ada banyak lembaga agama Islam yang ada di Indonesia. Lembaga-lembaga ini juga biasanya menawarkan berbagai posisi untuk mereka yang lulus dari bidang ilmu terkait. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dan bekerja di lembaga tersebut.

Besarnya gaji yang ditawarkan tentu sangat beragam. Tergantung di lembaga mana Kamu bergabung dan posisi apa yang Kamu tempati. Kisaran gajinya adalah Rp1.500.000,00 hingga Rp3.000.000,00.

9. Pengurus Pondok Pesantren

Kamu juga bisa bekerja sebagai pengurus pondok pesantren. Lulusan ilmu tafsir hadits juga banyak dibutuhkan untuk membantu bertanggung jawab terhadap siswa-siswa di pondok pesantren.

Kamu punya tugas yang penting yaitu menjawab berbagai permasalahan dan tantangan dunia kontemporer tapi tetap merujuk pada al-quran dan hadits. Besar gaji yang didapat mulai dari angka Rp1.500.000,00.

10. Pengusaha

Semua mahasiswa yang lulus dari berbagai bidang atau jurusan ilmu punya peluang sama besar untuk sukses berbisnis. Sebagai lulusan jurusan tafsir hadits, Kamu juga bisa berbisnis. Kamu memiliki pemahaman bisnis dengan konsep syariah dan tata cara yang sesuai dengan ajaran al-quran. Bisnis yang Kamu jalankan pasti akan membawa keberkahan bagi diri sendiri maupun orang lain.

Ada banyak sekali bidang bisnis yang bisa digeluti. Kamu bisa membuka lapangan kerja bagi teman-teman di sekitarmu. Kamu juga bisa mendapat penghasilan yang sangat besar tergantung kesuksesanmu membangun bisnis tersebut.

Itulah 10 peluang atau prospek kerja tafsir hadits sebagai tambahan informasi untukmu. Semoga informasi ini bisa membantu, ya!


Related Posts

Related Posts