kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Peluang Atau Prospek Kerja Perencanaan Wilayah Dan Kota Dan Gajinya


Saat ini di Indonesia pembangunan dan penataan wilayah bukan menjadi prioritas utama pemerintah. Akan tetapi, sudah banyak daerah yang menyadari pentingnya penataan kota dan wilayah yang baik, terutama kota yang terus berkembang. Melihat hal ini, peluang atau prospek kerja perencanaan wilayah dan kota di Indonesia makin besar sehingga sangat cocok untuk menjadi program studi yang Kamu pilih.

Jurusan ini memiliki prospek kerja di berbagai bidang pekerjaan. Apabila Kamu tertarik memilih jurusan ini, maka perlu keahlian matematika yang bagus, geologi, serta sejarah konstruksi. Supaya Kamu tidak ragu lagi, berikut 10 prospek kerja yang cocok untuk lulusan teknik perencanaan wilayah dan kota:

1. Pegawai Negeri Sipil

Bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil mampu memberikan masa depan cerah. Sehingga wajar apabila pendaftar saat perekrutan PNS dibuka sangat banyak. Agar Kamu memiliki kans besar menjadi PNS, memilih jurusan yang jarang dipilih akan menjadi manuver yang tepat.

Pemerintah membutuhkan sumber daya manusia yang andal dalam membangun kota-kota di tanah air sehingga selalu dicari putra putri bangsa yang memiliki keahlian di bidang ini. Oleh sebab itu, prospek kerja lulusan jurusan ini sangat tinggi dan gajinya juga cukup besar, mulai dari 3 juta.

2. Pegawai Bank

Kamu juga bisa menjadi pegawai bank. Sebab dunia perbankan juga membutuhkan tenaga ahli dalam bidang perencanaan wilayah sehingga dapat melakukan pemasaran yang tepat. Tentunya, berbeda wilayah akan beda pula cara pemasaran yang dilakukan.

Kamu bisa mencoba melamar pekerjaan di bank BUMN atau Swasta dengan kualifikasi yang baik, tentu akan mudah bagi pihak manajemen untuk menerima. Untuk masalah gaji, pekerjaan sebagai staf di bank bisa memberikan pemasukan sebesar Rp4 juta per bulan. Namun, tergantung dengan manajemen, wilayah, dan prestasi karyawan.

3. Penilai Real Estate

Pekerjaan lain yang tepat untuk lulusan teknik perencanaan wilayah dan kota adalah menjadi seorang agen penilai real estate. Pekerjaan satu ini sangat keren dan membutuhkan gaya yang keren juga. Terutama dalam hal penampilan. Sebagai penilai real estate, Kamu akan berhadapan dengan klien-klien yang membutuhkan bantuan dalam menilai sebuah bangunan.

Pekerjaan keren satu ini gajinya cukup besar, Kamu bisa mendapatkan Rp5 juta sebagai gaji bulanan dan tambahan bonus apabila mampu memuaskan klien dengan pelayanan baik dan ramah. Siap mencoba pekerjaan ini?

4. Staf Perencanaan Dan Pengembangan Real Estate

Selain berhadapan langsung dengan klien sebagai seorang penilai real estate, Kamu juga dapat menjadi bagian perencanaan dan pengembangan dalam bidang real estate. Misalnya, memetakan lokasi yang tepat untuk perencanaan pembangunan perumahan, membuat rancangan bangunan dan penataannya, serta berbagai pekerjaan lain.

Jenis pekerjaan ini membutuhkan mobilitas tinggi dan mengharuskan Kamu sering berada di luar ruangan. Sangat cocok untuk orang yang aktif dan menyukai tantangan. Gaji yang didapat minimal Rp5 juta per bulan atau tergantung proyeknya.

5. Konsultan Properti

Peluang atau prospek kerja perencanaan wilayah dan kota berikutnya yang cocok untuk lulusan jurusan ini adalah menjadi konsultan properti. Sebagai konsultan Kamu akan memberikan saran kepada berbagai pihak yang meminta bantuanmu mengenai investasi properti yang bagus. Klien bisa perorangan maupun badan usaha.

Konsultasi yang diberikan terkait dengan pembelian, penjualan, maupun pembangunan properti. Untuk masalah gaji, pekerjaan satu ini sangat bervariasi. Bahkan beberapa konsultan dapat menargetkan minimal bayaran yang diberikan klien. Penghasilan bulanan yang bisa dikantongi mulai 4 juta.

6. Sales Pemasaran Perumahan

Masih di bidang real estate dan perumahan, pekerjaan yang dapat diambil seorang lulusan teknik perencanaan wilayah dan kota adalah menjadi sales pemasaran perumahan. Saat ini pekerjaan satu ini cukup menjanjikan hasil besar. Apalagi dengan adanya bonus dari setiap unit rumah yang dijual.

Menjadi sales perumahan mengharuskan Kamu memasarkan rumah kepada klien dan membantu klien dalam memilih juga menentukan cara pembayarannya. Seorang sales perumahan harus vokal dan mampu menarik pelanggan. Untuk masalah gaji, Kamu bisa mendapatkan gaji pokok mulai dari Rp3 juta dan mendapatkan bonus per unit rumah yang berhasil terjual.

7. Arsitek

Kamu juga dapat menjadi seorang arsitek walaupun tidak mengambil jurusan arsitektur. Sebab dalam materi kuliah jurusan perencanaan wilayah dan kota juga diajarkan bagaimana membuat rancang bangun sebuah bangunan.

Untuk menjadi seorang arsitek, Kamu perlu mendalami ilmu rancang bangun bangunan. Jika berhasil menjadi arsitek, Kamu bisa bekerja dan membuka usaha sendiri. Untuk masalah gaji, biasanya arsitek akan ditentukan oleh pekerjaan yang diambil. Minimal bisa mengantongi Rp5 juta per bulan.

8. Konsultan Perencanaan Kota Dan Wilayah

Selain menjadi konsultan real estate, Kamu juga bisa menjadi konsultan perencanaan pembangunan kota dan wilayah. Jenis pekerjaan ini merupakan pekerjaan jangka panjang yang memberikan gaji lumayan, minimal bisa menghasilkan Rp4 juta per bulan.

9. Kontraktor

Menjadi kontraktor dengan basic jurusan teknik perencanaan wilayah dan kota merupakan pilihan bijak. Di mana Kamu bisa membangun usaha sendiri dan mengikuti lelang pengambilan pekerjaan pembangunan di Dinas Pekerjaan Umum maupun dari pihak swasta. Untuk masalah penghasilan akan ditentukan dari besarnya pekerjaan yang diambil.

10. Hukum Kontrak Dan Komersial

Kamu juga dapat berkarir di bidang hukum, khususnya pada bagian hukum kontrak dan komersial. Karena kedua jenis hukum ini dipelajari dalam perkuliahan teknik perencanaan wilayah dan kota. Menjadi bagian firma hukum akan memberikan gaji cukup besar, minimal Rp5 juta per bulan.

Dapat Kamu lihat bahwa peluang atau prospek kerja perencanaan wilayah dan kota sangat banyak dan mencakup berbagai bidang pekerjaan. Ingin menjadi karyawan atau bahkan membuka usaha sendiri dapat dilakukan. Jadi, tinggal pilih masa depan yang Kamu inginkan.


Related Posts

Related Posts