kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Peluang Atau Prospek Kerja Oseanografi Dan Gajinya


Peluang atau prospek kerja oseanografi sangatlah baik dan cukup menjanjikan di masa depan. Jurusan oseanografi saat ini bisa jadi pilihan yang tepat jika Kamu ingin bekerja di bidang kelautan maupun lingkungan. Supaya merasa lebih yakin, inilah dia 10 peluang kerja yang bisa Kamu dapat sebagai lulusan jurusan oseanografi.

1. Ahli Ekologi

Sebagai ahli ekologi, Kamu akan bergelut di bidang makhluk hidup beserta ekosistemnya. Kamu bisa menjadi ilmuwan yang meneliti sifat makhluk hidup di dalam sebuah ekosistem lengkap dengan diversifikasinya. Bidang profesi yang satu ini juga meneliti interaksi makhluk hidup dengan lingkungan tempat ia menghabiskan hidupnya.

Perkiraan gaji yang bisa Kamu dapat sebagai ahli ekologi adalah Rp4.500.000,00 hingga Rp7.500.000,00. Peran ahli ekologi di masyarakat tentu sangatlah penting. Mereka juga bertugas mengidentifikasi jika terjadi masalah pada suatu ekosistem. Secara garis besar, ahli ekologi memegang peran yang sangat penting dalam pelestarian lingkungan hidup manusia maupun makhluk hidup lainnya.

2. Metocean Engineer

Profesi yang satu ini akan menjadi profesi impian bagi mereka yang suka bekerja dengan tantangan. Profesi ini sangatlah penting dan dibutuhkan oleh perusahaan minyak bumi dan gas. Metocean engineer bertugas meneliti dan mengambil data di laut. Data yang diambil contohnya angin laut, gelombang laut, dan masih banyak lagi.

Data yang dikelola oleh seorang metocean engineer akan sangat bermanfaat bagi engineer lainnya. Analisis data ini juga bisa berguna untuk memudahkan pengambilan keputusan sesuai dengan cuaca serta kondisi laut. Gaji yang bisa Kamu dapat mencapai Rp.6.500.000,00 hingga Rp8.700.000,00.

3. Konsultan Lingkungan

Setelah lulus dari jurusan oseanografi, Kamu juga bisa jadi konsultan lingkungan. Profesi yang satu ini juga punya peran penting dalam kelestarian dan keseimbangan hidup di lingkungan kita. Jika Kamu punya kepedulian tinggi terhadap lingkungan di bumi ini, maka profesi ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sebagai konsultan lingkungan, tugasmu adalah menemukan solusi paling tepat untuk mengatasi kerusakan di lingkungan bumi. Kamu memiliki tugas penting mengarahkan klien untuk meminimalkan atau bahkan menghilangkan hal-hal yang bisa merusak kelestarian lingkungan hidup. Rata-rata gaji yang didapat dengan menjadi konsultan lingkungan adalah Rp5.200.000,00 hingga Rp8.300.000.

4. Teknik Kelautan

Peluang atau prospek kerja oseanografi berikutnya yang bisa Kamu coba adalah bekerja di bidang teknik kelautan. Profesi ini memiliki tugas penting dalam membuat desain, mengembangkan, sekaligus bertanggung jawab dalam dunia perkapalan. Mulai dari mesin penggerak hingga sumber daya listrik yang digunakan di kapal.

Sebenarnya ada banyak jenis profesi yang masuk ke kategori teknik kelautan ini. Mulai dari konsultan kelautan, ahli kapan, inspektur kapal, perancang sistem kelistrikan, dan masih banyak lagi.

Tugas yang akan Kamu miliki di dunia kerja ini juga sangat penting. Gaji yang bisa Kamu peroleh dari bidang profesi yang satu ini termasuk menggiurkan berkisar antara Rp4.400.000,00 hingga Rp7.000.000,00.

5. Manajer Akuakultur

Pilihan profesi berikutnya yang bisa Kamu tekuni setelah menyelesaikan sekolah tingkat sarjana di jurusan oseanografi adalah manajer akuakultur. Seorang manajer akuakultur memiliki tugas penting dalam mengatur agar produksi dan penggunaan sumber daya ikan bisa berjalan baik tanpa merusak keseimbangan lingkungan.

Ada beberapa contoh profesi spesifik yang bisa Kamu tekuni dengan menjadi manajer akuakultur. Beberapa diantaranya adalah direktur akuakultur, manajer pembenihan ikan, spesialis sirkulasi sistem akuakultur, dan masih banyak lagi. Dari profesi ini Kamu bisa mendapatkan penghasilan rata-rata Rp4.100.000,00 hingga Rp5.800.000,00.

6. Coastal Modeler

Bekal ilmu yang Kamu dapatkan dari jurusan oseanografi juga bisa diaplikasikan untuk bekerja sebagai seorang coastal modeler. Seorang coastal modeler bertugas membuat simulasi dinamika situasi yang ada di laut menggunakan perangkat komputer. Simulasi ini menjadi prediksi dan bahan pertimbangan bagi mereka yang bekerja di laut lepas untuk mengambil keputusan.

Coastal modeler memang bergelut dengan kondisi atau cuaca di laut lepas. Namun, mereka tidak bekerja secara langsung di sana melainkan di depan komputer. Hasil simulasi yang mereka dapatkan bisa menjadi acuan untuk mengambil keputusan dan mempermudah proses penelitian yang dilakukan pihak tertentu. Rata-rata gaji yang diterima berkisar antara Rp5.600.000,00 hingga Rp8.200.000,00.

7. Akademisi

Kamu bisa mengaplikasikan ilmu yang Kamu dapat dengan menjadi seorang akademisi. Ilmu oseanografi yang Kamu terima akan bermanfaat karena Kamu membagikannya kepada orang lain. Kamu bisa menjadi dosen di kampus almamatermu atau di kampus lain yang Kamu pilih. Bekerja sebagai akademisi akan menjadi profesi yang sangat menyenangkan dan bermanfaat.

Agar bisa menjadi seorang akademisi, Kamu perlu menempuh pendidikan pascasarjana dan mendapat gelar master. Pilih jurusan master yang sesuai dengan tujuan akhirmu menjadi dosen.

Gaji dosen saat ini juga sangat menjanjikan, mulai dari Rp4.500.000,00 hingga tak terhingga sesuai dengan keaktifanmu sendiri. Kamu bisa menambah penghasilan lewat penulisan karya-karya ilmiah.

8. Spesialis Konservasi Alam

Ilmu yang Kamu dapatkan di jurusan oseanografi bisa dijadikan bekal untuk bekerja sebagai spesialis konservasi alam. Profesi di bidang ini sangatlah penting untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup kita di dunia. Kamu akan memegang peran besar dalam pengambilan keputusan-keputusan tanpa harus merusak lingkungan alami di sekitar kita.

Profesi ini bertugas membuat perencanaan dan pengembangan pemeliharaan lingkungan alam. Lingkungan yang menjadi cakupan kerja dari profesi ini adalah perairan dan daratan. Rata-rata gaji yang didapat oleh spesialis konservasi alam adalah Rp4.200.000,00 hingga Rp6.700.000,00.

Itulah tadi pilihan peluang atau prospek kerja oseanografi yang mungkin bisa menjadi gambaran untukmu. Masih ada banyak sekali pilihan profesi yang tentu bisa Kamu tekuni dengan berbekal ilmu oseanografi.


Related Posts

Related Posts