kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Peluang Atau Prospek Kerja Manajemen Dan Kebijakan Publik Dan Gajinya


Salah satu alasan dalam memilih jurusan kuliah adalah prospek kerjanya setelah lulus kuliah nanti. Mungkin Kamu juga mempertimbangkan hal yang sama saat memilih jurusan manajemen dan kebijakan publik. Bukan hanya mata kuliah dan biayanya yang Kamu pertimbangkan, namun juga peluang atau prospek kerja manajemen dan kebijakan publik itu sendiri.

Jurusan manajemen dan kebijakan publik biasa disingkat dengan MKP dan menjadi bagian dari salah satu jurusan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Sebelum dikenal dengan nama ini, jurusan ini dikenal dengan nama jurusan Ilmu Administrasi Negara. Jadi, Manajemen dan Kebijakan Publik merupakan nama lain dari Administrasi Negara sehingga materi yang diajarkan pun tidak jauh berbeda.

Kalau Kamu sedang mencari informasi tentang peluang kerja dari jurusan ini, tulisan ini akan membahas 10 prospek kerja jurusan manajemen dan kebijakan publik lengkap dengan perkiraan gajinya. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Staf Kementerian

Prospek kerja yang pertama dari jurusan ini adalah Kamu bisa bekerja sebagai staf kementerian. Kamu bisa menjadi pegawai honorer dengan PKWT atau bisa juga masuk kementerian melalui jalur rekrutmen CPNS dan menjadi ASN. Hampir semua kementerian membutuhkan para karyawan yang memiliki keahlian ini. Gaji yang Kamu dapatkan dengan berkarir sebagai staf di kementerian yaitu sekitar Rp5.000.000 per bulan.

2. Diplomat

Yang kedua, lulusan dari jurusan manajemen dan kebijakan publik bisa berkarir sebagai seorang diplomat. Diplomat merupakan seseorang yang ditunjuk untuk mewakili negara dalam kegiatan diplomasi dengan negara lain atau dalam suatu organisasi internasional. Kalau Kamu tertarik untuk bekerja di luar negeri, Kamu bisa memilih profesi ini.

Dari profesi sebagai diplomat, Kamu bisa mendapatkan penghasilan mulai dari Rp4.000.000 hingga mencapai Rp7.000.000 per bulan.

3. Staf Ahli

Peluang atau prospek kerja manajemen dan kebijakan publik berikutnya adalah menjadi staf ahli. Ada banyak pilihan karir sebagai staf ahli yang bisa Kamu coba. Kamu bisa menjadi staf ahli kepresidenan, staf ahli menteri, staf ahli badan legislatif, atau bahkan staf ahli kepala daerah. Kamu bisa sesuaikan dengan minat dan keinginan Kamu. Gaji yang bisa Kamu peroleh jika berkarir sebagai staf ahli bisa mencapai Rp9.000.000 per bulan.

4. Analis Kebijakan Publik

Yang keempat, Kamu juga bisa memilih karir sebagai analis kebijakan publik. Tugas Kamu adalah melakukan kajian terhadap kebijakan publik dalam instansi pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah. Profesi ini biasanya termasuk dalam daftar rekrutmen CPNS yang diadakan oleh pemerintah. Kamu bisa mendaftar untuk itu. Gaji yang Kamu peroleh dari profesi analis kebijakan publik ini sekitar Rp4.000.000 per bulan.

5. Lembaga Swadaya Masyarakat

Yang kelima, lulusan manajemen dan kebijakan publik bisa berkarir di Lembaga Swadaya Masyarakat. Selain berkarir di pemerintahan, Kamu juga bisa berkarir di LSM atau NGO. Kamu bisa memilih LSM atau NGO yang aktif dalam bidang kebijakan pemerintah. Tugas Kamu pun tidak jauh dari mengkaji kebijakan pemerintah. Gaji yang Kamu dapatkan dengan berkarir sebagai LSM yaitu sekitar Rp6.000.000 per bulan.

6. Pengajar

Prospek kerja selanjutnya yang bisa Kamu pilih yaitu Kamu bisa berkarir di dunia pendidikan dengan menjadi seorang pengajar. Kamu bisa mengajar di sekolah atau di perguruan tinggi. Untuk menjadi pengajar di sekolah, Kamu tidak wajib meneruskan ke jenjang S2. Kalau Kamu memilih menjadi dosen, Kamu perlu melanjutkan pendidikan minimal S2. Dari profesi sebagai pengajar, Kamu bisa memperoleh gaji sekitar Rp4.000.000 per bulan.

7. Konsultan Kebijakan Publik

Yang ketujuh, Kamu sebagai lulusan manajemen dan kebijakan publik bisa menjadi konsultan kebijakan publik. Jika Kamu sudah memiliki jam terbang yang tinggi, Kamu bisa memilih profesi ini. Kamu bisa bekerja sebagai konsultan kebijakan untuk pemenangan calon kepala daerah. Meskipun musiman, keahlian Kamu akan sangat dibutuhkan oleh para calon kandidat.

Gaji yang Kamu peroleh dari profesi ini cukup menjanjikan, yaitu mulai dari Rp5.000.000 per bulan dan bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan.

8. Pegawai Swasta

Peluang atau prospek kerja manajemen dan kebijakan publik tidak hanya menjadi pegawai negeri, Kamu juga bisa menjadi pegawai swasta. Kalau Kamu tidak tertarik menjadi ASN atau PNS, Kamu bisa berkarir di perusahaan swasta. Kamu bisa mengurusi bagian manajemennya yang juga bertanggung jawab atas kebijakan yang diambil oleh perusahaan tersebut. Gaji yang Kamu dapatkan dari profesi ini sekitar Rp5.000.000 per bulan.

9. Pegawai BUMN

Peluang kerja berikutnya adalah menjadi pegawai BUMN. Selain menjadi ASN, menjadi pegawai BUMN masih menjadi salah satu impian terbesar dari para lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Ada banyak BUMN yang bisa Kamu pilih, mulai dari bank, perusahaan kontraktor, hingga perusahaan media. Gaji yang Kamu peroleh dengan menjadi pegawai BUMN yaitu sekitar Rp6.000.000 per bulan.

10. Peneliti

Yang terakhir, Kamu bisa berkarir sebagai seorang peneliti. Hasil penelitian Kamu nantinya bisa dijadikan rujukan untuk menentukan kebijakan yang paling tepat. Setelah melakukan penelitian, Kamu bisa menerbitkan buku, jurnal, atau hasil karya lainnya yang relevan. Gaji yang Kamu dapatkan dengan menjadi seorang peneliti yaitu sekitar Rp4.000.000 per bulan.

Nah, itulah 10 peluang atau prospek kerja manajemen dan kebijakan publik lengkap dengan perkiraan gajinya. Kamu bisa memilih salah satu dari 10 peluang karir tersebut setelah lulus kuliah nanti. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Kamu yang masih bingung menentukan pilihan.


Related Posts

Related Posts