kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Peluang Atau Prospek Kerja Komunikasi Penyiaran Islam Dan Gajinya


Jurusan ilmu komunikasi merupakan jurusan dimana Kamu akan mempelajari berbagai ilmu yang berkaitan dengan komunikasi. Salah satu cabang dari ilmu komunikasi adalah jurusan komunikasi penyiaran Islam yang berfokus pada komunikasi yang didasarkan oleh nilai-nilai Islam. Berikut adalah 10 peluang atau prospek kerja komunikasi penyiaran Islam yang perlu Kamu ketahui.

1. Da’i / Mubaligh

Di jurusan ini Kamu akan mempelajari teknik komunikasi termasuk public speaking. Kemampuan ini bisa Kamu aplikasikan untuk menjadi da’i atau mubaligh dan menyiarkan pesan-pesan Islam.

Selain menyampaikan pesan-pesan agama, Kamu juga akan mendapat penghasilan setiap kali Kamu berceramah di suatu tempat atau suatu kegiatan. Meski begitu, tetap niatkan profesi ini untuk berdakwah, ya!

2. Wartawan

Para lulusan dari jurusan komunikasi penyiaran Islam juga memiliki peluang besar untuk bekerja menjadi wartawan. Kamu bisa menekuni profesi wartawan baik di media elektronik, cetak, atau online. Kamu juga bisa memfokuskan diri untuk bekerja sebagai wartawan yang mengangkat isu-isu agama.

Meskipun berfokus pada nilai-nilai Islam, namun jurusan ini juga tetap memberikan Kamu pengetahuan menyeluruh dunia komunikasi. Bekal inilah yang bisa membawa Kamu menekuni profesi wartawan. Dari jenis profesi ini Kamu bisa mendapat gaji mulai dari Rp2.000.000,00.

3. Public Relation

Ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasa public relation. Hal ini juga berlaku bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang syariah. Perusahaan sejenis ini tentu saja akan membutuhkan public relation yang memahami ilmu Islam. Itulah mengapa peluang profesi ini terbuka bagi mahasiswa lulusan komunikasi penyiaran Islam.

Bekerja sebagai public relation tentu tidak mudah. Kamu juga punya peran penting untuk menjalin hubungan dengan pihak-pihak tertentu. Gaji yang bisa Kamu dapatkan sebagai public relations berkisar mulai dari angka Rp3.000.000,00.

4. Penyiar Televisi / Radio

Bagi Kamu yang percaya diri untuk tampil di depan umum, Kamu juga bisa menjadi penyiar televisi atau radio. Kamu bisa memfokuskan diri untuk menjadi penyiar program-program dengan genre atau format religi. Profesi ini akan memberikanmu banyak pengalaman dan keterampilan sebagai penyiar.

Jika ingin menekuni profesi ini maka Kamu harus memulainya dari tingkat pemula. Gaji yang akan Kamu terima mungkin sedikit atau bahkan tak digaji sama sekali. Namun, Kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan jumlah yang besar jika Kamu sudah berpengalaman sebagai penyiar.

5. Pemandu Acara / MC

Peluang atau prospek kerja komunikasi penyiaran Islam selanjutnya adalah menjadi pemandu acara atau MC. Jika penyiar TV atau radio membawakan program secara on air, maka MC akan memandu program secara off air. Jenis profesi yang satu ini juga sangat cocok bagi Kamu yang punya kepercayaan diri tinggi dan mahir berbicara di hadapan publik.

Sebagai MC, Kamu akan mendapatkan begitu banyak pengalaman berharga. Kamu juga akan belajar seperti apa cara membangun relasi dengan klien dan rekan kerja. Dari profesi MC ini Kamu bisa memperoleh penghasilan mulai dari angka Rp1.000.000,00 per satu acara.

6. Sineas Film

Lulusan komunikasi memang seringkali terjun ke dunia kreatif seperti pembuatan film. Sebagai sarjana komunikasi penyiaran Islam, Kamu juga bisa bekerja sebagai sineas film. Kamu dapat memfokuskan diri untuk menjadi sineas film yang mengangkat tema-tema atau nilai religi.

Jenis profesi yang satu ini tidak hanya bisa memberikan penghasilan untukmu. Lebih dari uang, Kamu bisa dapat pengalaman dan punya kesempatan untuk berkarya. Sebagai sineas film, Kamu bisa mendapat banyak uang tergantung skala proyek yang dikerjakan. Kamu bisa mendapat puluhan juta dalam sekali pengerjaan proyek.

7. Youtuber

Saat ini profesi menjadi youtuber juga bisa menjadi profesi dengan penghasilan yang cukup menjanjikan. Namun profesi ini hanya bisa Kamu tekuni jika Kamu memiliki ilmu dan kemampuan untuk menjadi youtuber. Kamu bisa membuat channel yang membahas mengenai dunia Islam.

Ilmu yang Kamu dapat saat berkuliah bisa dibagikan lewat channel Youtube yang Kamu miliki. Gaji youtuber yang sudah terkenal bisa mencapai ratusan juta. Namun untuk sampai ke titik ini Kamu harus memulai dari awal dengan penghasilan yang tidak menentu jumlahnya.

8. Selebgram

Sama halnya dengan youtuber, selebgram saat ini juga sudah menjadi sebuah profesi. Jika Kamu memiliki relasi atau followers yang cukup banyak, Kamu bisa menjadi selebgram atau misalnya menjadi brand ambassador sebuah produk muslim. Gaji selebgram ternama bisa mencapai puluhan juta untuk satu kali posting.

9. Pegawai Pemerintahan

Sektor pemerintahan juga membutuhkan para lulusan komunikasi penyiaran Islam untuk mengisi berbagai posisi. Misalnya di Kementerian Agama atau Kementerian Informasi dan Komunikasi. Bekerja di bawah pemerintah tentu akan memberikan Kamu jenjang karier yang sangat menjanjikan di masa depan.

Gaji yang akan Kamu dapat sangat tergantung pada posisi yang Kamu tempati. Pengalaman dan prestasi juga bisa berpengaruh pada jumlah penghasilan yang bisa Kamu kumpulkan. Namun rata-rata pegawai pemerintahan bisa mendapat gaji mulai dari angka Rp3.000.000,00.

10. Penulis

Di jurusan komunikasi penyiaran Islam, Kamu juga akan mendapatkan materi kepenulisan. Bekal ilmu ini bisa Kamu jadikan sebagai modal untuk menekuni profesi sebagai penulis. Kamu bisa fokus berkarya dengan menulis buku-buku religi yang bertemakan Islam. Kamu akan mendapat royalti hingga 15% dari setiap penjualan buku Kamu.

Itu tadi 10 peluang atau prospek kerja komunikasi penyiaran Islam yang bisa menjadi motivasi untukmu. Kamu harus terus bersemangat untuk menekuni bidang ilmu ini dan bekerja sesuai jenis profesi yang Kamu minati.


Related Posts

Related Posts