kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Panduan Lolos Ujian Mandiri Yang Perlu Kamu Tau


Setiap kampus memiliki ketentuan dalam menerima mahasiswa jalur mandiri. Ujian mandiri menjadi pilihan terakhir buat kamu yang ingin masuk kampus impian, tetapi gagal pada jalur SNMPTN dan SBMPTN. Sebaiknya kamu mencari informasi yang lengkap terkait persyaratan ujian mandiri universitas negeri terkait. Jangan lupa untuk mengikuti panduan lolos ujian mandiri masuk PTN impianmu, ya!

Ada ribuan pesaing lain yang menginginkan kursi masuk PTN yang sama sehingga kamu harus memiliki persiapan yang matang. Supaya bisa lolos masuk seleksi mandiri, pastikan menyiapkan diri sebelum ujian dilaksanakan. Yuk, simak panduan lolos ujian mandiri PTN berikut ini!

1. Pilih Jurusan Yang Paling Tepat

Jangan memaksa masuk jurusan yang mungkin punya peluang penerimaan minim. Namun, kamu juga tidak boleh asal memilih jurusan yang tidak disukai hanya karena ingin menjadi mahasiswa PTN tersebut.

2. Konsultasi

Sebaiknya konsultasi dengan orangtua atau kakak tingkat yang sudah berpengalaman. Kamu bisa bertanya tentang jurusan yang sesuai, tingkat kesulitan mengerjakan ujian hingga biaya yang dibutuhkan. Peserta ujian mandiri wajib membayar biaya yang lebih besar dibandingkan peserta SNMPTN atau SBMPTN bukan hal yang asing.

3. Menggali Informasi Yang Lengkap

Setiap PTN punya aturan atau ketentuan terkait ujian mandiri sehingga kamu harus melengkapi dokumen yang dibutuhkan jauh-jauh hari. Dapatkan informasi lengkap dari situs resmi PTN tersebut, ya!

4. Rajin Belajar

Setiap universitas punya aturan terkait penerimaan mahasiswa jalur mandiri. Nilai UTBK mungkin digunakan sebagai patokan dengan persentase tertentu, kamu tetap harus siap ujian. Ada pula PTN yang menerapkan tes wawancara atau tes lain sehingga persiapan sejak awal sangat dibutuhkan agar kamu lolos ujian mandiri.

5. Rajin Mengerjakan Soal-Soal

Panduan lolos seleksi via ujian mandiri adalah praktik mengerjakan soal. Ya, kamu harus mengikuti ujian yang memiliki tingkat kesulitan berbeda di setiap universitas. Sebaiknya perbanyak latihan mengerjakan soal dari berbagai sumber yang relevan dengan PTN tujuan kamu.

6. Mengikuti Try Out

Jika bisa mengikuti latihan try out bersama teman yang hendak mengikuti ujian mandiri, kenapa tidak? Latihan try out di bimbingan belajar atau platform digital bisa semakin mematangkan persiapan kamu.

7. Menjaga Kesehatan Dan Stamina

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan stamina sebelum hari H. Kamu butuh tubuh yang bugar saat menjalani ujian mandiri agar pikiran tetap fokus.

8. Tingkatkan Kepercayaan Diri

Ujian mandiri PTN bisa saja menerapkan sesi wawancara sehingga kamu perlu meningkatkan tingkat kepercayaan diri. Kepercayaan diri bisa memberikan pertimbangan pihak kampus untuk memilih kamu apalagi nilai ujian mandiri cukup potensial.

9. Datang Lebih Awal Ke Tempat Ujian

Datang terlambat bukan pilihan tepat sehingga kamu harus datang ke lokasi ujian tepat waktu. Jika berasal dari luar kota, sebaiknya kamu sudah siap di kota tujuan satu hari sebelumnya.

10. Perbanyak Doa

Semua usaha sudah kamu lakukan dengan baik, maka langkah terakhir adalah memperbanyak doa.

Yuk, coba keberuntungan kamu dengan mengikuti ujian mandiri di PTN favorit! Panduan lolos ujian mandiri bisa kamu terapkan untuk mendapatkan hasil yang terbaik saat pengumuman nanti.


Related Posts

Related Posts