kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Komunikasi Penyiaran Islam Untuk Jenjang S1


Lulusan jurusan Ilmu Komunikasi memiliki prospek karir yang cerah dengan disiplin ilmu yang bisa diterapkan dalam kehidupan harian. Mau menjadi wartawan, presenter, penyiar radio, penulis, editor, dan profesi menarik lain, kenapa tidak? Dengan bekal ilmu yang dipelajari pada masa kuliah, maka Kamu memiliki kesempatan karir yang sama. Mata kuliah Komunikasi Penyiaran Islam akan mendukung Kamu berkarya dengan etika yang sesuai ajaran agama.

Agar Kamu bisa lebih mengenal jurusan KPI, sebaiknya kenali 10 mata kuliah jurusan favorit di IAIN, UIN atau STAIN berikut ini.

1. Pengantar Ilmu Komunikasi

Mata kuliah awal semester yang akan memberikan gambaran tentang jurusan yang telah Kamu pilih. Setidaknya Kamu bakal mendapatkan ulasan tentang mata kuliah lanjutan di jurusan Ilmu Komunikasi.

2. Teori Komunikasi

Kamu akan belajar mata kuliah Teori Komunikasi dari para ahli yang bisa memberikan wawasan lebih luas.

3. Filsafat dan Etika Komunikasi

Semua konsep pemikiran tentang filsafat, pengertian madzhab, teori dan klasifikasi filsafat, dan lain-lain akan Kamu pelajari secara mendalam.

4. Komunikasi Politik

Matkul tentang pengetahuan dan pemahaman fungsi serta kontribusi bidang komunikasi dalam politik. Siapa tahu Kamu bakal terjun di bidang politik yang membutuhkan kemampuan komunikasi setiap unsur, misalnya pidato politik, pernyataan politik, brosur, buku, dan lain-lain.

5. Komunikasi Antar Budaya

Komunikasi Antar Budaya akan memberikan pengenalan pada mahasiswa tentang ragam budaya yang tidak mengganggu keterampilan komunikasi. Apalagi Indonesia memiliki banyak budaya yang berbeda sehingga mahasiswa harus andal berkomunikasi agar tujuan bisa tercapai.

6. Desain Komunikasi Visual

Mata kuliah Komunikasi Penyiaran Islam yang cukup vital adalah Desain Komunikasi Visual yang berisi tentang teori desain sesuai kebutuhan. Karakter kuat dan personal branding merupakan hal yang harus dimiliki anak KPI agar bisa bersaing di dunia kerja.

7. Filsafat Ilmu

Matkul Filsafat Ilmu berisi tema pengajaran mulai terapan hingga khusus sesuai program studi Komunikasi Penyiaran Islam.

8. Jurnalistik

Jurusan KPI memberikan pilihan karir untuk Kamu menjadi jurnalis, wartawan, reporter atau penulis sehingga Kamu harus menguasai dasar-dasar jurnalistik, jenis, teknik, dan kode etik.

9. Teknik Berpidato

Anak KPI harus sanggup menguasai tema, menjalin dan membangun suasana komunikasi lebih baik. Oleh sebab itu, matkul Teknik Berpidato akan memberikan wawasan dan praktik menyampaikan gagasan, pikiran atau informasi kepada khalayak.

10. Public Relation

Mata kuliah Public Relation sangat penting guna menunjang lulusan KPI sanggup berkomunikasi dengan publik.

Tentu masih ada banyak hal yang akan Kamu pelajari saat memilih jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Mata kuliah Komunikasi Penyiaran Islam akan memberikan dua bidang konsentrasi yang bisa Kamu pilih saat semester akhir yaitu Jurnalistik dan Broadcasting. Kamu bisa menentukan pilihan karir menjadi seorang jurnalis atau presenter dari sekarang juga.


Related Posts

Related Posts