kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Fisioterapi Untuk Jenjang S1


Jurusan fisioterapi mungkin masih terdengar asing, tapi jurusan satu ini ternyata menjanjikan juga karena merupakan cabang dari program studi kedokteran dan mempelajari mengenai fungsi gerak tubuh manusia mulai dari pemeliharaan hingga pemulihannya. Mata kuliah Fisioterapi yang diberikan juga beraneka ragam mulai dari pengetahuan pemeliharaan otot dan sendi, pemulihan berbagai cedera fisik, hingga komunikasi.

Jika Kamu belum memiliki pilihan untuk melanjutkan jenjang pendidikan atau bingung ingin memilih jurusan apa, maka bisa melihat-lihat dahulu apa saja yang dipelajari pada jurusan Fisioterapi ini. Yuk, simak beberapa mata kuliah di jurusan Fisioterapi:

1. Anatomi

Pelajaran utama ketika berkuliah di jurusan Fisioterapi tentu saja adalah anatomi tubuh manusia. Sebab jurusan ini memang memiliki tujuan untuk membantu pasien dengan masalah pada gerak tubuh.

2. Pertolongan Pertama Kegawatdaruratan

Ilmu P3K menjadi pendidikan dasar yang harus dimiliki oleh semua mahasiswa jurusan Fisioterapi. Oleh sebab itu, mata kuliah mengenai pertolongan pertama akan menjadi mata kuliah wajib di semester-semester awal.

3. Epidemiologi Kedokteran

Mata kuliah satu ini juga sangat penting karena akan membantu mahasiswa memahami mengenai pola penyebaran penyakit dan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Mata kuliah ini juga akan diberikan pada semester-semester awal.

4. Terapi Latihan

Kamu juga akan mempelajari bagaimana melakukan terapi kepada pasien dengan metode latihan. Bahkan dapat dikatakan bahwa ini merupakan pelajaran yang sangat penting bagi mahasiswa di jurusan Fisioterapi.

5. Fisioterapi Neuromuskular

Mata kuliah Fisioterapi yang tak kalah penting adalah mempelajari mengenal neuromuskular, yaitu ilmu yang mempelajari dua sistem penting dalam tubuh manusia, yakni otot dan saraf.

6. Fisioterapi Kardiovaskuler Dan Respirasi

Mata kuliah kardiovaskuler dan respirasi akan memberikan Kamu pengetahuan mengenai sistem pernapasan manusia yang terintegrasi mulai dari hidung, tenggorokan, paru-paru. Juga mengenai pengangkutan udara ke seluruh tubuh.

7. Biostatistik

Ilmu biostatistik merupakan metode statistik yang diterapkan pada dunia kesehatan dengan mempelajari permasalahan kesehatan yang terjadi pada masyarakat. Mata kuliah ini akan membantu Kamu memahami mengenai penerapan metode statistik dalam dunia kesehatan atau kedokteran masyarakat.

8. Biologi Molekuler

Biologi molekuler merupakan ilmu yang mempelajari mengenai kehidupan dalam sekali molekul yang mempelajari aktivitas biologi pada makhluk hidup. Untuk jurusan Fisioterapi Kamu khusus mempelajari aktivitas biologi molekul pada manusia.

9. Fisika Fisioterapi

Ketika kuliah di jurusan Fisioterapi, Kamu juga akan mempelajari ilmu fisika. Namun, khusus yang berkaitan dengan organ tubuh manusia. Karena pada dasarnya fisioterapi memiliki keterkaitan penuh dengan sistem gerak manusia.

10. Biokimia

Biokimia merupakan ilmu mengenai molekul dalam proses kimia dalam makhluk hidup. Terutama Kamu akan mempelajari proses yang berlangsung pada tubuh manusia, mulai dari yang sederhana hingga kompleks.

Nah, itu dia beberapa mata kuliah Fisioterapi yang akan Kamu ketahui apabila mengambil jurusan Fisioterapi untuk jenjang S1.




Related Posts

Related Posts