kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Perencanaan Wilayah Dan Kota S1


Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota memang sangat layak untuk dipertimbangkan. Agar semakin yakin memilih, kenali dulu apa saja mata kuliah yang akan Kamu dalami di sini. Berikut adalah beberapa mata kuliah Perencanaan Wilayah dan Kota untuk jenjang S1.

1. Pengantar Perencanaan Wilayah Dan Kota

Sebelum masuk lebih dalam ke ilmu yang satu ini tentu Kamu harus mendapatkan pembukaan terlebih dahulu. Mata kuliah yang satu ini akan menjadi pengantar untuk mengenali ilmu Perencanaan Wilayah dan Kota.

2. Proses Perencanaan

Di mata kuliah ini Kamu akan belajar seperti apa proses penyusunan rencana tatanan kota dan wilayah. Di sini Kamu mulai masuk lebih dalam dan mengenal langkah-langkah membuat tatanan kota atau wilayah hingga terwujud nyata.

3. Pembiayaan Pembangunan

Sesuai dengan namanya, mata kuliah yang satu ini akan membahas tentang biaya yang diperlukan dalam pembangunan wilayah dan kota. Di sini Kamu akan memahami lebih jauh seperti apa perencanaan pembiayaan yang akan dibutuhkan dalam pembangunan.

4. Morfologi Kota

Mata kuliah yang satu ini mempelajari sebuah kajian penggambaran keruangan suatu kota. Tidak hanya dalam bentuk fisiknya saja, keruangan yang dibahas di sini juga termasuk aspek non-fisik. Sebut saja seperti kebudayaan, ekonomi, sosial, serta sejarah dari kota tersebut.

5. Pola Lokasi Dan Struktur Ruang

Di mata kuliah ini Kamu akan mempelajari lebih jauh mengenai pola lokasi kota dan wilayah. Kamu juga akan belajar struktur ruang yang ada pada suatu kota dan wilayah agar pembangunan bisa berjalan sesuai kondisi tersebut.

6. Tata Guna Lahan

Salah satu mata kuliah Perencanaan Wilayah dan Kota yang harus Kamu temui adalah ilmu Tata Guna Lahan. Di sini Kamu akan belajar lebih jauh mengenai penggunaan lahan dalam perencanaan pembangunan wilayah dan kota.

7. Perencanaan Wilayah

Ilmu yang satu ini akan membahas lebih jauh mengenai perencanaan sebuah wilayah. Di sini Kamu akan belajar tentang bagaimana mengoptimalkan strategi perencanaan dalam pembangunan sebuah wilayah.

8. Perencanaan Pedesaan

Sesuai namanya, di mata kuliah ini Kamu akan belajar lebih dalam tentang perencanaan pembangunan wilayah pedesaan. Tidak hanya kota, di jurusan ini Kamu juga akan belajar bagaimana membangun daerah pedesaan.

9. Perancangan Kota

Di mata kuliah ini Kamu akan belajar lebih jauh mengenai strategi perencanaan pembangunan kota. Kamu bisa tahu lebih banyak tentang penyusunan rancangan kota yang nyaman dan indah.

10. Manajemen Dan Administrasi Pembangunan

Mata kuliah ini membahas tentang manajemen serta administrasi program pembangunan sebuah kota dan wilayah. Tidak hanya praktiknya, Kamu juga harus memahami bagian administrasi dari proses pembangunan itu sendiri.

Itulah beberapa mata kuliah Perencanaan Wilayah dan Kota. Kenali dulu setiap jenis mata kuliah yang akan Kamu temui di sebuah jurusan sehingga Kamu punya persiapan yang matang.


Related Posts

Related Posts