kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Teknik Perkapalan Untuk Jenjang S1


Mengambil jurusan Teknik Perkapalan tentu pendidikan yang akan didapatkan berbeda dengan jurusan teknik lainnya. Walau mungkin ada beberapa materi yang saman. Sebelum Kamu memutuskan masuk jurusan teknik yang mempelajari mengenai seluk beluk perkapalan ini, sebaiknya ketahui dahulu mata kuliah Teknik Perkapalan apa saja yang akan dipelajari. Seperti yang berikut ini:

1. Mata Kuliah Wajib

Setiap bidang ilmu pendidikan pada perguruan tinggi maupun sekolah tinggi pasti memiliki mata kuliah wajib. Beberapa mata kuliah wajib ini akan dibagi pada 3 semester awal. Mata kuliah wajib tersebut adalah Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Agama, Statistika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

2. Mata Kuliah Menggambar Teknik

Jika Kamu pikir bahwa insinyur perkapalan hanya bekerja memperbaiki mesin saja, maka anggapan ini harus segera diubah. Sebab bukan hanya mengenai pengoperasian dan perbaikan kapal saja yang dipelajari pada perkuliahan teknik perkapalan, tapi juga bagaimana menggambar desain kapal juga mesin.

Oleh sebab itu, setelah menjadi seorang sarjana teknik perkapalan, Kamu juga bisa mengambil pekerjaan sebagai pembuat dan perakit kapal. Karena dalam materi pembelajarannya juga diberikan pendidikan untuk hal tersebut.

3. Matematika

Pelajaran matematika bukan hanya akan Kamu temukan di sekolah dasar hingga menengah atas saja, tapi juga menjadi salah satu mata kuliah di jurusan teknik perkapalan. Namun, matematika di sini adalah yang khusus berhubungan dengan teknik.

4. Teknik Perkapalan

Sesuai dengan nama jurusannya, sudah pasti Kamu akan mempelajari mengenai teknik perkapalan. Mulai dari seluk beluk kapal hingga bagaimana cara pengoperasiannya. Namun, dalam jurusan teknik perkapalan Kamu tidak akan mendapatkan mata kuliah navigasi kapal. Lebih kepada bagaimana mengoperasikan kapal dan melakukan perbaikan jika ada kerusakan.

5. Teori Bangunan Dan Konstruksi Kapal

Mata kuliah Teknik Perkapalan lainnya yang akan Kamu pelajari adalah bagaimana bangunan kapal itu sendiri. Jadi, bukan hanya tentang mesinnya saja. Bangunan kapal tidak selalu sama, karena ada kapal yang dikhususkan untuk mengangkut barang, penumpang, kapal cepat, kapal ikan, bahkan kapal perang. Bahkan dapat mempelajari bagaimana membangun kapal dari tahap awal hingga akhir.

6. Ekonomi Teknik

Siapa bilang seorang teknisi tidak perlu mempelajari ekonomi. Dalam jurusan teknik perkapalan, Kamu juga akan mempelajari ilmu ekonomi. Namun, khusus yang berhubungan dengan dunia perkapalan saja, bukan manajemen bisnis.

7. Kepemimpinan

Seorang lulusan jurusan teknik perkapalan memiliki kemungkinan untuk menjadi pemimpin di masa depan, baik sebagai pemimpin tim perbaikan kapal atau memimpin kapal di saat darurat. Oleh sebab itu, Kamu juga akan mendapatkan pelajaran kepemimpinan

Itu dia beberapa mata kuliah Teknik Perkapalan yang akan Kamu temukan apabila mengambil jurusan ini. Jadi, mulai sekarang persiapkan diri menghadapi tantangan mempelajari berbagai macam ilmu dari jurusan satu ini.


Related Posts

Related Posts