kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Tafsir Hadits Untuk Jenjang S1


Kamu yang tertarik untuk lebih dalam mempelajari Islam secara akademik bisa memilih jurusan yang berhubungan dengan agama Islam di kampus Kamu, misalnya jurusan tafsir hadits. Di jurusan ini, Kamu akan banyak mempelajari ilmu tafsir untuk menafsirkan alquran dan hadits agar bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umat di masa kini. Bagi Kamu yang akan menjalani kuliah pada jurusan ini, berikut beberapa mata kuliah tafsir hadits yang akan Kamu temui selama berkuliah nantinya.

1. Ushul Fiqh

Mata kuliah ushul fiqh adalah mata kuliah yang membahas, kaidah serta ijtihad dan dalil hukum yang mengambil sumber dari alquran dan alsunnah. Hal ini menjadi suatu instrumen utama dalam pembentukan dan pengembangan hukum Islam.

2. Sejarah Peradaban Islam

Pada mata kuliah sejarah peradaban Islam, Kamu akan mengkaji dan melakukan riset sejarah mengenai sejarah peradaban Islam dari masa dahulu hingga perkembangannya kini.

3. Ilmu Tasawuf

Mata kuliah ini membahas mulai dari asal-usul tasawuf dan sejarah kemunculannya, problematika tasawuf hingga kedudukannya dalam syariat Islam. Mata kuliah ini juga akan membahas mengenai kedudukan dan fungsi tasawuf dalam perkembangan modern.

4. Metodologi Tafsir

Dalam mata kuliah metodologi tafsir, Kamu akan mempelajari tafsir alquran dan hadits dengan menggunakan beberapa metodologi, diantaranya seperti metodologi al tahlily, metode tafsir ijmaly, metode al muqaran, atau metode al mawdhu’i.

5. Tafsir Mawdhu’i

Mata kuliah tafsir hadits selanjutnya adalah tafsir mawdhu’i. Tafsir ini merupakan salah satu metodologi yang banyak digunakan, yaitu dengan cara mengumpulkan atau menghimpun ayat-ayat alquran yang memiliki maksud yang sama dan menyusunnya berdasarkan kronologi dan sebab turunnya ayat tersebut.

6. Metodologi Pemahaman Hadits

Mata kuliah metodologi pemahaman hadits akan mengajarkan materi-materi mulai dari pengertian dan bentuk-bentuk metode pemahaman hadits, teknik-teknik intepretasi dalam pemahaman hadits, serta jenis pendekatan dalam pemahaman hadits.

7. Ulumul Quran

Mata kuliah ini ialah mata kuliah yang mempelajari ilmu mengenai al-quran, baik dari segi keberadaannya sebagai alquran maupun dari segi pemahamannya sebagai petunjuk-petunjuk hidup yang terkandung didalamnya.

8. Ulumul Hadits

Mata kuliah ulumul hadits merupakan mata kuliah yang mempelajari mengenai ilmu-ilmu yang berkaitan dengan hadits nabi dan mmbahas kaidah-kaidah hadits untuk menentukan kedudukan matan dan sanad.

9. Fiqh Ibadah

Fiqh ibadah merupakan mata kuliah yang memberi bekal pengetahuan mengenai pendapat para ahli fiqh dalam empat madzhab untuk masalah shalat, thaharah, dan puasa dari segi historis, normatif, dan praktek.

10. Fiqh Muamalah

Mata kuliah fiqh muamalah merupakan mata kuliah yang membahas dan mengkaji mengenai hukum Islam yang mengatur hubungan di antara sesama manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Itu tadi gambaran mengenai mata kuliah tafsir hadits yang akan Kamu temui dalam perkuliahan. Semoga ulasan di atas bisa menambah referensi, ya.



Related Posts

Related Posts