kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Sosiologi Agama Untuk Jenjang S1


Jurusan sosiologi agama sedikit berbeda dengan jurusan sosiologi yang biasanya ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Sosiologi agama cenderung membahas mengenai aspek sosiologi di agama serta masyarakat yang beragama dan menganut kepercayaan, terutama Islam. Mata kuliah sosiologi agama tidak jauh berbeda dengan sosiologi, tetapi lebih fokus pada agama Islam.

Sosiologi agama juga mengajarkan mengenai ilmu dasar sosiologi dan penelitian kualitatif. Untuk mata kuliah yang fokus pada sosiologi agama, terdapat beberapa mata kuliah dengan spesifikasi pembahasan tertentu seperti di bawah ini:

1. Teori Sosiologi Agama

Teori sosiologi agama membahas teori-teori yang berkaitan antara masyarakat dan agama atau keyakinan. Teori ini juga membentuk sudut pandang mengenai agen-agen dalam perkembangan agama yang dinamis.

2. Sosiologi Islam

Teori sosiologi pada umumnya berkiblat pada teori-teori ilmuwan sosial dari Barat. Pada sosiologi agama, perspektif tersebut beralih pada pandangan-pandangan ilmuwan sosiologi pada dunia Islam. Selain itu, memberikan perspektif mengenai interaksi ideologi Islam dan masyarakat yang menganut serta bersinggungan dengannya.

3. Sistem Sosial Dalam Komunitas Agama

Mata kuliah sosiologi agama berikutnya adalah sistem sosial dalam komunitas agama. Mata kuliah ini mengupas mengenai sistem-sistem sosial yang terbentuk pada masyarakat yang menganut kepercayaan tertentu.

4. Sosiologi Masjid

Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai fungsi sosial masjid, perubahan sosial atas masjid dan pada masjid, lalu juga peranan rumah ibadah tersebut dalam berbagai aspek sosial, budaya, hingga ekonomi.

5. Sosiologi Pesantren

Sama dengan sosiologi masjid, sosiologi pesantren mempelajari bagaimana dinamika baik segi perkembangan dan pengaruh dari pesantren. Dinamika ini tidak hanya ada di dalam pesantren tetapi juga berkaitan dengan lingkungan di luar pesantren dan juga tatanan masyarakat yang lebih luas sagi.

6. Mistisisme Dan Gerakan Tarekat

Dalam Islam, pemahaman mistisisme memiliki nama lain sebagai ajaran tasawuf. Ajaran ini cenderung pada ritual-ritual penyucian diri, menjernihkan pikiran dan akhlak, serta menenangkan batin dengan mendekatkan diri pada Allah SWT.

Pada pandangan Barat, tasawuf disebut juga sufi. Beberapa contoh ritual untuk tasawuf antara lain berzikir dan melakukan salat di sepertiga malam. Sedangkan gerakan tarekan adalah kelompok, perkumpulan, atau organisasi yang memiliki persamaan untuk melakukan tasawuf.

Mata kuliah ini membahas mengenai dinamika sosial yang ada di dalam gerakan tarekat serta tasawuf atau sufi yang ada di Indonesia. Dinamika sosial ini bisa mencakup sejarah, pengaruh, perjuangan, dan perkembangan yang berkaitan dengan kehidupan sosial masyarakat pada umumnya.

Beberapa universitas Islam negeri atau institut Islam negeri memberikan informasi mengenai mata kuliah sosiologi agama apa saja yang diajarkan di sana. Sebelum mendaftar kuliah, Kamu bisa membaca silabus, daftar mata kuliah, dan juga publikasi yang telah dihasilkan terkait dengan jurusan sosiologi agama.


Related Posts

Related Posts