kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Radiologi Untuk Jenjang S1


Jurusan Radiologi dianggap kurang menarik karena banyak orang menganggap bahwa kesehatan diri lebih penting. Apalagi tubuh yang terpapar radiasi saat pemeriksaan menggunakan sinar X, jurusan Radiologi kurang memiliki peminat. Meski terdengar agak senyap di telinga, tetapi jurusan Radiologi punya peluang pekerjaan yang bagus. Pekerja radiografer tetap diajarkan bagaimana bekerja dengan aman saat terkena radiasi sinar, kok. Yuk, berkenalan dengan mata kuliah Radiologi untuk jenjang pendidikan S1 berikut!

Kalau Kamu mengambil jurusan Radiologi di kampus negeri atau swasta untuk jenjang S1, berikut 10 mata kuliah Radiologi yang akan Kamu pelajari antara lain :

1. Fisika Radiasi

Materi yang akan membahas tentang struktur atom dan inti, interaksi radiasi dan materi atom, struktur atom, proses terjadinya sinar X, dan materi menarik lain.

2. Anatomi Rontgen

Mata kuliah tentang anatomi tubuh manusia yang diambil gambar menggunakan tindakan dengan sinar radiasi.

3. Radiografi

Kamu akan belajar bagaimana caranya menggunakan sinar pengionan agar membentuk bayangan benda yang tak tembus pandang.

4. Fisiologi

Salah satu cabang ilmu Biologi yang membahas tentang sistem kehidupan, khusus fungsi organ manusia dan kinerjanya.

5. Aplikasi MRI

Lulusan Radiologi tidak hanya berkutat dengan sinar X saja, tetapi ultrasonik seperti MRI. Pada mata kuliah aplikasi MRI, Kamu akan belajar mendapatkan gambaran struktur tubuh yang tidak didapatkan lewat tes lain.

6. USG Canggih

Anak Radiologi selalu belajar tentang teknologi terbaru yang memudahkan pemeriksaan atau pengambilan gambar bagian tubuh seseorang. Misalnya USG Canggih 3D dan 4D pada kehamilan yang bisa menunjukkan gambar bagian tubuh bayi secara detail.

7. USG Konvensional

Mata kuliah yang membahas tentang pemeriksaan ultrasonografi atau alat medis yang memanfaatkan teknologi suara dengan frekuensi tinggi untuk pengambilan gambar bagian organ atau kehamilan.

8. Proteksi Radiasi

Nantinya Kamu bisa bekerja dengan aman dan tenang setelah mempelajari mata kuliah Proteksi Radiasi atau perlindungan pekerja dari efek radiasi sinar X saat bekerja di rumah sakit nanti.

9. Aplikasi CT-Scan

Aplikasi CT-Scan merupakan mata kuliah tentang pemeriksaan bagian-bagian organ tubuh manusia menggunakan sinar X yang hasilnya lebih detail dari rontgen.

10. Kedokteran Nuklir

Merupakan mata kuliah yang tergolong baru di dunia medis atau kemampuan mendeteksi bahan bertanda radioaktif. Lulusan Radiologi bisa bekerja sebagai ahli teknologi pengobatan nuklir dengan gaji yang fantastis kelak.

Dari beberapa mata kuliah Radiologi di atas, apakah Kamu tertarik mengambil jurusan potensial ini? Gaji seorang radiografer di Indonesia berkisar antara 4-5 juta rupiah di berbagai klinik atau rumah sakit. Peluang lulusan bisa bekerja sebagai dosen, peneliti, ahli terapi radiologi, dan lain-lain. Yuk, ambil peluang lolos masuk kuliah jurusan Radiologi yang kurang diminati di Indonesia! Semoga informasi kali ini bermanfaat buat Kamu ya.



Related Posts

Related Posts