kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Analis Kesehatan Untuk Jenjang S1


Berniat mengambil kuliah di jurusan analis kesehatan? Jurusan satu ini memang tidak sepopuler jurusan kedokteran atau juga keperawatan, tetapi memiliki peluang prospek kerja yang cukup luas dan menjanjikan. Mungkin Kamu pernah pergi ke klinik atau ke rumah sakit untuk tes darah, nah, para tenaga medis yang membantumu mengambil sampel darah dan mengeceknya tersebut merupakan lulusan dari analis kesehatan sesuai dengan mata kuliah analis kesehatan secara umum.

Untuk ragam mata kuliah sendiri terdiri dari 16 mata kuliah utama, beberapa di antaranya meliputi:

1. Pengantar Laboratorium Medik

Pada mata kuliah ini Kamu akan belajar dan mengenal tentang beragam jenis laboratorium medik beserta aktivitas di dalamnya. Laboratorium medik sendiri terdapat jenis tertentu yang disesuaikan dengan aktivitasnya, termasuk pelayanan medis.

2. Fisiologi

Fisiologi merupakan mata kuliah berupa ilmu mempelajari berlangsungnya kehidupan. Kamu akan mempelajari asal-usul tubuh manusia sebagai makhluk hidup.

3. Biologi Sel Dan Molekuler

Melalui mata kuliah satu ini Kamu akan mempelajari mengenal sel-sel hingga bentuk molekulnya atau molekul di dalam sel. Sel-sel dalam di setiap bagian tubuh makhluk hidup, khususnya manusia, memiliki aktivitas yang berupa interaksi regulasi siklus, dan lainnya.

4. Flebotomi

Flebotomi merupakan ilmu yang memperdalam cara pengambilan darah dan memahami prosesnya melalui tusukan di bagian pembuluh darah pada tubuh.

5. Bakteriologi

Berikutnya ada mata kuliah analis kesehatan yang disebut bakteriologi. Sesuai namanya, ilmu yang fokus mempelajari seputar bakteri beserta pengaruhnya. Seperti dalam penyakit dan obat-obatan.

6. Patofisiologi

Patofisiologi ialah ilmu yang mempelajari adanya kelainan atau gangguan dalam proses fisiologi akibat penyakit atau cedera yang dialami seseorang.

7. Virologi

Melalui mata kuliah virologi Kamu akan mempelajari seputar makhluk hidup suborganisme yaitu virus. Virus merupakan salah satu penyebab adanya berbagai penyakit yang diderita oleh manusia dan menciptakan gangguan kesehatan dengan tingkatan keparahan beragam.

8. Analisis Makanan Dan Minuman

Tidak hanya mengenai kesehatan tubuh dan seputar penyakit, maupun obat-obatan, seorang analis kesehatan pun akan mempelajari seputar analis makanan dan minuman.

9. Urinalisa Dan Cairan Tubuh

Selanjutnya ada mata kuliah urinalisa dan cairan tubuh yang merupakan ilmu seputar analisa urin sebagai cairan tubuh yang menjadi salah satu sampel untuk mengecek suatu kondisi atau penyakit.

10. Imunohematologi Dan Bank Darah

Imunohematologi adalah ilmu yang mempelajari seputar antigen dan antibodi dalam tubuh sebagai reaksi dari kondisi tertentu. Mata kuliah ini juga mempelajari ilmu seputar darah.

Itu dia mata kuliah analis kesehatan nantinya akan Kamu pelajari selama kuliah. Untuk enam mata kuliah lainnya yaitu instrumentasi, sitohistoteknologi, toksikologi klinik, kesehatan pariwisata, bisnis dan kewirausahaan lab, serta promosi kesehatan. Semoga informasi kali ini bermanfaat buat Kamu ya, sebagai bekas kuliah nanti.


Related Posts

Related Posts