kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Agronomi Untuk Jenjang S1


Jika Kamu tertarik dengan jurusan agronomi, Kamu sebaiknya tidak hanya mencari tahu kampus mana saja yang memiliki jurusan ini. Ada hal penting lainnya yang perlu Kamu cari tahu, yaitu mata kuliah agronomi. Kenapa ini penting? Ini bisa menjadi gambaran bagi Kamu terkait pengetahuan yang akan Kamu pelajari selama proses perkuliahan nanti.

Sebagai gambaran umum, berikut ini ada 10 mata kuliah agronomi untuk jenjang S1.

1. Fisiologi Tumbuhan

Yang pertama, ada mata kuliah fisiologi tumbuhan, yaitu cabang ilmu botani yang mempelajari sistem kerja dan kehidupan di dalam tubuh tumbuhan.

2. Ekologi Tanaman

Yang kedua, ada mata kuliah ekologi tanaman. Kamu akan belajar tentang hubungan timbal balik antara tanaman dan lingkungan sekitarnya di mata kuliah ini.

3. Nutrisi Tanaman

Mata kuliah agronomi berikutnya adalah nutrisi tanaman. Agar tanaman bisa tetap hidup dan tumbuh sehat, tanaman butuh nutrisi. Kamu akan belajar apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut.

4. Budidaya Tanaman

Yang keempat, Kamu akan mendapatkan mata kuliah budidaya tanaman. Mata kuliah ini masih dibagi menjadi beberapa bagian, seperti budidaya tanaman semusim, tahunan, tanaman pangan, tanaman sayur, hingga tanaman hias dan obat.

5. Produksi Dan Pengolahan Benih

Yang kelima, Kamu akan belajar tentang produksi dan pengolahan benih. Kegiatan pertanian tidak terpisahkan dari benih. Kamu akan belajar proses pengolahan biji hingga menjadi benih yang siap tanam.

6. Penyimpanan Dan Pengujian Mutu Benih

Yang keenam, Kamu juga akan mendapatkan materi tentang penyimpanan dan pengujian mutu benih. Jadi, Kamu tidak hanya tahu bagaimana proses produksi benih, namun Kamu juga tahu cara menyimpan benih agar tidak rusak.

7. Manajemen Air Dan Hara Tanaman

Mata kuliah lainnya yang akan Kamu dapatkan adalah manajemen air dan hara tanaman. Kamu tidak hanya mendapatkan materi tentang kadar air dan unsur hara yang bagus untuk perkembangan tanaman, namun juga materi tentang konservasi lingkungan.

8. Pengendalian Gulma

Mata kuliah agronomi berikutnya adalah materi pengendalian gulma. Budidaya tanaman tidak bisa dipisahkan dari gulma dan juga hama. Karena itulah Kamu akan mendapatkan materi penting ini.

9. Pasca Panen Tanaman Pertanian

Yang berikutnya adalah materi pasca panen tanaman pertanian. Untuk Kamu yang belum pernah terjun langsung di dunia pertanian, Kamu akan diberi bekal terkait hal-hal yang perlu Kamu lakukan pasca panen.

10. Tanaman Hidroponik

Yang terakhir, Kamu juga akan mendapatkan materi budidaya tanaman hidroponik. Kamu sudah tahu, kan, apa itu hidroponik?

Nah, itulah gambaran umum 10 mata kuliah agronomi yang akan Kamu dapatkan di jenjang S1 jika masuk ke jurusan ini. Untuk lebih jelasnya, Kamu bisa mencari informasi di universitas yang Kamu pilih. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Kamu.


Related Posts

Related Posts