kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Jurusan Sosial Yang Menjanjikan Bisa Jadi Pilihan


Bukan perkara mudah dalam hal pemilihan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat bakat diri. Semua itu perlu pertimbangan matang, tidak terkecuali bagi Kamu yang punya ketertarikan pada ilmu sosial. Dalam artikel ini, ada beberapa rekomendasi jurusan sosial yang menjanjikan dengan prospek kerja bagus.

Tidak hanya soal peluang karir, jurusan kuliah bidang sosial ini bahkan difavoritkan banyak pejuang kampus sampai sekarang. Apakah Kamu juga termasuk salah satunya?

Buat Kamu yang berniat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan tertarik mendalami bidang ilmu sosial, coba cek dulu jurusan sosial yang menjanjikan di masa depan dalam artikel berikut untuk membuka sudut pandang Kamu sebelum mantap memilih.

1. Ilmu Komunikasi

Dari namanya, mungkin Kamu membayangkan bahwa jurusan ini hanya akan belajar tentang teknik-teknik berkomunikasi saja. Tapi ternyata bukan cuma itu. Materi kuliah seru dan menarik seperti public speaking, menulis berita (hard news dan soft news), fotografi, desain, pertelevisian, hingga film juga akan Kamu dapatkan di jurusan ini.

Semua aspek komunikasi, baik teori maupun praktik secara keseluruhan bisa Kamu perdalam ketika menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi. Soal prospek kerja jangan khawatir, ada banyak sekali, mulai dari Spesialis Hubungan Masyarakat (Public Relations), Jurnalis, Penulis, Dosen, hingga pekerja media.

2. Hubungan Internasional

Selain Ilmu Komunikasi, jurusan sosial yang menjanjikan karena prospek kerja luas di Indonesia maupun luar negeri, yaitu Hubungan Internasional. Ini merupakan salah satu jurusan kuliah bergengsi.

Pembelajaran seputar interaksi lintas antar negara, seni diplomasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, ekonomi internasional, dan hukum internasional akan menjadi ‘makanan sehari-hari’ Kamu nantinya selama belajar di jurusan ini.

3. Psikologi

Sesuai namanya, Psikologi adalah jurusan kuliah bidang sosial yang fokus mempelajari tentang mental, pikiran, dan perilaku manusia. Hal-hal berkaitan dengan persepsi, kesehatan mental, serta hubungan interpersonal dan intrapersonal, dibahas lengkap di sini.

4. Manajemen Perhotelan

Tertarik dalam hal perencanaan, produksi, pengawasan, dan pengelolaan hotel? Jika iya, jurusan Manajemen Perhotelan atau hospitality sangat tepat menjadi pilihan bidang studi yang akan Kamu perdalam di bangku kuliah nanti. Apalagi, jika Kamu suka pelajaran akuntansi dan Bahasa Inggris, tentu cocok sekali.

Nantinya, lulusan jurusan Manajemen Perhotelan memiliki peluang berkarir sebagai Meeting Planner, Manajer Layanan Makanan (Food Service Manager), Manajer Penginapan, Chef hingga Kepala Koki di hotel ternama. Menarik, kan?

5. Ilmu Kesejahteraan Sosial

Ilmu Kesejahteraan Sosial merupakan salah satu jurusan favorit dalam rumpun sosial dan humaniora (soshum). Jurusan ini termasuk satu dari sekian banyak disiplin ilmu yang cocok untuk jiwa-jiwa sosial tinggi.

Selama kelas perkuliahan, Kamu akan belajar mengkaji, mengembangkan pemikiran, dan menganalisis metode dan langkah efektif untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat. Semua itu nantinya akan berdampak pada kesejahteraan sosial masyarakat.

Prospek dan peluang kerja yang cocok bagi lulusan Ilmu Kesejahteraan Sosial beragam sekali, seperti Corporate Social Responsibility (CSR) Officer, Manajer Layanan Sosial, Pekerja Sosial di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Peneliti Sosial maupun Dosen.

6. Administrasi Bisnis

Jurusan sosial yang menjanjikan berikutnya adalah Administrasi Bisnis atau dikenal juga dengan nama Administrasi Niaga. Di sebagian besar perguruan tinggi Indonesia, Administrasi Bisnis termasuk salah satu program studi di Fakultas Ilmu Sosial.

Hal-hal berkaitan dengan administrasi umum hingga manajemen perkantoran dan bisnis, menjadi fokus pembelajaran Kamu nantinya selama perkuliahan. Profesi sebagai Administrator, Sekretaris Eksekutif, dan Manajer Produksi tentu bisa Kamu geluti pasca lulus.


7. Manajemen Pariwisata


Bila jurusan Manajemen Perhotelan lebih fokus pada perencanaan dan pengelolaan di hotel, maka jurusan ini mencakup lingkup pariwisata beserta semua faktor-faktor yang mempengaruhinya.


Materi khusus berkenaan dengan pengembangan sektor pariwisata, peningkatan kualitas sumber daya pariwisata, dan pelayanan kepada para wisatawan, dibahas lengkap dalam kelas perkuliahan. Tentu saja, skill yang akan Kamu dapatkan sangat banyak, salah satunya Public Speaking.


8. Manajemen Pemasaran


Ada lagi jurusan Manajemen Pemasaran yang mempelajari cara mengelola proses serta kegiatan pemasaran barang dan jasa, pengembangan konsumen, serta proses produksi dan distribusi barang. Perilaku konsumen, prinsip riset pemasaran, analisis permintaan, kampanye pemasaran, dan banyak materi lainnya juga menjadi fokus pembelajaranmu.


Jurusan Manajemen Pemasaran sangat cocok bagi Kamu yang suka pelajaran ekonomi. Setelah lulus, prospek kerja jurusan ini mulai dari Analis Pemasaran, Konsultan Pemasaran Digital, Analisis Riset Pasar, dan Spesialis Pemasaran.

9. Sosiologi


Selain bidang studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, ada juga jurusan sosial yang menjanjikan dengan lapangan pekerjaan beragam yaitu Sosiologi. Fokus utama jurusan ini adalah interaksi antar manusia (satu orang dengan yang lain).


Interaksi tersebut diharapkan berpengaruh langsung terhadap kondisi masyarakat. Pasca lulus kuliah Sosiologi, Kamu bisa menjadi seorang Peneliti Sosial, Sosiolog, dan Spesialis Media Sosial.


10. Ilmu Politik


Terakhir, ada jurusan Ilmu Politik yang merupakan salah satu program studi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Sebagai mahasiswa jurusan ini, Kamu akan dibekali ilmu bermanfaat seputar teori dan praktik politik secara bertahap.


Segala macam bentuk riset dan analisis terhadap fenomena dunia politik suatu negara bakal dibedah satu persatu. Sikap kritismu dalam menanggapi setiap materi tersebut menjadi penilaian penting untuk menjadi seorang ahli politik yang mumpuni di masa depan.



Related Posts

Related Posts