kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Jurusan Sastra Yang Menjanjikan Bisa Jadi Pilihan


Menentukan jurusan kuliah tidaklah mudah. Butuh banyak pertimbangan kuat agar nantinya saat menjalani kuliah, Kamu lebih bersemangat dan tidak mudah menyerah di tengah jalan. Salah satu jurusan yang banyak diminati ialah jurusan sastra. Di Indonesia sendiri terdapat kurang lebih sepuluh jurusan sastra yang menjanjikan dengan lapangan kerja terbuka luas.

Berikut kesepuluh jurusan sastra yang bisa Kamu pertimbangkan:

1. Sastra Indonesia

Banyak sekali yang menjauhi jurusan satu ini karena merasa tidak membutuhkan ilmu dalam berbahasa Indonesia dengan berbagai alasan. Faktanya sangat banyak dari kita tidak memiliki kemampuan bahasa Indonesia yang kurang baik dan tepat. Di jurusan ini, Kamu akan mempelajari literatur dan linguistik.

2. Sastra Inggris

Baik sastra, maupun jurusan pendidikan, bahasa Inggris banyak diminati karena dianggap menjadi bahasa asing internasional dan menjadi bahasa kedua di negara kita. Prospek kerjanya cukup menjanjikan. Mulai berkutat di dunia penerjemah, penulisan, dan banyak lagi.

3. Sastra Jepang

Dalam 10 tahun terakhir, jurusan sastra Jepang semakin memiliki banyak peminat. Hal ini berhubungan dengan bagaimana budaya Jepang semakin dikenal dan disukai sebagian kalangan masyarakat. Belum lagi banyak perusahaan Jepang yang sengaja mencari tenaga kerja asal Tanah Air.

4. Sastra Mandarin

Berikutnya, jurusan sastra yang menjanjikan berupa sastra Mandarin. Tidak bisa dipungkiri bahwa bahasa Mandarin termasuk bahasa yang digunakan dalam dunia bisnis. Termasuk di Indonesia.

5. Sastra Korea

Serupa dengan sastra Jepang, sastra Korea pun kian diminati karena budayanya yang semakin populer. Bukan sekadar budaya atau pun hal-hal menarik seputar kehidupan Korea yang terlihat modern, jurusan ini pun banyak diincar karena prospek kerjanya tergolong menjanjikan.

6. Sastra Arab

Negara Arab memiliki hubungan bilateral yang baik dengan Indonesia. Ini yang membuat lowongan pekerjaan di Arab untuk warga Indonesia terbuka lebar, sehingga jurusan sastra Arab banyak dipilih.

7. Sastra Belanda

Indonesia juga memiliki hubungan baik dengan Belanda yang membuat prospek kerja di negara Kincir Angin tersebut cukup baik. Kamu pun bisa menggunakan keahlian bahasa Belanda untuk mengikuti kuliah lanjutan di sana.

8. Sastra Perancis

Perancis yang sama-sama berada di Eropa memiliki lowongan kerja cukup baik bagi warga Indonesia. Selain itu, banyak perusahaan mencari lulusan sastra Perancis untuk membantu berjalannya bisnis mereka.

9. Sastra Jerman

Hampir sama dengan Perancis, perusahaan-perusahaan yang terhubung dengan negara Jerman pun tidak sedikit berdiri di Indonesia. Kamu bisa menjadi penerjemah, pekerja, atau pun menjadi guru bahasa Jerman.

10. Sastra Rusia

Terakhir dari sekian banyak jurusan sastra yang menjanjikan yaitu sastra Rusia. Walau sekilas terdengar asing, jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang baik. Kamu bisa mengikuti pertukaran pelajar yang membuka kesempatan bekerja di Rusia.

Semakin berkembangnya perusahaan-perusahaan asing di Indonesia, semakin tinggi pula kebutuhan mereka terhadap pekerja dengan keahlian berbahasa yang mendukung.


Related Posts

Related Posts