kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Jurusan SAINTEK Yang Sepi Peminat Yang Kerjanya Potensial


Sebagian calon mahasiswa memilih jurusan yang populer karena menganggap lulusannya memiliki masa depan cerah. Ada pula sebagian yang memilih jurusan kuliah karena ikut-ikutan saja. Padahal Kamu harus memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat. Jangan sampai hanya sebatas mengikuti anjuran teman atau memilih prodi yang paling banyak peminat. Sebaiknya Kamu ketahui jurusan SAINTEK yang sepi peminat dengan prospek karir cemerlang.

Sebelum salah memutuskan jurusan kuliah, berikut informasi terkait jurusan sepi peminat yang menawarkan potensi karir cerah termasuk gaji fantastis :

1. Oseanografi

Sebagai negara maritim, Indonesia membutuhkan lulusan Oseanografi yang siap memperkuat sektor maritim dengan wawasan aspek kelautan. Organisme laut, dinamika ekosistem, geologi dasar laut, dan lain-lain menjadi hal yang akan Kamu pelajari selama kuliah. Sayang sekali lulusan Oseanografi memiliki penawaran kerja dengan gaji menarik yang jarang diminati.

2. Astronomi

Jurusan SAINTEK yang kurang diminati lulusan SMA/SMK adalah Astronomi. Padahal prospek kerja cukup terbuka lebar seperti LAPAN, BMKG, NASA, dan observatorium. Kalau Kamu punya minat di bidang Kimia, Fisika dan Astronomi, tidak ada salahnya masuk jurusan ini.

3. Teknik Biomedis

Mau jadi analisis, diagnosis atau rekayasa medis, Kamu bisa mempertimbangkan masuk jurusan Teknik Biomedis. Memiliki peran yang tak kalah penting dengan jurusan Kedokteran, namun Teknik Biomedis kurang populer dan sepi peminat.

4. Teknik Nuklir

Indonesia memang negara yang masih belum mengembangkan teknologi di bidang nuklir. Seiring perkembangan jaman yang semakin canggih, tidak menutup kemungkinan kalau nuklir akan berkembang pesat di Indonesia. Ya, nuklir bisa dimanfaatkan untuk sektor pertanian, kesehatan dan industri.

5. Budidaya Perikanan

Sama seperti Oseanografi, Budidaya Perikanan masih menjadi jurusan SAINTEK yang sepi peminat. Potensi perikanan di Indonesia perlu dikembangkan semakin besar dan butuh lulusan yang memahami seluk beluk budidaya ini.

6. Fisika

Menganggap Fisika sebagai cabang ilmu yang paling sulit menjadi alasan tak banyak peminat jurusan anak IPA ini. Lulusan Fisika akan dibutuhkan banyak industri termasuk lembaga pemerintah seperti LIPI atau BMKG.

7. Kimia

Ilmu Kimia ribet dan pusing, Kamu harus menghilangkan mindset tersebut. Pasalnya, ilmu Kimia sangat penting untuk Kamu yang ingin bekerja di industri atau penelitian. Toh, peminatan jurusan Kimia sangat beragam yang bisa disesuaikan dengan passion Kamu.

8. Agribisnis

Masuk jurusan rumpun SAINTEK yang sepi peminat adalah Agribisnis. Padahal jurusan Agribisnis menawarkan ruang lingkup yang lebih dari pertanian saja.

9. Geofisika

Jurusan yang akan mempelajari bumi dan lingkungan yang cocok untuk Kamu. Pecinta Matematika dan Fisika wajib mempertimbangkan jurusan seru yang sepi peminat.

10. Pengobatan Tradisional

Jurusan SAINTEK yang kurang populer dan tidak diminati lulusan IPA adalah Pengobatan Tradisional atau Battra. Kamu akan belajar teknik memijat, akupuntur, herbal, dan pengobatan tradisional lain.

10 jurusan SAINTEK yang sepi peminat wajib Kamu pertimbangkan sebagai prodi impian. Masa depan yang cemerlang bisa memberikan prospek pendapatan fantastis, lho!


Related Posts

Related Posts