kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK Pemasaran Yang Perlu Kamu Tau


Tidak semua siswa SMK pemasaran ingin langsung bekerja setelah lulus nanti. Ada juga yang ingin melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Apakah bisa? Tentu saja bisa. Kini, anak SMK memiliki kesempatan yang sama dengan anak SMA dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Nah, untuk Kamu yang berasal dari SMK pemasaran, ada beberapa jurusan kuliah untuk lulusan SMK Pemasaran yang linier dengan ilmu yang sudah Kamu miliki. Apa saja jurusan kuliahnya? Berikut daftarnya.

1. Manajemen Pemasaran

Pertama, manajemen pemasaran. Kamu akan belajar segala hal tentang pemasaran, mulai dari perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, hingga evaluasi dari kegiatan ini.

2. Manajemen Perbankan

Kedua, manajemen perbankan. Di jurusan ini, Kamu akan diajari untuk menjadi seseorang yang handal dalam menangani seluruh kegiatan perbankan, seperti teller dan customer service.

3. Manajemen Bisnis

Ketiga, manajemen bisnis. Jurusan kuliah untuk lulusan SMK Pemasaran yang satu ini akan lebih banyak mengajarkan segala hal tentang bisnis hingga bagaimana menjalankan bisnis dengan baik.

4. Akuntansi

Keempat, akuntansi. Jurusan ini masih relevan untuk Kamu yang berasal dari SMK pemasaran. Yang penting, Kamu sudah siap untuk berhitung dan membuat analisis keuangan.

5. Advertising

Kelima, advertising atau periklanan. Kalau Kamu termasuk orang yang kreatif dan suka dengan dunia desain digital, Kamu bisa masuk ke jurusan ini. Salah satunya, Kamu akan belajar cara membuat iklan yang menarik.

6. Ilmu Ekonomi

Keenam, jurusan ilmu ekonomi. Kalau Kamu ingin mendalami ekonomi secara teori, Kamu bisa melanjutkan di jurusan ini.

7. Ekonomi Pembangunan

Ketujuh, jurusan ekonomi pembangunan juga masih relevan untuk Kamu. Kamu akan lebih banyak belajar membuat rencana di bidang pembangunan ekonomi.

8. Perhotelan

Jurusan kuliah untuk lulusan SMK Pemasaran yang berikutnya adalah perhotelan. Tidak hanya menjadi resepsionis, Kamu juga bisa menjadi seorang marketing hotel dengan gaji yang menarik.

9. Pariwisata

Suka dengan dunia pariwisata? Kamu bisa mendalami bidang ini dengan mengambil jurusan pariwisata. Ilmu pemasaran yang sudah Kamu dapatkan selama di bangku sekolah akan sangat berguna di dunia pariwisata ini.

10. Pemasaran Internasional

Yang terakhir, jurusan pemasaran internasional. Karena cakupannya sudah internasional, setidaknya Kamu harus bisa menguasai bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya yang banyak digunakan. Penguasaan bahasa asing merupakan modal awal yang bagus untuk belajar di jurusan ini.

Nah, itulah 10 jurusan kuliah untuk lulusan SMK Pemasaran. Kalau Kamu tidak tertarik dengan 10 jurusan kuliah tersebut, Kamu bisa mengambil jurusan lainnya yang Kamu minati, baik itu jurusan yang linier maupun jurusan yang berseberangan dengan bidang ilmu yang sudah Kamu pelajari. Ini adalah hal yang wajar karena banyak siswa lainnya yang melakukan hal sama. Yang penting, Kamu memilih jurusan tanpa ada paksaan dari siapapun.


Related Posts

Related Posts