kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK OTKP Yang Perlu Kamu Tau


Apakah anak SMK OTKP bisa melanjutkan kuliah? Tentu saja bisa. Kini, anak SMK memiliki akses yang sama besarnya dengan anak SMA untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, termasuk Kamu yang berasal dari jurusan OTKP. Ada beberapa jurusan kuliah untuk lulusan SMK OTKP yang linier sehingga memudahkan Kamu dalam mengikuti pembelajaran di bangku kuliah. Kalau Kamu tertarik memilih jurusan lain, ini juga tidak masalah. Berikut daftar jurusan kuliah yang cocok untuk lulusan jurusan ini

1. Administrasi Perkantoran

Jurusan administrasi perkantoran tidak hanya ada di SMK, namun juga di perguruan tinggi. Kamu bisa melanjutkan bidang ilmu yang sama dengan memilih jurusan ini untuk mendapatkan gelar sarjana.

2. Administrasi Negara

Apa bedanya administrasi negara dan administrasi perkantoran? Bedanya terletak pada ruang lingkup administrasi yang diurusi. Administrasi perkantoran bersifat lebih umum, yaitu swasta dan negara. Sedangkan administrasi negara tidak mempelajari sektor swasta.

3. Pendidikan Administrasi Perkantoran

Jurusan kuliah untuk lulusan SMK OTKP berikutnya adalah pendidikan administrasi perkantoran. Kalau Kamu ingin menjadi guru, Kamu bisa memilih jurusan ini.

4. Ilmu Perpustakaan

Meskipun terlihat salah jurusan, OTKP dan ilmu perpustakaan memiliki dasar ilmu yang sama, yaitu kearsipan. Dengan masuk ke jurusan ini, ilmu yang Kamu dapatkan di bangku sekolah masih bisa digunakan.

5. Pariwisata Dan Perhotelan

Kamu yang menyukai traveling atau stay cation bisa masuk ke jurusan pariwisata dan perhotelan sehingga hobimu bisa tersalur dengan baik. Tertarik untuk masuk ke jurusan ini?

6. Hubungan Internasional

Selanjutnya adalah hubungan internasional. Kalau Kamu punya bekal penguasaan bahasa asing yang cukup dan kemampuan berpikir kritis, Kamu bisa memilih jurusan ini.

7. Akuntansi

Selama Kamu memenuhi persyaratan, Kamu bisa saja masuk ke jurusan akuntansi. Sedikit ilmu mengenai laporan keuangan bisa menjadi bekal yang cukup untuk masuk ke jurusan ini.

8. Manajemen

Jurusan kuliah untuk lulusan SMK OTKP yang berikutnya adalah manajemen. Dengan prospek kerja yang sangat luas, siapa sih yang tidak ingin masuk jurusan manajemen?

9. Sekretaris

Selanjutnya adalah jurusan sekretaris. Ada jenjang D3 ada juga jenjang S1. Setelah lulus nanti, Kamu bisa berkarir menjadi sekretaris profesional.

10. Ilmu Komunikasi

Tertarik dengan media dan dunia broadcasting? Kamu juga bisa masuk ke jurusan ilmu komunikasi. Untuk bisa masuk ke jurusan ini, Kamu perlu memiliki kemauan untuk mempelajari hal-hal baru.

Nah, itulah 10 jurusan kuliah untuk lulusan SMK OTKP. Dari sepuluh jurusan kuliah tersebut, mana yang paling menarik menurutmu? Ingat, pilihlah jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang Kamu miliki, bukan karena ikut-ikutan. Dengan demikian, Kamu akan menjalani proses perkuliahan dengan senang hati dan semangat. Semoga ulasan di atas bermanfaat ya buat Kamu.


Related Posts

Related Posts