kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Jurusan Kuliah IPS Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Semua orang mungkin mempertimbangkan prospek pekerjaan setelah lulus kuliah. Menjadi wirausaha mandiri pasti butuh modal dan kerja keras yang tidak instan. Lulusan sarjana lebih tertarik mencari pekerjaan sebelum terjun ke bisnis sendiri. Dasar pekerjaan membuat lulusan IPS mencari informasi terkait prospek kuliah yang menawarkan lowongan pekerjaan lebih besar. Tak heran kalau ada jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan masa depan, lho!

Anak IPS lebih banyak masuk jurusan SOSHUM karena kebijakan lintas jurusan yang cukup ketat. Apalagi performa mengikuti kuliah SAINTEK perlu kemampuan eksak yang bagus, anak IPS cenderung enggan memilih program lintas jurusan. Rumpun SOSHUM menjadi prospek pilihan anak IPS yang menawarkan beragam prodi terbaik. Setidaknya ada beberapa jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan karir cemerlang yaitu :

1. Sastra Rusia

Dibandingkan dengan jurusan Sastra Jepang, Sastra Mandarin, Sastra Korea, dan Sastra asing lain, Sastra Rusia yang memiliki tingkat kerumitan cukup tinggi jarang dilirik lulusan IPS. Padahal Kamu bisa menjadi seorang penulis, penerjemah, editor atau tour guide profesional kelak.

2. Aktuaris

Profesi Aktuaris bisa menjadi pilihan karir Kamu kelak, lho! Sayang sekali jurusan Aktuaria yang berkutat dengan asuransi belum mampu menarik minat calon mahasiswa di Indonesia.

3. Filsafat

Butuh logika berpikir dan kemampuan bahasa mendalam agar Kamu bisa masuk jurusan Filsafat. Kamu bisa menjadi seorang penulis, peneliti atau penasehat negara dengan prospek masa depan lebih terjamin.

4. Administrasi Niaga

Administrasi Niaga atau Administrasi Bisnis menjadi salah satu jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan. Kamu bakal tahu pengelolaan atau manajemen sebuah usaha sehingga cocok diterapkan dalam bisnis mandiri kelak.

5. Arkeologi

Di Indonesia, lulusan Arkeologi memang mendapatkan peluang pekerjaan yang sulit. Namun, Kamu bisa bergabung dengan tim arkeologi negara untuk meneliti kebudayaan dan benda bersejarah sejak jaman purba.

6. Ilmu Perpustakaan

Jarang diminati oleh lulusan IPS, tetapi menawarkan pekerjaan yang tidak terbatas. Bukan sekadar menjadi penjaga perpustakaan saja, Kamu bisa menjadi pekerja di lembaga informasi, bagian pengarsipan, lembaga dokumentasi, dan lain-lain.

7. Sosiologi

Sosiologi merupakan jurusan yang mempelajari cara memahami individu lain dengan baik. Kamu bisa bekerja di bagian HRD atau konseling untuk memperbaiki pemikiran orang yang salah.

8. Ilmu Kesejahteraan Sosial

Jurusan kuliah yang jarang diminati padahal menawarkan lowongan pekerjaan yang cukup banyak. Kamu akan menjadi orang yang bisa meningkatkan kesejahteraan sosial, mengurangi ketidakadilan dan mewujudkan kehidupan masyarakat yang damai. Peluang karir bergabung dengan staf pemerintah atau perusahaan, kenapa tidak?

9. Pendidikan Guru SLB

Lulusan IPS bisa saja membidik jurusan pendidikan biasa, namun jarang yang tertarik pada Pendidikan Guru SLB.

10. Administrasi Negara

Jurusan kuliah IPS yang menuntut Kamu untuk belajar tiga elemen penting negara mencakup eksekutif, legislatif dan yudikatif. Sayang sekali anak muda jaman sekarang kurang tertarik mendalami jurusan Administrasi Negara. Selain itu, Ilmu Pemerintahan juga menjadi salah satu jurusan yang kurang diminati lulusan IPS atau IPA.

Kalau Kamu memiliki ketertarikan pada jurusan yang terangkum di atas, sebaiknya memasukkan pilihan prodi pada seleksi SNMPTN atau SBMPTN. Passing grade di PTN terkait jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan cukup tinggi, lho!



Related Posts

Related Posts