kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Jurusan Kuliah IPA Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan


Sebelum Kamu merasa salah jurusan dan lebih tertarik rumpun SOSHUM, sebaiknya pertimbangkan prospek jurusan SAINTEK. Lulusan IPA memiliki kesempatan mengembangkan kemampuan sesuai disiplin ilmu. Kalau Kamu masih ragu hendak memilih jurusan apa di bangku kuliah, sebaiknya pertimbangkan jurusan IPA yang sepi peminat. Setidaknya kesempatan Kamu lolos seleksi di antara ribuan peminat jauh lebih besar. Ada 10 jurusan kuliah IPA yang jarang diminati tapi menjanjikan, lho!

Kalau Kamu belajar ilmu IPA di SMA, sebaiknya lanjutkan bekal ilmu alam untuk melanjutkan pendidikan di PTN atau PTS. Ada beberapa jurusan kuliah IPA yang memiliki prospek menggiurkan dimasa depan, namun masih sepi peminat di Indonesia. Apa saja? Yuk, simak jurusan kuliah IPA yang jarang diminati namun peluangnya menjanjikan berikut!

1. Fisika

Fisika dianggap sebagai mata pelajaran yang paling sulit dan membosankan. Padahal, Kamu memiliki masa depan terjamin kalau mengambil prodi Fisika Murni yang memberi kesempatan karir di LIPI, BMKG, dosen, perusahaan migas, dan lain-lain.

2. Kimia

Jurusan Kimia Murni masih sepi peminat yang berbeda dengan jurusan Kimia Terapan. Padahal Kamu bisa menjadi seorang peneliti, pebisnis di industri kimia dan pendidik.

3. Budidaya Perikanan

Punya potensi hasil perikanan yang cukup besar, Indonesia butuh lulusan yang ahli dalam bidang budidaya perikanan memanfaatkan teknologi canggih yang kekinian.

4. Oseanografi

Oseanografi merupakan jurusan yang cocok untuk pecinta aspek kelautan dengan prospek gaji yang besar. Indonesia memiliki sektor maritim yang harus dikembangkan lebih baik lagi.

5. Astronomi

Kesempatan kerja di LAPAN, BMKG hingga NASA tak cukup membuat lulusan IPA tertarik bersaing di jurusan Astronomi.

6. Teknik Nuklir

Jurusan kuliah IPA yang jarang diminati tapi menjanjikan adalah Teknik Nuklir. Kamu bisa menjadi ahli nuklir yang sangat dibutuhkan di negara maju yang memiliki nuklir.

7. Teknik Biomedis

Jurusan Kedokteran selalu banjir peminat setiap tahun, namun tidak berlaku di jurusan Teknik Biomedis. Padahal lulusan Teknik Biomedis bisa menjadi teknobiomedik yang dibutuhkan rumah sakit untuk analisis, diagnosis hingga rekayasa medis.

8. Ilmu Kehutanan

Sebenarnya Kamu bisa belajar ekologi, teknologi hasil hutan dan konservasi alam yang bisa memberikan potensi karir terbaik.

9. Teknologi Hasil Ternak

Hampir sama dengan pertanian yang sepi peminat, peternakan juga memiliki kendala yang sama. Teknologi Hasil Ternak menjadi jurusan kuliah yang jarang diminati padahal menawarkan potensi masa depan cemerlang.

10. Pertanian

Embel-embel pertanian masih menjadi momok bahwa masa depan bakal suram. Padahal jurusan Teknik Pertanian atau Teknologi Industri Pertanian menawarkan masa depan cerah sesuai perkembangan sumber daya alam di Indonesia. Kamu bisa menjadi seorang wirausaha mandiri memanfaatkan ilmu dan pengalaman selama kuliah pertanian.

Apakah Kamu yakin tidak ingin masuk jurusan kuliah IPA yang jarang diminati tapi menjanjikan di atas? Karir cemerlang di bidang yang berkaitan dengan alam dan teknologi, kenapa tidak?


Related Posts

Related Posts