kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Jumlah SKS S1, S2, S3, D3 & D4 Yang Perlu Kamu Tau


Perguruan tinggi di Indonesia memiliki sistem pendidikan vokasi dan akademik untuk menciptakan lulusan yang potensial. Lulusan sarjana diharapkan memiliki keterampilan akademik sesuai dengan pembelajaran yang menerapkan lebih banyak teori, sedangkan pendidikan vokasi mencetak lulusan yang memiliki jam praktik lebih banyak. Sesuai dengan fungsi lulusan akademik, jumlah SKS S1 lebih banyak dibandingkan dengan program pendidikan diploma.

Masa pendidikan yang bervariasi membuat calon mahasiswa bisa memilih pendidikan mana yang paling relevan. Kalau ingin terjun ke dunia kerja lebih cepat, bisa memilih jenjang pendidikan diploma dengan jumlah SKS yang lebih sedikit. Berikut lama pendidikan berbagai jenjang pendidikan berdasarkan jumlah SKS yang diambil yaitu :

1. Pendidikan D3

Pendidikan vokasi yang paling favorit bagi calon mahasiswa yang suka praktik lebih banyak dibanding belajar di kelas. Program D3 membutuhkan waktu menyelesaikan kuliah sekitar 2,5-3 tahun dengan total SKS sebanyak 112. Nantinya Kamu mendapatkan gelar A.Md atau Ahli Madya yang siap bekerja langsung di lapangan.

2. Pendidikan D4

Merupakan jenjang pendidikan vokasi yang hampir sama dengan program D3 yang membutuhkan waktu tempuh 8 semester. Jumlah SKS yang harus Kamu selesaikan sekitar 144 SKS dengan praktik kerja yang lebih terjadwal guna mencetak praktisi profesional. Biasanya mereka mendapatkan titel sarjana terapan yang memiliki masa pendidikan setara dengan S1.

3. Pendidikan S1

Program sarjana paling umum yang dimiliki oleh banyak lulusan kampus negeri atau swasta di Indonesia. S1 merupakan pendidikan berbasis akademik yang diharapkan bisa mencetak tenaga peneliti, ilmuwan, akademisi, dan lain-lain dengan gelar sesuai jurusan masing-masing. Jumlah SKS S1 144-160 dengan masa tempuh minimal 3-4 tahun sesuai dengan progress kuliah Kamu. Jika Kamu lebih memilih santai menjalani masa kuliah, maka bisa lulus S1 lebih lama, lho!

4. Pendidikan S2

Pendidikan lanjutan setelah Kamu selesai dengan gelar S1 yang memiliki masa tempuh berkisar 1,5-2 tahun dengan total SKS sekitar 36 SKS. Mengingat Kamu fokus mengambil minat konsentrasi yang lebih spesifik, maka persiapkan diri menghadapi lebih banyak penelitian agar bisa menghasilkan karya tesis yang berkualitas.

5. Pendidikan S3

Merupakan level pendidikan tertinggi buat Kamu yang ingin terus menambah wawasan dan keterampilan di dunia akademik. Nantinya Kamu akan mendapatkan gelar doktor setelah menyelesaikan 24-28 SKS atau 3 semester saja. Kualitas disertasi Kamu sangat menentukan prospek lulus S3 dengan nilai terbaik, ya!

Jumlah SKS S1 memang lebih banyak, tetapi Kamu bisa mempertimbangkan memilih jurusan yang lebih beragam di bangku kuliah. Jika Kamu lebih suka belajar teori lebih banyak alih-alih praktik, pilih pendidikan akademik dibandingkan vokasi. Tinggal pilih jenjang pendidikan mana yang paling sesuai dengan keinginan Kamu, ya! Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat buat Kamu sebagai referensi ya.


Related Posts

Related Posts