kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Fakta Jalur Mandiri Yang Perlu Kamu Ketahui Nih


Ada tiga jalur penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. SNMPTN dan SBMPTN merupakan seleksi masuk masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Seleksi ini dikelola oleh pemerintah pusat. Bagaimana dengan jalur mandiri? Untuk jalur ini, Kamu perlu tahu fakta-fakta jalur mandiri sebagai jalur masuk perguruan tinggi negeri. Ada 10 fakta jalur mandiri yang perlu Kamu ketahui, yaitu :

1. Cara Lain Masuk Ke Perguruan Tinggi Negeri

Jalur mandiri merupakan cara ketiga yang bisa Kamu ikuti untuk menjadi mahasiswa PTN. Jika Kamu tidak lolos SNMPTN dan SBMPTN, Kamu bisa mengikuti seleksi jalur mandiri ini.

2. Daya Tampungnya 30%

Daya tampung mahasiswa yang mengikuti jalur mandiri adalah sebesar 30% dari total kuota mahasiswa di program studi tersebut. Misalnya dalam suatu prodi, kuota mahasiswanya adalah 100 orang, berarti ada 30 orang yang diterima melalui jalur mandiri.

3. Peminat Jalur Mandiri Lebih Sedikit

Tahukah Kamu, peminat jalur mandiri relatif lebih sedikit? Ini fakta jalur mandiri yang perlu Kamu ketahui. Sebagai jalur ketiga dalam proses penerimaan mahasiswa baru, jumlah yang mendaftar di jalur ini pun lebih sedikit karena sudah ada dua seleksi sebelumnya.

4. Jalur Mandiri Dilakukan Dengan Tes Tulis

Beberapa perguruan tinggi menggunakan tes tulis sebagai seleksi masuk jalur mandiri. Materinya pun tidak jauh berbeda dengan materi saat SBMPTN.

5. Ada Tiga Jenis Soal Ujian Mandiri

Ada tiga jenis soal ujian mandiri yang diujikan pada saat penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri, yaitu jenis soal dari rumpun saintek, soshum, dan campuran. Pemilihan soal bergantung pada kombinasi pemilihan prodi atau jurusan.

6. Bisa Menggunakan Nilai SBMPTN

Tidak hanya melalui tes tulis, ada juga perguruan tinggi negeri yang menggunakan nilai SBMPTN sebagai seleksi masuk jalur mandiri. Jadi, Kamu tidak perlu melakukan tes lagi.

7. Ada Juga Yang Menggunakan Nilai UTBK

Selain menggunakan nilai SBMPTN, ada pula yang menggunakan nilai UTBK atau nilai rapot sebagai acuan seleksi. Untuk Kamu yang nilai UTBK dan nilai rapornya tinggi, yuk jangan patah semangat.

8. Dikelola Sendiri Oleh PTN Terkait

Fakta jalur mandiri lainnya yang perlu Kamu ketahui adalah jalur ini dikelola sendiri oleh perguruan tinggi terkait tanpa ada campur tangan dari pemerintah. PTN tersebut yang menentukan segala hal terkait seleksi jalur mandiri ini, mulai dari tanggal seleksi sampai dengan kriteria mahasiswa yang akan diterima.

9. Bisa Ikut Banyak Seleksi Jalur Mandiri

Karena dikelola sendiri oleh PTN terkait, tanggal seleksi jalur mandiri ini tidak dilakukan secara serentak. Kamu pun bisa ikut banyak seleksi jalur mandiri.

10. Jalur Mandiri Tidak Selalu Mahal

Katanya, mahasiswa yang diterima lewat jalur mandiri akan mendapat golongan UKT paling tinggi. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Kamu yang masuk melalui jalur mandiri juga bisa mendapat golongan UKT yang ringan atau bahkan gratis sama sekali.

Nah, itulah 10 fakta jalur mandiri yang perlu Kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Kamu.


Related Posts

Related Posts