kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Daftar Pertanyaan Wawancara Beasiswa Yang Umum Ditanyakan


Beasiswa merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pendidikan tinggi dengan biaya yang terjangkau. Ada lembaga yang menyediakan full beasiswa, beasiswa dilengkapi living cost, beasiswa nominal tertentu, dan lain-lain. Buat Kamu yang ingin berburu beasiswa dari pemerintah atau lembaga tertentu, sebaiknya mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi administrasi. Kalau lolos administrasi, Kamu memiliki kesempatan mengikuti seleksi menjawab daftar pertanyaan wawancara beasiswa.

Agar Kamu bisa mendapatkan beasiswa yang diinginkan, sebaiknya Kamu tahu tentang daftar pertanyaan umum berikut :

1. Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Program Beasiswa Ini?

Sebaiknya Kamu mempelajari banyak hal terkait program beasiswa yang diajukan seperti filosofi lembaga/instansi, program dan tujuan beasiswa tersebut.

2. Kenapa Kamu Memilih Sekolah Atau Program Jurusan Ini?

Pastikan Kamu melakukan riset mendalam terkait pilihan program jurusan di sekolah atau universitas yang menawarkan program beasiswa.

3. Apa Alasan Kamu Ingin Mendapatkan Beasiswa Ini?

Sebaiknya Kamu memanfaatkan pertanyaan dengan menceritakan minat pada bidang yang ditawarkan oleh program beasiswa.

4. Ceritakan Tentang Dirimu Sendiri

Manfaatkan momen pertanyaan untuk menceritakan tentang diri Kamu, minat Kamu atau hal lain yang mungkin belum tercantum dalam CV. Pihak penyelenggara beasiswa ingin memastikan bahwa Kamu adalah kandidat yang tepat untuk menerima beasiswa tersebut.

5. Apa Saja Kelebihan Yang Kamu Miliki?

Daftar pertanyaan wawancara beasiswa yang cukup menjebak sehingga Kamu harus pandai membuat jawaban yang menarik. Saat Kamu menjawab tentang kelebihan diri, pastikan Kamu tidak begitu rendah diri atau terlalu tinggi hati.

6. Apa Yang Menjadi Kelemahan Kamu?

Sebaiknya Kamu membicarakan kekurangan disertai contoh konkrit pada sang pewawancara. Jangan lupa untuk menambahkan usaha nyata yang telah Kamu lakukan untuk memperbaiki kelemahan tersebut, ya!

7. Apa Kamu Terlibat Di Organisasi Atau Komunitas Di Sekolah?

Keaktifan Kamu di organisasi dan komunitas sekolah bisa menjadi salah satu kelebihan diri. Kamu bisa menggambarkan diri sebagai seseorang yang memiliki etos kerja profesional termasuk bisa bekerja sama dengan tim dalam kondisi apa saja.

8. Apa Yang Kamu Lihat Atau Lakukan Dalam Waktu 5-10 Tahun Mendatang?

Rencana jangka panjang merupakan hal yang ingin dilihat dari pemberi program beasiswa padamu. Sebaiknya Kamu memberikan gambaran pencapaian yang ingin diwujudkan selaras dengan visi hidupmu.

9. Apakah Kamu Pernah Gagal Selama Ini?

Pewawancara ingin melihat tingkat kepercayaan diri Kamu. Jujur mengakui kesalahan atau kegagalan merupakan hal yang baik. Namun, upayakan Kamu memiliki tekad kuat untuk memperbaiki kegagalan tersebut.

10. Kenapa Kamu Layak Menerima Beasiswa Ini?

Sebuah pertanyaan yang cukup umum dan sulit sehingga Kamu harus memikirkan jawaban yang paling baik. Sebaiknya fokus pada poin-poin yang Kamu miliki sesuai dengan wawasan dan pengalaman selama ini.

10 daftar pertanyaan wawancara beasiswa yang umum diberikan oleh sang pemberi beasiswa. Pastikan Kamu menyiapkan diri untuk melakukan tes wawancara tersebut, ya!


Related Posts

Related Posts