kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Cara Menentukan SKS Mata Kuliah Sebagai Referensi


Kuliah merupakan jenjang pendidikan tinggi yang diimpikan semua orang, khususnya generasi penerus bangsa. Melalui berbagai program beasiswa dari pemerintah dan swasta, Kamu bisa mewujudkan cita-cita dengan melanjutkan pendidikan tinggi lebih dulu. Baik program diploma dan sarjana, Kamu harus menentukan SKS sejak semester pertama setelah memilih jurusan yang tepat. Cara menentukan SKS mata kuliah sangat mempengaruhi perkembangan studi tiap semester, lho!

Jelang kelulusan program diploma atau sarjana, Kamu pasti sudah deg-degan apalagi bila ada mata kuliah wajib yang ternyata belum diambil. Bisa jadi syarat kelulusan kuliah Kamu tidak bisa dipenuhi, bukan? Yuk, simak 10 cara menentukan SKS mata kuliah penting yang harus Kamu perhatikan!

1. Mengetahui Tentang KRS

Kenali KRS atau Kartu Rencana Studi yang berisi beberapa mata kuliah yang sangat menentukan program belajar Kamu selama satu semester. Salah mengisi KRS bisa berimbas pada rencana Selesai Kuliah 3,5-4 Tahun Berantakan.

2. Ketahui Dasar Mengenai Mata Kuliah Wajib, Berjenjang Dan Konsentrasi

Kenali mata kuliah pengenalan atau dasar, matkul wajib atau berjenjang hingga peminatan alias matkul konsentrasi pada semester akhir menuju skripsi.

3. Ketahui Bobot Setiap Mata Kuliah

Ada mata kuliah standar yang memiliki beban SKS 2, ada pula mata kuliah wajib yang lebih berat dengan bobot SKS 3 atau 4. Jadi, pastikan Kamu mengambil mata kuliah yang seimbang agar beban belajar tidak berlebihan.

4. Mengetahui SKS Tiap Semester Ganjil Dan Genap

Bisa jadi mata kuliah wajib di semester 3 belum Kamu ambil, sedangkan semester 4 tidak memiliki mata kuliah tersebut. Kamu harus tahu SKS tiap semester sehingga bisa membuat daftar prioritas program belajar, ya!

5. Ketahui Syarat Mengenai Pengambilan Mata Kuliah Tertentu

Pastikan Kamu update tentang aturan dan kebijakan kuliah agar bisa mengambil mata kuliah tertentu di semester selanjutnya. Biasanya untuk mengambil mata kuliah tertentu, Kamu harus memiliki nilai minimal atau telah mengambil minimal SKS pada semester sebelumnya.

6. Ketahui Jadwal Penting Lain

Jadwal mengajar dosen, mata kuliah dan sebagainya sangat penting dalam menentukan SKS Kamu. Jangan sampai jadwal kuliah bentrok sehingga berimbas pada program belajar yang tidak bisa lulus tepat waktu.

7. Memilih Mata Kuliah Pilihan Untuk Peminatan Atau Konsentrasi

Lakukan prioritas dalam mengerjakan mata kuliah wajib dan berjenjang pada semester awal dan pertengahan agar semester 7 dan 8 bisa lebih fokus skripsi. Setidaknya Kamu yang mengambil mata kuliah pilihan atau peminatan bisa lebih maksimal.

8. Punya Aturan Menentukan SKS Per Semester

Pada awal masa kuliah, Kamu mungkin tergoda untuk mengambil SKS lebih sedikit agar beban belajar lebih santai. Namun, pastikan Kamu tidak kebablasan mengingat beban SKS pada jenjang sarjana berkisar 140-144 SKS. Jangan sampai semester akhir membuat Kamu tambah pusing dengan beban mata kuliah yang terlalu banyak.

9. Memperhitungkan Jumlah Semester Dengan Jadwal Dan Gaya Belajar

Jika Kamu tipe mahasiswa yang doyan dan suka belajar, maka bisa mengambil SKS lebih banyak. Perlu kerja keras agar Kamu bisa lulus lebih cepat dengan nilai IPK yang bagus, bukan?

10. Konsultasi Dengan Pembimbing Akademik Atau Senior

Merupakan langkah jitu agar daftar SKS pada KRS-mu sudah benar dan bisa selesai sesuai tenggang waktu yang diberikan, itulah cara menentukan SKS mata kuliah bisa Kamu pertimbangkan agar tidak terlalu keasyikan mengambil SKS sedikit tiap semester, ya!


Related Posts

Related Posts