kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Berapa Tahun Kuliah S3? Berikut Penjelasan Dan Ngapain Aja Selama Itu


Jenjang pendidikan yang tertinggi pada tingkat perguruan tinggi adalah jenjang S3 atau sering juga disebut sebagai program doktoral. Untuk mendaftar pada jenjang pendidikan doktoral ini, Kamu terlebih dahulu harus telah menyelesaikan jenjang pendidikan sarjana dan magister. Bagian pokok pada program doktoral di perguruan tinggi merupakan program berupa kegiatan penelitian serta memberikan sumbangan baru untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni. Pertanyaan selanjutnya adalah, berapa tahun kuliah S3?

Jenjang doktoral ini juga banyak diikuti oleh para akademisi atau orang-orang yang berkarir dalam bidang ilmu pengetahuan. Bagi Kamu yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai berapa tahun kuliah S3 atau jenjang doktoral dan ingin mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan selama proses perkuliahan dalam jenjang pendidikan ini, berikut sedikit penjelasan mengenai jenjang pendidikan S3 atau program doktoral.

1. Lama Waktu Perkuliahan Dan Jumlah SKS

Untuk menyelesaikan perkuliahan di jenjang S3, normalnya akan diselesaikan oleh mahasiswa dalam kurun waktu selama 3 tahun atau dengan menempuh sebanyak 6 semester. Lalu berapa tahun kuliah S3 maksimal boleh diselesaikan oleh mahasiswanya?

Pihak kampus atau perguruan tinggi umumnya memberi tenggat waktu selama 5 tahun atau hingga memasuki semester 10 bagi para mahasiswa S3 untuk menyelesaikan proses perkuliahannya di jenjang ini. Selama kurun waktu perkuliahan tersebut, mahasiswa S3 yang berasal dari lulusan program magister dengan jurusan yang sebidang atau linier dengan jurusan S3 yang diambil harus menyelesaikan satuan kredit semester sebanyak 40 SKS.

Sementara bagi mahasiswa S3 yang berasal dari lulusan program magister dengan jurusan yang tidak sebidang atau non linier dengan jurusan S3 yang diambil harus menyelesaikan satuan kredit semester sebanyak 52 SKS.

2. Kegiatan Yang Dilakukan Pada Tiap Semester

Pada semester awal proses perkuliahan mahasiswa S3, Kamu akan mendapatkan materi-materi berupa seminar doktoral. Seminar doktoral ini akan Kamu lakukan ketika Kamu berada di semester 1. Kemudian di semester 2 Kamu akan mendapatkan materi berupa mata kuliah pilihan sesuai dengan program studi atau jurusan yang Kamu pilih.

Di semester 3 hingga semester akhir yaitu semester 6, Kamu akan mulai mengerjakan tugas akhir untuk jenjang S3 yang berupa disertasi. Disertasi ini harus Kamu selesaikan maksimal hingga Kamu berada di semester 10 atau telah melakukan proses perkuliahan hingga 5 tahun.

Setelah Kamu menyelesaikan disertasi, Kamu akan menjalani proses wisuda. Kemudian Kamu akan resmi menyandang gelar sebagai lulusan S3. Gelar yang Kamu miliki bisa berupa doktor atau professor.

Itulah sedikit penjelasan bagi Kamu yang sedang mencari informasi mengenai berapa tahun kuliah S3 serta kegiatan apa saja yang akan dilakukan mahasiswa S3 selama menjalani proses perkuliahan pada jenjang tersebut. Semoga informasi kali ini bermanfaat buat Kamu ya.


Related Posts

Related Posts