kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Berapa Tahun Kuliah S2? Berikut Penjelasan Dan Ngapain Aja Selama Itu


Bagi Kamu yang telah lulus dan menyelesaikan jenjang pendidikan di tingkat sarjana dan masih ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi, maka Kamu bisa menempuh jenjang strata 2 atau S2 yang juga lebih akrab disebut jenjang magister. Untuk bisa berkuliah di jenjang ini, Kamu memang harus melewati jenjang S1 terlebih dahulu. Sementara itu mungkin Kamu bertanya-tanya tentang berapa tahun kuliah S2 ini.

Kebanyakan para mahasiswa yang menempuh jenjang magister atau S2 adalah untuk meningkatkan karir mereka atau juga para mahasiswa yang berniat untuk berkarir sebagai akademisi. Bagi Kamu yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap seputar berapa tahun kuliah S2 dan apa saja kegiatan yang akan Kamu lakukan dalam proses perkuliahan tersebut, berikut sedikit penjelasan mengenai jenjang studi magister atau S2.

1. Lama Waktu Perkuliahan Dan Jumlah Beban SKS

Jenjang magister ini bisa Kamu selesaikan dalam kurun waktu yang lebih singkat dibanding saat Kamu menempuh jenjang sarjana. Secara umum, lama waktu perkuliahan yang Kamu butuhkan untuk menyelesaikan perkuliahan di jenjang magister adalah selama 2 tahun atau sebanyak 4 semester. Lalu berapa tahun kuliah S2 maksimal boleh diselesaikan oleh mahasiswanya?

Pihak kampus atau perguruan tinggi umumnya memberi tenggat waktu hingga maksimal 4 tahun atau hingga mencapai semester 8 bagi para mahasiswanya untuk menyelesaikan perkuliahan jenjang magister mereka. Namun ada juga beberapa mahasiswa magister yang mengambil program akselerasi sehingga mereka bisa menyelesaikan proses perkuliahan ini dalam jangka waktu 1,5 tahun.

Dalam masa perkuliahan selama 2 tahun atau maksimal 4 tahun tersebut, Kamu perlu menyelesaikan satuan kredit semester sebanyak 36 SKS.

2. Kegiatan Yang Dilakukan Pada Setiap Semester

Pada semester-semester awal proses perkuliahan Kamu sebagai mahasiswa jenjang magister, Kamu akan mendapatkan mata kuliah matrikulasi. Mata kuliah matrikulasi ini merupakan mata kuliah yang akan menggabungkan wawasan atau ilmu pengetahuan yang telah Kamu dapatkan pada jenjang kuliah sebelumnya dengan materi atau ilmu pengetahuan yang akan Kamu jalani dalam jenjang magister.

Kuliah matrikulasi ini juga bisa disebut sebagai proses sinkronisasi sebelum Kamu mulai mendapatkan materi perkuliahan S2. Setelah itu, Kamu akan mendapatkan materi-materi kuliah utama dari jurusan atau program studi yang Kamu pilih.

Di semester akhir yaitu semester 4 atau maksimal Kamu lakukan di semester 6, Kamu harus menyelesaikan tugas akhir mahasiswa S2 yang berupa tesis. Setelah menyelesaikan tesis dan menjalani proses wisuda, Kamu akan resmi menyandang gelar magister yang sesuai dengan dengan bidang ilmu pengetahuan yang Kamu pilih.

Itulah sedikit penjelasan mengenai berapa tahun kuliah S2 beserta penjelasan mengenai kegiatan apa saja yang akan Kamu lakukan selama proses perkuliahan tersebut untuk informasi bagi Kamu yang ingin melanjutkan pendidikanmu ke jenjang magister.


Related Posts

Related Posts