kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Berapa Tahun Kuliah D4? Berikut Penjelasan Dan Ngapain Aja Selama Itu


Ketika melanjutkan pendidikan Kamu di perguruan tinggi, Kamu bisa memilih beberapa pilihan jenjang yang berbeda-beda, salah satu jenjang dalam perguruan tinggi yang cukup banyak dibuka di berbagai kampus saat ini adalah pilihan jenjang D4 atau diploma 4. Mungkin Kamu masih bertanya-tanya berapa tahun kuliah D4 ini. Jenjang diploma 4 memiliki lama waktu perkuliahan yang sama dengan jenjang sarjana, maka jenjang ini juga sering disebut sebagai jenjang yang setara dengan strata 1.

Banyak para calon mahasiswa yang memilih jenjang perkuliahan ini karena materi-materi yang diberikan pada mahasiswa diploma 4 lebih ditekankan pada kemampuan praktek yang akan banyak dibutuhkan di dunia kerja nantinya.

Bagi Kamu yang ingin mengetahui lebih lengkap mengenai berapa tahun kuliah D4 dan apa saja kegiatan-kegiatan yang akan Kamu lakukan selama masa waktu perkuliahan tersebut, berikut sedikit penjelasan mengenai proses perkuliahan dalam jenjang waktu diploma 4.

1. Lama Waktu Perkuliahan Dan Jumlah SKS

Seperti yang sudah dibahas di atas, jika Kamu memilih perkuliahan dalam jenjang diploma 4, Kamu akan menyelesaikan perkuliahan dalam waktu empat tahun atau selama delapan semester, sama seperti lama waktu untuk jenjang strata 1. Lalu berapa tahun kuliah D4 maksimal bisa diselesaikan?

Pihak perguruan tinggi biasanya memberi tenggat waktu maksimal kepada para mahasiswa di jenjang diploma 4 selama tujuh tahun atau selama empat belas semester. Dalam proses perkuliahan ini, Kamu diharuskan mengambil sebanyak 144 satuan kredit semester atau SKS untuk menyelesaikan pendidikan tersebut.

2. Kegiatan Yang Akan Dilakukan Di Setiap Semester

Sama halnya dengan jenjang pendidikan yang lain, di semester awal seperti semester satu atau dua, Kamu akan mengikuti berbagai kegiatan pengenalan seperti masa orientasi kampus. Selain itu, Kamu juga akan banyak mempelajari berbagai mata kuliah dasar yang berkaitan dengan program studi yang Kamu ambil.

Kemudian di semester tiga hingga semester enam atau maksimal hingga Kamu berada di semester 12, Kamu akan disibukkan dengan berbagai mata kuliah utama dalam program studi yang Kamu ambil. Di semester 7 atau maksimal Kamu berada di maksimal 13, Kamu akan melakukan kegiatan praktek kerja lapangan atau PKL.

Ada juga perguruan tinggi yang menyebut mata kuliah ini sebagai praktek kerja industri atau prakerin, dimana Kamu akan melakukan kegiatan magang di suatu perusahaan. Di semester 8 atau maksimal saat Kamu berada di semester 14, Kamu akan menyelesaikan tugas akhir atau TA sebelum melalui proses wisuda. Setelah selesai wisuda, Kamu akan resmi menyandang gelar sebagai sarjana terapan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai berapa tahun kuliah D4 dan materi serta kegiatan apa saja yang akan Kamu kerjakan dalam tiap semester hingga Kamu menyelesaikan pendidikan di jenjang tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat buat Kamu.


Related Posts

Related Posts