kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Apa Itu SOSHUM? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang SOSHUM


Bidang peminatan IPS sangat cocok untuk Kamu yang kurang menyukai ilmu Matematika, Kimia, Biologi, dan Fisika. Lulusan IPS memiliki kesempatan untuk melanjutkan kuliah yang sesuai dengan materi di bangku SMA. Lintas jurusan bisa dilakukan anak IPS tergantung kebijakan kampus tujuan. Namun, lulusan IPS memang tidak bisa melanjutkan kuliah untuk jurusan tertentu yang menerima lulusan IPA saja. Tenang saja, Kamu bisa memilih jurusan di rumpun SOSHUM yang tak kalah bergengsi. Kira-kira apa itu SOSHUM?

Ada beberapa jurusan favorit di rumpun SOSHUM yang bisa Kamu pilih setelah lulus SMA. Sebelum memutuskan untuk daftar tes ke kampus impian, pastikan Kamu mengetahui 10 hal tentang SOSHUM berikut ini.

1. Definisi SOSHUM

Merupakan rumpun yang memberikan ragam jurusan yang berkaitan dengan bidang sosial, manajemen, ekonomi, bisnis, sastra, bahasa, dan seni.

2. Tes Masuk Yang Lebih Simpel

Sebenarnya tes mandiri ke jurusan SOSHUM tergantung kebijakan universitas terkait. Sebagian besar menyebutkan bahwa tes mandiri ke jurusan SOSHUM lebih mudah dibandingkan SAINTEK. Ada tes masuk yang mewajibkan calon mahasiswa persyaratan tertentu agar bisa masuk jurusan SAINTEK, misalnya tes berenang untuk calon mahasiswa jurusan Kelautan dan Perikanan.

3. Jurusan Favorit Di SOSHUM

Tak kalah dengan jurusan SAINTEK, ada beberapa jurusan favorit di SOSHUM yang wajib Kamu pertimbangkan seperti Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, Hubungan Internasional, Sastra Asing, Psikologi, Manajemen, dan lain-lain.

4. Jurusan SOSHUM Kurang Diminati

Ada beberapa jurusan SOSHUM yang sepi peminat meski menawarkan peluang kerja dengan gaji tinggi, misalnya Kriminologi.

5. Prospek Karir Setelah Lulus Dari SOSHUM

Jangan menganggap jurusan SOSHUM menawarkan karir kurang cemerlang dibandingkan jurusan SOSHUM. Lulusan jurusan SOSHUM bisa memiliki karir yang cukup cemerlang di lapangan, lho!

Misalnya lulusan DKV, Ilmu Komunikasi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, Hukum, dan masih banyak lulusan yang bisa mendapat kerja begitu selesai kuliah.

6. Anak SOSHUM Dianggap Lebih Stylish

Hal ini dikarenakan anak SOSHUM lebih bebas dalam bergaul atau memakai pakaian ke kampus. Pasalnya, anak SAINTEK wajib mematuhi aturan kampus sesuai dengan jurusan masing-masing. Gaya berpakaian anak SAINTEK lebih kaku atau memakai seragam sesuai prosedur.

7. Jurusan Yang Cocok Untuk Anak Kreatif Dan Komunikatif

Kalau Kamu tipe orang yang tidak suka ilmu akademik dan memiliki sisi seni atau kreativitas tinggi, kenapa tidak masuk ke SOSHUM saja?

8. Biaya Kuliah Lebih Murah

Sebenarnya biaya kuliah lebih murah bukan patokan pasti. Pasalnya, biaya kuliah UKT tergantung dengan kemampuan finansial orangtua. Hanya saja tidak ada biaya praktikum seperti di jurusan SAINTEK membuat biaya kuliah SOSHUM rata-rata lebih terjangkau.

9. Anak SOSHUM Dianggap Lebih Asyik Dan Berjiwa Humanis

Banyak orang bertanya apa itu SOSHUM? Ternyata anak SOSHUM dianggap lebih asyik, memiliki jiwa seni, sosialis, dan humanis. Kemampuan komunikasi dan debat tidak diragukan lagi serta aktif mengikuti kegiatan atau organisasi di sekolah. Jadwal kuliah yang tidak sepadat anak SAINTEK membuat anak SOSHUM dikenal lebih santuy.

10. Lebih Cepat Lulus

Tergantung dengan mahasiswa yang mengambil SKS tiap semester dan mengerjakan skripsi tepat waktu. Namun, kebanyakan jurusan kuliah SOSHUM menawarkan sistem belajar yang lebih praktis dan bisa membuat Kamu lulus lebih cepat. Misalnya anak DKV bisa lulus lebih cepat dengan penguasaan dasar tanpa mengulang mata kuliah lain.

Tertarik masuk jurusan favorit di SOSHUM setelah lulus SMA? Pelajari apa itu SOSHUM agar Kamu bisa mengambil jurusan yang sesuai dengan passion diri.


Related Posts

Related Posts