kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Apa Itu Sekolah Vokasi ? Pengertian Sekolah Vokasi Adalah


Banyak lulusan SMA atau sederajat yang memilih program pendidikan vokasi, alih-alih lanjut ke jenjang pendidikan S1. Alasan belajar yang lebih singkat dengan praktik lebih banyak membuat lulusan lebih mudah diterima kerja. Ternyata Kamu yang lebih berminat pada pendidikan berbasis vokasi, maka bisa melanjutkan pendidikan di sekolah vokasi sejak bangku SMA, kok. Ya, sekolah vokasi adalah sekolah kejuruan yang menekankan praktik kerja langsung.

Sekolah vokasi adalah tingkatan sekolah setara SMA hingga pendidikan tinggi yang fokus menekankan keahlian tertentu agar bisa bersaing di dunia kerja. Tak heran lulusan sekolah vokasi baik jenjang SMK atau diploma lebih memilih terjun langsung ke dunia kerja dibandingkan melanjutkan pendidikan tinggi. Ada pula sebagian yang memutuskan untuk kerja sambil kuliah sekaligus, lho!

Sejak melakoni pendidikan di bangku sekolah menengah atau pendidikan tinggi vokasi, pelajar dan mahasiswa sudah menjalani sistem pembelajaran yang berbasis praktikum. Praktikum mendapatkan persentase sebanyak 70 persen, sedangkan materi hanya 30 persen saja. Jika lulusan akademik mencetak ahli, ilmuwan atau orang yang bekerja sesuai disiplin ilmu, maka lulusan vokasi mencetak tenaga kerja atau profesional.

Keunggulan Sekolah Vokasi Yang Wajib Diketahui

Buat Kamu yang berencana melanjutkan pendidikan menengah dan pendidikan tinggi di sekolah vokasi, maka ketahui beberapa keistimewaan sekolah vokasi dibandingkan dengan pendidikan akademik berikut :

1. Memiliki Lebih Banyak Jam Praktik

Cocok untuk Kamu yang tidak suka belajar materi dengan jam kuliah yang lama dan membosankan, maka Kamu wajib melanjutkan pendidikan di sekolah vokasi saja. Kamu akan mendapatkan lebih banyak durasi praktik bukan sekadar teori saja. Nantinya pengalaman Kamu mendapatkan jam praktik lebih banyak atau kesempatan magang langsung bisa menjadi bekal melamar pekerjaan sesuai dengan jurusan terkait.

2. Banyak Pilihan Sekolah

Sejak duduk di bangku sekolah menengah, Kamu bisa menentukan jurusan yang diminati lewat pendidikan SMK. Jika ingin mendapatkan pelatihan dan ilmu yang lebih luas, Kamu punya kesempatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi berbasis vokasi. Ada universitas, politeknik, pelatihan, program kursus, dan lain-lain.

3. Menawarkan Jurusan Yang Sesuai Minat

Tinggal tentukan jurusan yang Kamu minati sejak dini agar tidak salah arah, ya! Pasalnya, sekolah vokasi menawarkan program jurusan yang lebih beragam sesuai dengan tuntutan jaman. Misalnya Kamu suka berhitung, bisa memilih jurusan Akuntansi atau suka dengan ilmu komunikasi, Kamu bisa memilih jurusan Perhotelan atau Pariwisata.

Sekolah vokasi adalah lembaga pendidikan yang cocok untuk Kamu dengan latar belakang fokus bekerja kelak. Kamu bisa menggunakan sertifikat kelulusan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan. Jika Kamu ingin meraih karir lebih cemerlang, Kamu punya kesempatan untuk melanjutkan pendidikan S1 dan mendapatkan gelar tertentu. Yuk, tentukan karir dan masa depan Kamu dengan melanjutkan pendidikan sesuai keinginan!


Related Posts

Related Posts