kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Apa Itu SAINTEK? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang SAINTEK


SAINTEK kepanjangan dari Sains dan Teknologi merupakan rumpun ilmu yang biasa dikenal dengan kelompok IPA. Lulusan SMA IPA biasanya memilih jurusan yang masih berkaitan dengan bidang peminatan tersebut. Buat Kamu yang bingung menentukan jurusan kuliah, ada baiknya memahami apa itu SAINTEK secara lengkap, ya!

Jurusan kuliah memang hal yang harus dipertimbangkan secara matang meski Kamu bisa mendapatkan opsi lintas jurusan. Sebelum salah pilih jurusan kuliah, ketahui hal penting terkait penjelasan SAINTEK di kampus berikut ini.

1. Kemampuan Dasar Di Jurusan SAINTEK

Mengambil jurusan SAINTEK tentu bukan hal mudah, sebab Kamu harus menguasai materi dasar Matematika. Jurusan SAINTEK membutuhkan kemampuan akademik di bidang Kimia, Fisika dan Biologi sesuai jurusan yang Kamu pilih.

2. Mengenal Jurusan Populer Di SAINTEK

Ada beberapa jurusan yang menunjukkan minat calon mahasiswa yang cukup besar di Indonesia seperti Pendidikan Kedokteran, Farmasi, Teknik, Fisika, Matematika, Kimia, dan lain-lain.

3. Jurusan SAINTEK Yang Sepi Peminat

Selain jurusan populer yang memiliki seleksi masuk cukup ketat, ada jurusan SAINTEK yang sepi peminat meski memiliki prospek kerja bagus. Jurusan yang masih sepi peminat antara lain Mikrobiologi, Kelautan dan Perikanan, Agribisnis, dan lain-lain.

4. Aturan Lintas Jurusan

Beberapa waktu lalu ada aturan lintas jurusan yang diperbolehkan tergantung kebijakan kampus kecuali Pendidikan Kedokteran. Kabar terbaru dari LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi tidak memperbolehkan lulusan IPS atau Bahasa mengambil jurusan SAINTEK pada penerimaan mahasiswa 2020. Hal ini untuk meminimalisir tingkat risiko kegagalan masuk jurusan yang tidak sesuai dengan peminatan di SMA.

5. Biaya Kuliah SAINTEK Lebih Mahal

Ingin mencari informasi apa itu SAINTEK lebih detail memang sah-sah saja. Kamu bisa memutuskan untuk memilih jurusan yang membutuhkan kemampuan akademik dan finansial ini.

Pasalnya, biaya kuliah jurusan SAINTEK lebih mahal dibandingkan SOSHUM tergantung dengan pilihan prodi. Anak Kedokteran dan Teknik yang butuh penelitian jelas butuh biaya lebih besar.

6. Memiliki Prospek Karir Cemerlang

Setiap jurusan kuliah pasti memiliki prospek karir yang berbeda-beda. Namun, SAINTEK yang mengedepankan Sains dan Teknologi masih memiliki potensi karir yang lebih cemerlang. Seiring perkembangan jaman, digitalisasi dan teknologi terus mengalami peningkatan yang signifikan. Kamu bisa memilih jurusan Teknik yang dibutuhkan industri di lapangan.

7. Memiliki Tingkat Kesulitan Dan Persaingan Ketat

Jurusan SAINTEK di PTN ternama menjadi pilihan favorit calon mahasiswa dari seluruh Indonesia. Tingkat kesulitan dan persaingan masuk ke PTN sangat ketat, lho!

8. Beda Karakter Anak SAINTEK Dan SOSHUM

Setiap jurusan punya karakter masing-masing baik SAINTEK dan SOSHUM memiliki kelebihan atau kekurangan. Mahasiswa di SAINTEK rata-rata memang memiliki gaya bahasa to the point, kemampuan di bidang angka dan gaya pakaian yang lebih ketat sesuai aturan jurusan SAINTEK.

9. IP Rendah, Ancaman DO Dan Jurusan Neraka

Masuk SAINTEK harus siap mental dan fisik untuk belajar lebih keras. Banyak lulusan yang menerima kenyataan IP rendah bahkan sebagian besar mengalami DO pada pertengahan pendidikan.

Jurusan SAINTEK banyak yang mendapatkan sebutan jurusan neraka yang membuat mahasiswa tidak punya waktu bersenang-senang, misalnya Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Fisika, Kimia, Geologi, dan lainnya.

10. Bisa lulus lebih lama

Survei membuktikan anak-anak SOSHUM bisa lulus lebih cepat dibandingkan anak SAINTEK. Sebenarnya kelulusan anak SAINTEK yang tepat waktu tergantung dengan sistem belajar mereka. Namun, sebagian besar mengeluhkan masa belajar lebih lama bisa lebih 10 semester. Tak heran anak-anak SAINTEK terlihat lebih pusing, stress dan kecanduan belajar karena tugas kuliah yang menumpuk.

Dibalik semua seluk beluk SAINTEK, prodi di rumpun Sains dan Teknologi masih memegang peran sebagai jurusan favorit. Perkembangan jaman yang semakin maju membuat jurusan SAINTEK selalu beradaptasi. Buat Kamu yang masih bingung apa itu SAINTEK, lakukan riset informasi agar bisa menentukan jurusan kuliah yang tepat!


Related Posts

Related Posts