kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Apa Itu PPL (Praktik Pengalaman Lapangan)?


PPL adalah salah satu jenis program yang diselenggarakan bagi mahasiswa pendidikan. Program ini disebut juga sebagai kegiatan ekstrakurikuler namun wajib untuk diikuti. Jika Kamu ingin melanjutkan kuliah ke jurusan pendidikan maka Kamu harus mengetahui tentang program yang satu ini.

Berikut akan dibahas lebih lengkap mengenai program Praktik Pengalaman Lapangan ini.

1. Pengertian

Mari kita mulai dari pengertiannya terlebih dahulu. PPL itu sendiri merupakan sebuah kegiatan wajib bagi semua mahasiswa pendidikan. Disebabkan statusnya yang wajib untuk diikuti, maka PPL dianggap juga sebagai mata kuliah.

Siapa mahasiswa yang belum mengambil PPL maka tidak bisa lulus program sarjana. Jika memang sudah waktunya untuk menjalani PPL, maka Kamu harus menjalaninya.

2. Tujuan

Setiap program yang diselenggarakan oleh kampus tentu ada tujuannya. Begitu juga dengan program PPL ini. PPL sendiri dilaksanakan untuk membentuk kompetensi mahasiswa menjadi pengajar yang berkualitas. Lewat program ini mahasiswa akan meningkatkan keterampilannya menjadi guru di masa depan.

Program ini juga bertujuan memberi pengalaman yang bermanfaat bagi mahasiswa. Tidak hanya pengalaman mengajar, Kamu juga akan mendapat pengalaman berinteraksi dengan siswa. Kamu jadi punya pengalaman baru menjalin hubungan dengan guru-guru yang ada di sana. Pasti akan ada banyak hal-hal baru yang bisa Kamu jadikan pelajaran selama menjalani PPL.

3. Manfaat

Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh mahasiswa setelah mengikuti program PPL. PPL adalah kegiatan yang akan membuat mahasiswa bisa merasakan secara langsung seperti apa rasanya mengajar di kelas. Pengalaman ini tentu akan membuat Kamu bisa mendapat gambaran jelas mengenai profesi guru yang akan Kamu jalani di masa depan.

Selain itu, manfaat dari PPL adalah memberi wawasan kepada mahasiswa mengenai tugas-tugas dari pengajar. Kamu juga bisa mengetahui banyak hal yang berhubungan dengan dunia sekolah dan pendidikan. Semua ini bisa menjadi bekal yang bagus untuk menyongsong masa depan menjadi pengajar di Indonesia.

4. Lokasi Dan Waktu

Dimana saja Kamu akan menjalani PPL? Sama seperti KKN, Kamu akan mendapat lokasi tertentu untuk menjalani program yang satu ini. Biasanya lokasi yang dipilih adalah lokasi sekolah yang tidak jauh dari tempat universitas.

Pihak universitas memiliki daftar nama sekolah yang akan dijadikan tempat terselenggaranya program. Kamu tinggal menerima di sekolah mana Kamu akan ditempatkan.

Lalu kapan Kamu harus menjalani PPL? Program ini biasanya diselenggarakan di antara bulan Juli hingga Oktober. Namun, pihak universitas memiliki peraturan masing-masing mengenai waktu penyelenggaraan PPL.

PPL adalah sebuah kegiatan yang sangat penting untuk diikuti oleh mahasiswa pendidikan. Program ini menjadi sarana untuk mempersiapkan diri menghadapi masa depan sebagai pengajar setelah lulus. Jika Kamu memang harus menjalani PPL, maka persiapkan diri sebaik mungkin dan berusahalah secara optimal.








Related Posts

Related Posts