kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Apa Itu Pascasarjana? Pengertian Pascasarjana Adalah


Dewasa ini, banyak lulusan sarjana yang merasa perlu melanjutkan pendidikan lebih tinggi dengan bidang ilmu lebih spesifik. Biasanya lulusan pascasarjana membutuhkan title untuk profesi atau promosi jabatan tertentu. Pascasarjana adalah jenjang pendidikan yang bisa Kamu ambil untuk mendapatkan pekerjaan dengan kualifikasi yang cukup tinggi baik dalam atau luar negeri.

Buat Kamu yang berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana, pasti sudah memiliki minat atau konsentrasi yang akan diambil nanti. Pascasarjana adalah tingkatan pendidikan setelah sarjana atau S1 baik tingkatan magister dan doktoral yang bisa Kamu pilih. Cocok untuk Kamu yang memiliki mimpi menjadi akademisi, peneliti atau dosen, maka pendidikan lanjutan setelah lulus sarjana sangat direkomendasikan.

Ada pula sebagian lulusan sarjana yang memilih bekerja dulu, alih-alih melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 hingga S3. Selain bekerja untuk mendapatkan pengalaman langsung, Kamu juga bisa mengembangkan diri dengan mengikuti pra-master. Ada berbagai pembelajaran yang bisa Kamu pilih untuk meningkatkan perkembangan diri seperti melatih kemampuan bahasa asing, keterampilan komputer, analisis data, dan masih banyak pilihan kegiatan pra-master lain.

Sistem Pendidikan Pascasarjana

Kamu yang tertarik melanjutkan program pendidikan pascasarjana, pastikan memilih jurusan kuliah yang tepat. Pasalnya, program pascasarjana lebih mengedepankan jurusan yang spesifik atau berbeda dengan pendidikan selama kuliah sarjana. Jika Kamu baru mendapatkan mata kuliah konsentrasi jelang semester akhir, maka program magister menuntut Kamu fokus pada pemilihan jurusan sejak awal.

Program kuliah magister atau master menawarkan sistem pendidikan yang berbeda. Di Indonesia, Kamu lebih populer dengan istilah S2. Setiap institusi pendidikan memiliki persyaratan tertentu untuk calon mahasiswa S2, misalnya telah menyelesaikan pendidikan S1 dan mengikuti tes atau seleksi yang ditetapkan. Rata-rata pendidikan S2 di Indonesia ditempuh dalam waktu 1.5-2 tahun dengan jumlah Satuan Kredit Semester sekitar 180-194.

Program pascasarjana di luar negeri bisa berbeda dengan kebijakan di Indonesia. Tentu sistem pendidikan yang diberikan tetap sama yang bertujuan menciptakan lulusan yang bisa memberikan sumbangsih untuk dunia pendidikan dan teknologi kekinian. Misalnya di UK, sistem pendidikan pascasarjana menuntut mahasiswa untuk memilih program kuliah master melibatkan modul dan pembimbing atau kuliah jalur penelitian ilmiah tergantung jurusan.

Program pascasarjana selanjutnya setelah Kamu selesai dengan pendidikan S2, maka persiapkan diri melanjutkan pendidikan S3. Beban studi dan penelitian memang lebih tinggi sebab Kamu akan mendapatkan gelar doktor atau PhD. Riset akademik dan penulisan disertasi menjadi syarat kelulusan S3 yang tidak mudah, ya!

Pascasarjana adalah pendidikan tertinggi yang menuntut Kamu bekerja lebih keras. Tidak ada yang instan dalam mencapai tujuan tersebut, tapi bukan hal mustahil pula. Siapa tahu Kamu bisa menjadi seorang akademisi atau peneliti yang memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi khalayak.


Related Posts

Related Posts