kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Apa Itu KRS? Berikut 10 Hal Tentang KRS (Kartu Rencana Studi)


Mengetahui apa itu KRS sangat penting bagi calon mahasiswa. Sebelum masuk dunia perkuliahan, Kamu perlu memahami beberapa hal dan salah satunya Kartu Rencana Studi ini. Berikut adalah 10 hal seputar KRS yang bisa Kamu jadikan sebagai gambaran untuk memahami salah satu aspek penting di dunia perkuliahan ini.

1. Pengertian

Kartu Rencana Studi merupakan sebuah data berupa lembaran yang memuat daftar mata kuliah dalam satu semester. Semua mata kuliah yang telah dipilih akan tercantum di KRS. Bisa dikatakan bahwa KRS ini adalah panduan permulaan Kamu menjalani kuliah dalam satu semester tersebut.

2. Berlomba-lomba

Pengisian KRS dilakukan dengan penuh persaingan. Biasanya ada jangka waktu tertentu pengisian KRS. Kamu harus mengisi secepat mungkin untuk mendapatkan mata kuliah dan dosen sesuai harapan. Jika tidak cepat mengisi maka kuota bisa terpenuhi dan Kamu tidak bisa mengambil mata kuliah tersebut.

3. Informasi Data

KRS itu sendiri memuat informasi datamu secara lengkap. Terdapat informasi nama, NIM, fakultas, jurusan, serta daftar mata kuliah yang akan Kamu ambil. Nama dosen pembimbingmu juga akan tertera dan harus memberi tanda tangan.

4. Konsultasi Dosen

Pengisian KRS tentu tidak bisa dilakukan asal-asalan. Bahkan tak jarang mahasiswa harus galau dulu saat akan melengkapi KRS. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dosen untuk mendapat arahan yang benar.

5. Beda Penyebutan

Semua kampus dan fakultas pasti akan memberlakukan KRS. Namun, cara penyebutan dokumen ini bisa berbeda-beda. Ada kampus yang menyebutnya sebagai SIAK atau Sistem Akademik dan ada pula yang menyebutnya Key In.

6. Kelancaran Studi

KRS akan sangat berpengaruh pada kelancaran studi. Rencana studimu terangkum dalam sebuah kartu. Untuk mengisi kartu tersebut Kamu harus berpikir matang-matang karena berpengaruh pada durasi kuliahmu nantinya.

7. Dipengaruhi Nilai

Jika kembali lagi pada pengertian apa itu KRS, maka Kamu pasti paham kalau KRS ini sangat dipengaruhi oleh nilaimu. Jumlah SKS yang bisa Kamu ambil sangat dipengaruhi oleh nilai di semester sebelumnya. Jika ingin cepat lulus, Kamu harus dapat nilai bagus dan ambil SKS sebanyak mungkin.

8. Kemampuan Diri

Buatlah KRS sesuai dengan kemampuan dirimu. Sebagai mahasiswa, Kamu harus bisa mengukur sejauh apa kemampuanmu. Pengambilan mata kuliah dan jumlah SKS harus disesuaikan oleh kemampuan agar tidak keteteran.

9. Dokumen Penting

Penting sekali untuk dipahami bahwa KRS adalah dokumen yang statusnya sangat penting. Kamu harus menyimpannya sebaik mungkin setelah KRS mendapat persetujuan dari dosen.

10. Perhitungan Biaya

Lewat KRS Kamu juga bisa menghitung biaya kuliahmu dalam satu semester. Kamu bisa menjumlahkan SKS yang diambil dan menghitung berapa besar uang kuliah yang dibebankan pada semester tersebut.

Itulah tadi 10 hal yang bisa membantu Kamu lebih paham apa itu KRS. Pastikan untuk menyusun KRS dengan sebaik mungkin agar studimu di kampus berjalan lancar.






Related Posts

Related Posts