kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Apa Itu Diploma? Pengertian Diploma Adalah


Pendidikan merupakan hak seluruh warga negara Indonesia yang harus diperjuangkan dengan baik. Jika pemerintah menyediakan program beasiswa untuk lulusan SMA/SMK, kenapa Kamu tidak memanfaatkannya dengan baik? Jalur bidik misi bisa menjadi incaran untuk Kamu yang bingung dengan masalah dana kuliah. Kamu hanya perlu memilih pendidikan diploma atau sarjana sesuai keinginan. Diploma adalah jenjang pendidikan tinggi yang cocok untuk lulusan yang ingin langsung terjun ke lapangan.

Pengertian Diploma

Pendidikan vokasi merupakan tingkatan pendidikan tinggi yang setara dengan jenjang pendidikan sarjana. Namun, Kamu punya pilihan untuk memilih jenjang pendidikan diploma yang lebih fleksibel. Durasi waktu belajar lebih bervariasi tergantung dengan pilihan Kamu sejak kuliah, misalnya D1, D2, D3 atau D4. Program pendidikan vokasi lanjutan juga semakin dikembangkan oleh pemerintah guna mendukung lulusan dengan skill mumpuni.

Diploma adalah jenjang pendidikan yang cocok untuk lulusan SMA yang menerapkan lebih banyak praktik. Kamu juga memiliki gelar yang bisa didapatkan setelah lulus pendidikan, misalnya lulusan D3 akan mendapatkan gelar A.Md atau profesional ahli madya. Setiap jenjang pendidikan diploma memiliki gelar masing-masing, kok.

Buat Kamu yang galau mau melanjutkan pendidikan tinggi di tingkatan diploma atau sarjana, sebaiknya ketahui perbedaan dan keunggulan pendidikan diploma dibandingkan sarjana berikut :

1. Sistem Pendidikan Lebih Mengedepankan Praktik

Lulusan diploma lebih siap kerja bukan sekadar isapan jempol semata, lho! Pasalnya, sistem pendidikan diploma hampir sama dengan pendidikan yang berbasis praktikum di SMK. Artinya mahasiswa akan mendapatkan 70 persen praktik, alih-alih teori seperti di jenjang pendidikan sarjana.

2. Waktu Pendidikan Lebih Fleksibel

Bagi sebagian orang yang membutuhkan kualifikasi tertentu untuk mendapatkan peluang bekerja, jenjang diploma menjadi lebih prioritas. Kamu bisa memilih pendidikan D3 untuk mendapatkan pekerjaan tertentu dengan durasi waktu belajar lebih cepat yaitu 2.5-3 tahun saja.

3. Pilihan Jurusan Lebih Beragam

Hampir sama dengan pendidikan sarjana, pendidikan vokasi menawarkan jurusan yang tak kalah beragam. Kamu bisa bekerja sebagai tenaga medis, bisnis dan manajemen, teknologi, dan masih banyak pilihan lain.

4. Tetap Bisa Melanjutkan Pendidikan

Tak puas dengan pendidikan diploma yang sudah Kamu raih? Tenang saja, Kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus kuliah. Kamu bisa memperoleh gelar magister terapan atau doktor terapan untuk jenjang pendidikan lebih tinggi. Mau kuliah sembari kerja atau sebaliknya, sah-sah saja. Kamu sudah punya bekal matang untuk meraih apa yang diinginkan sejak memilih pendidikan diploma.

Bisa dikatakan bahwa pendidikan diploma menjadi batu loncatan terbaik untuk Kamu yang ingin langsung bekerja setelah lulus kuliah. Waktu belajar lebih fleksibel bisa membuat Kamu tidak bosan dengan jam-jam kuliah nanti. Diploma adalah pilihan tepat untuk lulusan SMA/SMK yang ingin meraih masa depan cerah sebagai praktisi yang terampil.


Related Posts

Related Posts