kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Alasan Memilih Jurusan Teknik Perkapalan Bagi Yang Bingung Kuliah


Melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi seusai menuntaskan pendidikan sekolah menengah atas, terkadang menjadi pilihan sulit. Terutama untuk Kamu yang masih belum mengetahui apa yang diinginkan untuk masa depan. Mungkin beberapa alasan memilih jurusan Teknik Perkapalan dapat membantu Kamu mengambil keputusan:

1. Peluang Kerja Luas

Apa yang membuat Kamu harus mengambil jurusan teknik perkapalan? Yaitu peluang kerja yang luas. Sebab Indonesia merupakan negara maritim, moda transportasi air atau laut masih sangat tinggi. Indonesia memiliki ribuan perusahaan perkapalan dan jutaan kapal yang membutuhkan tenaga ahli yang andal.

2. Gaji Yang Didapatkan Cukup Tinggi

Selain memiliki peluang kerja yang luas, Kamu juga berkesempatan mendapatkan pendapatan cukup besar dengan memiliki ijazah Teknik Perkapalan dan bekerja di bidang yang sesuai. Untuk seorang engineer saja minimal mendapatkan gaji Rp3.000.000,- dan bisa meningkat seiring waktu.

3. Bisa Bekerja Di Bidang Yang Disukai

Untuk Kamu yang menyukai dunia teknik dan suka memperbaiki mesin atau merancang mesin juga kapal, maka jurusan teknik perkapalan akan sangat cocok. Sebab bidang ilmu yang diajarkan mencakup segala hal tentang pengelolaan dan perawatan kapal, juga bisa belajar desain pembuatan kapal.

4. Dapat Bekerja Di Dalam Negeri Maupun Luar Negeri

Memiliki ijazah Teknik Perkapalan akan memberikan Kamu kesempatan bekerja bukan hanya di dalam negeri, tapi juga luar negeri. Sebab perusahaan perkapalan dan pelayaran tidak hanya ada di Indonesia saja.

5. Banyak Pilihan Sekolah Tinggi Terbaik

Alasan memilih jurusan Teknik Perkapalan berikutnya adalah adanya banyak pilihan sekolah atau perguruan tinggi dengan jurusan teknik perkapalan. Hal ini sangat wajar mengingat Indonesia merupakan negara maritim, tentu saja memerlukan banyak ahli dalam bidang kelautan khususnya teknik perkapalan. Kamu tidak akan kesulitan mendapatkan pendidikan terbaik.

6. Mendapatkan Pendidikan Mengenai Pengoperasian Kapal

Bukan hanya tentang perbaikan kapal atau rancang bangun kapal yang akan diajarkan dalam pendidikan S1 Teknik Perkapalan, tapi juga mengenai pengoperasian kapal. Jadi, Kamu akan mendapatkan pengetahuan lengkap mengenai operasional sebuah kapal.

7. Mengetahui Mengenai Perbaikan Kerusakan Kapal

Kamu akan mendapatkan pengetahuan mengenai perbaikan kapal. Bukan hanya tentang mesin, tapi juga body kapal. Ruang lingkup teknisi yang bekerja di kapal sangat luas dan Kamu akan mendapatkan tanggung jawab besar sebagai teknisi apabila berhasil menyelesaikan pendidikan.

8. Menyukai Dunia Kelautan

Mencintai laut bukan berarti harus menjadi nelayan, dengan menempuh pendidikan teknik perkapalan dan bekerja sesuai pendidikan yang didapat akan memberikan Kamu peluang bekerja di dunia yang disukai.

9. Ingin Berkeliling Indonesia

Menjadi bagian dari sebuah kapal baik sebagai teknisi maupun pekerjaan lain akan memberikan kesempatan berkeliling Indonesia. Kamu bisa mendapatkan kesempatan mewujudkan mimpi dengan berkuliah di jurusan Teknik Perkapalan.

10. Meningkatkan Moda Transportasi Laut Indonesia

Selain semua alasan di atas, Kamu juga memiliki kesempatan untuk mempertahankan dan meningkatkan penggunaan moda transportasi laut Indonesia. Bahkan memperkuat armada laut nasional. Bukankah hal ini sangat membanggakan?

Bagaimana apakah alasan memilih jurusan Teknik Perkapalan di atas bisa menjadi alasan Kamu memilih jurusan Teknik Perkapalan?


Related Posts

Related Posts