kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Alasan Memilih Jurusan Rekam Medis Bagi Yang Bingung Kuliah


Alasan memilih jurusan rekam medis apa saja ya kira-kira? Jurusan rekam medis saat ini semakin banyak dipilih oleh calon mahasiswa. Jurusan ini akan mengarahkanmu untuk belajar tentang pencatatan dokumen rekam medis pasien. Kamu bisa menjadikan jurusan ini sebagai pilihan dengan berbagai alasan berikut yang akan memotivasimu.

1. Tingkat Kecocokan

Jurusan yang satu ini sangat cocok bagi Kamu yang suka melakukan analisis dan ingin bekerja di dunia kesehatan.

2. Memiliki Peran Penting

Lulusan dari jurusan rekam medis ternyata memiliki peran penting di kehidupan masyarakat terutama demi kepentingan medis.

3. Jarang Diminati

Jika dibandingkan dengan jurusan medis lainnya seperti kedokteran dan keperawatan, jurusan ini cukup jarang diminati. Tapi karena jarang diminati, peluangmu untuk diterima jadi semakin besar. Ini bisa jadi salah satu alasan memilih jurusan rekam medis untukmu.

4. Prospek Kerja Jelas

Setelah selesai kuliah di jurusan rekam medis, Kamu akan mendapatkan prospek kerja yang jelas. Kamu akan bekerja di rumah sakit atau fasilitas kesehatan untuk mengelola dokumen rekam medis. Selain itu, Kamu juga berpeluang jadi dosen maupun peneliti.

5. Berhubungan Dengan Sistem Informasi

Jurusan ilmu ini mempelajari topik yang erat hubungannya dengan bidang sistem informasi. Di bidang ilmu ini Kamu akan belajar mengelola informasi kesehatan secara detail dari pasien.

6. Tersedia Di Banyak Perguruan Tinggi

Tidak sulit menemukan perguruan tinggi yang menyediakan jurusan rekam medis di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Universitas Gadjah Mada, Universitas Esa Unggul, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang, Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia, dan masih banyak lagi.

7. Mempelajari Topik Yang Menarik

Jurusan rekam medis mempelajari topik yang sangat menarik dan bisa dikatakan unik. Kamu akan belajar mengenai detail berkas catatan medis pasien secara lengkap dan detail. Kamu juga akan belajar berbagai hal medis serta manajemen pelayanan kesehatan.

8. Sangat Dibutuhkan

Masyarakat saat ini sangat membutuhkan lulusan dari jurusan rekam medis. Pengelolaan rekam medis sangatlah penting karena membantu kelancaran pelayanan kesehatan. Semakin baik pengelolaan rekam medis maka semakin bagus juga layanan kesehatan yang bisa diterima masyarakat.

9. Gaji Yang Menggiurkan

Bisa dikatakan bahwa profesi dari lulusan jurusan rekam medis bisa mendapat gaji yang menjanjikan. Jumlah gaji yang didapat berkisar antara Rp4.000.000,00 hingga Rp6.000.000,00.

10. Profesi Yang Seru

Setelah lulus dari jurusan rekam medis, Kamu bisa mendapatkan profesi yang seru untuk dilakoni. Ada banyak pilihan profesi yang bisa Kamu jalani seperti dosen, teknisi alat kesehatan, teknisi rekam medis, juga staf ahli informasi medis.

Jadi, itulah tadi beberapa alasan memilih jurusan rekam medis. Pastikan Kamu memilih jurusan dengan hati-hati dan tidak asal-asalan mengikuti tren. Pertimbangkan juga keinginan profesi yang ingin Kamu lakoni di masa depan nanti agar Kamu tidak menyesal.


Related Posts

Related Posts