kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Alasan Memilih Jurusan Radiologi


Jurusan kuliah yang ada di berbagai perguruan tinggi di Indonesia ini memiliki minat yang kurang banyak dibandingkan jurusan medis lain. Padahal ada banyak peluang pekerjaan yang menunggu lulusan Radiologi atau ilmu kedokteran yang bertujuan memindai atau mendiagnosis bagian tubuh menggunakan sinar X dan ultrasonik. Buat Kamu yang bingung menentukan jurusan kuliah, perlu cari tau nih alasan memilih jurusan Radiologi.

Memang jurusan Radiologi wajib diambil oleh lulusan IPA baik jenjang D3 atau S1. Kenapa Kamu harus memilih program studi yang ada di Pendidikan Kedokteran Spesialis ini? Yuk, simak 10 alasan memilih jurusan Radiologi berikut!

1. Punya Kemampuan Yang Mendukung

Jurusan Radiologi direkomendasikan untuk lulusan IPA yang memiliki kemampuan analis, komunikasi, paham fisika, fisiologi, dan anatomi tubuh manusia. Kalau Kamu memiliki minat di bidang tersebut, kenapa tidak ambil jurusan menjanjikan ini?

2. Bisa Bekerja Sebagai Radiografer

Tenaga ahli radiologi masih dibutuhkan di lapangan sebab Indonesia kekurangan radiografer.

3. Bisa Memilih Jenjang Vokasi Atau Strata Satu

Kamu yang ingin segera bekerja dengan kuliah lebih cepat, bisa memilih program D3 Radiologi yang mengutamakan praktik. Bisa pula lebih ahli di bidang radiologi secara akademis dengan mengambil jenjang pendidikan S1.

4. Gaji Lumayan Tinggi

Rata-rata gaji radiografer di Indonesia berkisar 4-5 juta rupiah per bulan, belum termasuk bonus atau tunjangan lain.

5. Mata Kuliah Yang Menyenangkan

Kamu akan belajar mengenai beberapa mata kuliah yang menyenangkan seperti Fisika Radiasi, Anatomi Rontgen, Proteksi Radiasi, dan mata kuliah menarik lainnya.

6. Bisa Memiliki Banyak Teman Dari Berbagai Daerah Sejak Kuliah

Hal ini dikarenakan jurusan Radiologi hanya ada di berbagai PTN dan PTS ternama di kota besar di Indonesia.

7. Bisa Lintas Jurusan

Kalau Kamu jurusan IPS bisa lintas jurusan ke Radiologi di beberapa kampus yang memiliki kebijakan tersebut. Namun, Kamu harus memiliki akselerasi kemampuan agar bisa memahami kompetensi Radiologi yang menggunakan ilmu IPA.

8. Ada Banyak Pilihan Kampus

Berkaitan dengan nomor 3, Kamu bisa memilih kampus dengan status negeri atau swasta sebagai tempat belajar kelak. Toh, Kamu bisa mencari informasi terkait jurusan Radiologi di kampus tertentu mulai akreditasi, biaya dan lain-lain.

9. Potensi Pekerjaan Lain

Kamu punya peluang bekerja sebagai terapis radiologi, ahli teknologi pengobatan nuklir dan profesi yang berkaitan lainnya.

10. Bisa Menjadi Dosen

Jika Kamu mengambil program S1 dan melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi, peluang bekerja sebagai akademis atau dosen tetap terbuka lebar, lho!

Alasan memilih jurusan Radiologi karena Kamu ingin punya karir yang matang di masa depan. Meski terdengar senyap, tapi lulusan Radiologi dibutuhkan di klinik atau rumah sakit di mana saja. Toh, Kamu tetap akan mempelajari bagaimana cara bekerja dengan aman tanpa terkena risiko paparan radiasi sinar X dan ultrasonik.






Related Posts

Related Posts