kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Sebagai Pilihan Saat Kuliah

Mahasiswa di jurusan pendidikan dipersiapkan untuk menjadi guru. Profesi guru menjadi salah satu profesi mulia. Sayangnya, tidak banyak yang menjadikan jurusan pendidikan sebagai pilihan utama. seringkali, jurusan ini dijadikan sebagai pilihan kedua, ketiga, atau sebagai pilihan cadangan. Hal ini dikarenakan mereka tidak punya alasan memilih jurusan pendidikan dan lebih tertarik ke jurusan lainnya.

Apakah Kamu termasuk salah satunya? Jika iya, Kamu bisa mempertimbangkan kembali untuk memilih jurusan ini sebagai pilihan utama. Berikut ini ada 10 alasan kenapa harus memilih jurusan pendidikan sebagai jurusan kuliah Kamu.

1. Jumlah Guru Masih Sedikit

Yang pertama, jumlah guru di Indonesia relatif masih sedikit, terutama untuk guru-guru di daerah atau pelosok. Ini berarti lulusan dari jurusan pendidikan memiliki kesempatan kerja yang sangat luas.

2. Kesejahteraan Guru Sudah Lebih Diperhatikan

Alasan memilih jurusan pendidikan dan berkarir menjadi guru adalah karena kesejahteraan guru saat ini sudah lebih diperhatikan oleh pemerintah. Tidak hanya pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan daerah pun sudah lebih peduli pada nasib guru.

3. Lulusan Yang Akan Selalu Dibutuhkan

Yang ketiga, lulusan dari jurusan pendidikan akan selalu dibutuhkan. Profesi pengajar dan guru akan selalu dibutuhkan selama manusia masih butuh akses pendidikan yang layak.

4. Mudah Diterima Kerja

Yang keempat, Kamu mudah diterima kerja. Tidak dibutuhkan syarat yang ribet untuk bisa melamar sebagai guru atau pendidik. Selama Kamu menguasai bahan ajar tertentu, Kamu bisa melamar sebagai pendidik.

5. Belajar Dua Keahlian

Masuk ke jurusan pendidikan berarti belajar dua keahlian sekaligus. Yang pertama, Kamu belajar materi atau bahan ajar tertentu. Yang kedua, Kamu belajar cara mengajar materi tersebut dengan benar. Menarik, kan?

6. Bisa Part Time

Alasan yang keenam, Kamu bisa part time selama berkuliah dan menambah uang saku. Kamu bisa bekerja sambilan sebagai tentor private atau guru les.

7. Ilmu Yang Aplikatif

Yang ketujuh, ilmu dari jurusan pendidikan sangat aplikatif. Meskipun Kamu tidak memilih karir sebagai guru atau tenaga pendidik, Kamu masih bisa menggunakan ilmu keguruan Kamu untuk mengajar anak Kamu kelak.

8. Tidak Hanya Bekerja Di Sekolah

Alasan berikutnya, karir Kamu tidak terbatas pada sekolah atau pendidikan formal. Kamu juga bisa berkarir sebagai trainer atau pengajar di pendidikan non formal.

9. Agen Perubahan

Alasan memilih jurusan pendidikan selanjutnya adalah karena Kamu akan berperan sebagai agen perubahan. Kamu akan mengajarkan banyak hal kepada orang lain dan membuat hidup mereka berubah.

10. Pilihan Prodi Yang Beragam

Yang terakhir, pilihan prodi jurusan pendidikan sangat beragam. Kamu bisa memilih dari rumpun sosial, rumpun saintek, bahasa, atau bahkan seni.

Nah, itulah 10 alasan memilih jurusan pendidikan sebagai jurusan kuliah Kamu nantinya. Ada banyak hal baik yang bisa terjadi pada Kamu jika memilih jurusan ini, terutama untuk Kamu yang ingin menjadi seseorang yang lebih berguna bagi orang lain dan sesamanya.


Related Posts

Related Posts