kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Alasan Memilih Jurusan Manajemen Dan Kebijakan Publik Bagi Yang Bingung


Untuk Kamu yang ingin masuk ke jurusan sosial humaniora, Kamu bisa mempertimbangkan jurusan manajemen dan kebijakan publik. Kamu mungkin tidak punya alasan memilih jurusan manajemen dan kebijakan publik. Karena itulah tulisan ini akan membantu Kamu untuk mempertimbangkan salah satu jurusan keren di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini.

Berikut ini ada 10 alasan bagi Kamu untuk memilih jurusan manajemen dan kebijakan publik, yaitu :

1. Lebih Luas Dari Ilmu Administrasi

Yang pertama, jurusan ini lebih luas daripada jurusan ilmu administrasi, baik dari segi ilmu yang diajarkan maupun dari segi prospek kerjanya. Ilmu administrasi identik dengan materi kearsipan dan surat menyurat. Di jurusan ini, Kamu akan mendapat lebih dari itu.

2. Ada Di Kampus Terbaik

Alasan yang kedua karena jurusan manajemen dan kebijakan publik ada di kampus-kampus terbaik di Indonesia. Salah satunya ada di UGM yang juga menjadi universitas pertama yang memiliki jurusan ini.

3. Jurusan Favorit

Alasan yang ketiga karena jurusan ini termasuk jurusan favorit. Kamu harus menyiapkan diri Kamu untuk bersaing dengan ratusan calon mahasiswa lainnya yang menginginkan kursi yang sama denganmu.

4. Prospek Kerja Yang Luas

Alasan memilih jurusan manajemen dan kebijakan publik berikutnya adalah karena prospek kerja jurusan ini bisa dibilang sangat luas. Kamu tidak hanya bisa masuk ke institusi pemerintah, namun juga bisa masuk ke perusahaan swasta.

5. Tidak Ada Hitung-Hitungan Matematika

Alasan yang kelima karena Kamu tidak akan menemukan materi hitung-hitungan matematika di jurusan ini. Kalaupun ada, kuantitasnya sangat sedikit dan itu pun hitungan yang sangat mudah.

6. Belajar Proses Pengambilan Kebijakan

Yang keenam, Kamu akan belajar proses pengambilan kebijakan di jurusan ini. Dalam prosesnya, Kamu akan belajar untuk mempertimbangkan banyak aspek sebelum mengambil keputusan yang mempengaruhi hidup orang banyak.

7. Belajar Pengelolaan Anggaran

Kamu tidak harus masuk ke jurusan ekonomi untuk belajar soal anggaran karena Kamu juga akan mendapat materi pengelolaan anggaran di jurusan ini.

8. Tidak Hanya Belajar Tentang Indonesia

Alasan berikutnya adalah karena Kamu tidak hanya belajar tentang kebijakan di Indonesia, namun juga dunia internasional. Keren, kan?

9. Berpikir Kritis

Alasan selanjutnya karena Kamu akan belajar berpikir kritis di jurusan ini. Kamu akan banyak membuat paper dan makalah yang menuntut Kamu untuk berpikir secara kritis.

10. Tidak Banyak Praktikum

Yang terakhir, tidak banyak praktikum di jurusan ini. Jadi, Kamu masih punya banyak waktu untuk ikut organisasi, kegiatan kampus atau mengembangkan networking.

Nah, itulah 10 alasan memilih jurusan manajemen dan kebijakan publik yang bisa Kamu pertimbangkan. Terlepas dari 10 alasan tersebut, pilihlah jurusan kuliah karena keinginanmu sendiri. Bukan karena paksaan dari orang tua ataupun karena ikut-ikutan teman saja.


Related Posts

Related Posts