kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Alasan Memilih Jurusan Agronomi Bagi Yang Bingung


Ketika Kamu memilih masuk kuliah di jurusan agronomi, apakah Kamu punya alasan memilih jurusan agronomi? Kamu memang tidak harus memiliki alasan memilih jurusan ini. Tapi akan lebih baik kalau Kamu memilikinya. Dengan adanya alasan, Kamu memiliki tujuan dengan masuk ke jurusan agronomi.

Bagi sebagian orang, menemukan alasan untuk masuk ke salah satu jurusan di Fakultas Pertanian ini mungkin cukup sulit. Termasuk juga untuk Kamu. Kalau Kamu belum menemukan alasan memilih jurusan agronomi, berikut ini ada 10 alasan yang bisa Kamu pertimbangkan.

1. Indonesia Negara Agraris

Alasan yang pertama karena Indonesia adalah negara agraris. Agraris adalah identitas negeri ini. Sebagai salah satu penerus bangsa, tentu Kamu ingin ikut memastikan identitas tersebut tidak luntur begitu saja bukan?

2. Lapangan Kerja Yang Menjanjikan

Yang kedua, lapangan kerja agronomi sangat menjanjikan. Setelah lulus nanti, Kamu bisa berkarir menjadi petani modern, atau bekerja di perkebunan, atau bisa juga menjadi pemangku kepentingan di lembaga pemerintah.

3. Bermanfaat Ke Masyarakat Pedesaan

Alasan memilih jurusan agronomi yang ketiga karena Kamu dan pengetahuan yang Kamu miliki akan sangat bermanfaat bagi masyarakat pedesaan jika Kamu mau membagikan sebanyak mungkin ilmu kepada mereka.

4. Tertarik Dengan Budidaya Tanaman Pertanian

Yang keempat, Kamu tertarik dengan budidaya tanaman pertanian. Tanaman pertanian tidak hanya padi, ada juga sayur-sayuran, buah-buahan, hingga tanaman bunga.

5. Bisa Menghasilkan Sumber Pangan Yang Lebih Baik

Yang kelima, Kamu bercita-cita menghasilkan sumber pangan yang lebih baik, yang tidak banyak mengandung zat kimia berbahaya, dan yang ditanam secara organik.

6. Belajar Kelestarian Lingkungan

Yang keenam, Kamu akan belajar tentang kelestarian lingkungan di jurusan ini. Kamu tidak hanya belajar cara meningkatkan hasil produksi, namun juga belajar tentang konservasi tanah dan air.

7. Proses Perkuliahan Tidak Hanya Di Kelas

Alasan yang ketujuh karena proses perkuliahan jurusan agronomi tidak hanya di kelas. Kamu akan mengadakan praktikum di laboratorium dan juga terjun ke lapangan secara langsung. Jadi, perkuliahan Kamu tidak akan membosankan.

8. Ilmu Yang Aplikatif

Alasan memilih jurusan agronomi berikutnya karena ilmu ini sangat aplikatif. Meskipun Kamu tidak berkarir di dunia pertanian, ilmu yang Kamu miliki tetap bisa Kamu gunakan, misalnya untuk budidaya tanaman sendiri di rumah.

9. Berkesempatan Mendapat Hasil Panen

Selanjutnya, Kamu berkesempatan mendapat hasil panen selama menjalani praktikum perkuliahan. Hasil panen ini bisa Kamu bawa pulang atau bisa juga Kamu jual.

10. Bisa Jadi Wirausaha Pangan Yang Sukses

Yang terakhir, Kamu bisa menjadi wirausaha pangan yang sukses. Selama manusia masih ada, selama itu pula sumber pangan akan terus dibutuhkan.

Nah, itulah 10 alasan memilih jurusan agronomi yang bisa Kamu pertimbangkan. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Kamu yang masih belum menentukan jurusan kuliah.


Related Posts

Related Posts