kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Alasan Memilih Jurusan Administrasi Pendidikan Bagi Yang Bingung


Administrasi Pendidikan memang kurang populer dibandingkan dengan jurusan yang fokus pendidikan lain. Padahal prospek kerja lulusan Administrasi Pendidikan tidak kalah banyak, lho! Kamu bisa bekerja di berbagai lembaga dengan jabatan mentereng, ya! Buat Kamu yang masih ragu mau mengambil jurusan apa, sebaiknya simak 10 alasan memilih jurusan Administrasi Pendidikan.

Memilih jurusan kuliah memang tidak mudah kalau Kamu tidak punya passion yang kuat. Rumpun SOSHUM sangat cocok untuk Kamu yang berada di jurusan IPS atau Bahasa saat SMA meski anak IPA bisa memilih lintas jurusan Administrasi Pendidikan. Supaya Kamu lebih mantap dalam memilih jurusan kuliah ini, perhatikan alasan memilih jurusan Administrasi Pendidikan yaitu :

1. Mengetahui Tujuan Administrasi Pendidikan

Tujuan jurusan Administrasi Pendidikan meliputi perencanaan, pengawasan, pembiayaan, dan hal-hal terkait pengelolaan administrasi di lembaga pendidikan.

2. Belajar Mata Kuliah Yang Beragam

Kamu bisa belajar berbagai mata kuliah yang mendukung bekal melamar pekerjaan seperti Manajemen, Ekonomi Pendidikan, Pengambilan Keputusan, Komunikasi Organisasi, dan lain-lain.

3. Potensi Kerja Yang Terbuka Lebar

Potensi kerja lulusan Administrasi Pendidikan cukup banyak, misalnya pengawas pendidikan, kepala sekolah, konsultan pendidikan, pustakawan, pemilik bimbingan belajar, koordinator lembaga pendidikan, dan lain-lain.

4. Bisa Menjadi Pengawas Pendidikan Atau Pengelola Pendidikan

Kamu bisa mengambil profesi sebagai Pengawas Pendidikan atau Pengelola Pendidikan di lembaga pendidikan Indonesia, misalnya Dinas Pendidikan Pusat atau Daerah.

5. Bisa Mendirikan Lembaga Pendidikan Sendiri

Kamu bisa menjadi wirausaha yang mendirikan dan mengembangkan lembaga pendidikan sendiri. Tidak menutup kemungkinan kalau lembaga bimbingan belajar Kamu bisa lebih sukses kelak. Kamu juga bisa mengembangkan sistem pendidikan berbasis e-learning di era digital, lho!

6. Cocok Untuk Kamu Yang Suka Pendidikan

Alasan memilih jurusan Administrasi Pendidikan karena Kamu suka dengan dunia pendidikan atau pembelajaran.

7. Bisa Meningkatkan Kepemimpinan Dan Mutu Pendidikan

Kalau Kamu bisa memberikan kontribusi positif untuk kemajuan pendidikan di Indonesia, kenapa tidak?

8. Gaji Tenaga Ahli Cukup Tinggi

Tenaga ahli di bidang pendidikan bisa mendapatkan gaji jutaan rupiah per bulan. Misalnya gaji konsultan pendidikan mulai 7-10 juta rupiah, sedangkan gaji kepala sekolah golongan IV sekitar 4 juta rupiah belum termasuk insentif dan tunjangan.

9. Peluang Diterima PTN Akreditasi A Cukup Tinggi

Passing grade di PTN yang memiliki jurusan Administrasi Pendidikan cukup rendah sehingga Kamu bisa lolos seleksi lebih mudah.

10. Bisa Memilih Profesi Peneliti Atau Penulis

Tidak harus duduk di lembaga pendidikan, Kamu bisa memiliki profesi lain setelah lulus kuliah. Kamu bisa menjadi peneliti yang melakukan pengamatan dan mengembangkan kajian ilmiah terkait pendidikan di Indonesia.

Mau menjadi seorang administrator atau supervisor, segera pertimbangkan alasan memilih jurusan Administrasi Pendidikan, ya! Semoga informasi kali ini bermanfaat buat Kamu ya sebagai referensi



Related Posts

Related Posts