kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Alasan Kenapa Perlu Lanjut Kuliah S2 Setelah Lulus S1


Setelah lulus S1 atau sarjana, lalu apa? Kebanyakan akan memilih bekerja di bidang yang sama. Ada yang bekerja di perusahaan ternama, ada yang memilih kerja di start up company. Ada juga yang memilih lanjut kuliah S2 sambil bekerja paruh waktu.

Masuk akal jika setelah lulus S1, Kamu ingin langsung bekerja mengingat lulusan jurusanmu sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Tapi juga tidak ada salahnya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Inilah alasan-alasan kenapa Kamu sebaiknya melanjutkan kuliah S2 setelah lulus S1 atau sarjana.

1. Bisa Menjadi Dosen

Menjadi dosen tidaklah cukup dengan gelar S1. Untuk Kamu yang bercita-cita terjun di dunia akademik dengan menjadi seorang dosen, salah satu syarat yang harus Kamu penuhi adalah lulus S2.

2. Bisa Menambah Gelar

Alasan yang kedua adalah Kamu bisa menambah gelar. Setelah lulus S2 nanti, gelar yang Kamu miliki akan bertambah. Ini tentu akan membuat Kamu lebih disegani.

3. Kamu Merasa S1 Belum Cukup

Ada orang yang merasa cukup dengan menjadi sarjana. Ada juga yang ingin terus mengenyam pendidikan formal hingga tingkat yang lebih tinggi. Kalau Kamu merasa gelar dan ilmu yang Kamu dapatkan di jenjang sarjana belum cukup, ini alasan terbaik untuk lanjut kuliah S2.

4. Masih Muda Dan Ada Kesempatan

Alasan selanjutnya adalah karena Kamu masih muda dan memiliki banyak kesempatan. Ini berkaitan erat dengan waktu yang tentu tidak akan bisa terulang lagi di masa depan.

5. Bisa Mendalami Ilmu Atau Konsentrasi Tertentu

Dengan melanjutkan ke jenjang S2, ilmu yang Kamu dapatkan akan lebih terfokus. Kamu bisa mendalami salah satu bidang ilmu jurusanmu yang menarik minat dan perhatian Kamu.

6. Bisa Mendapatkan Kesempatan Karir Yang Lebih Baik

Dengan melanjutkan ke jenjang S2, Kamu mungkin bisa mendapatkan kesempatan karir yang lebih baik daripada hanya lulus sarjana.

7. Membuka Wawasan Kamu Jadi Lebih Luas

Alasan lanjut kuliah S2 yang berikutnya adalah wawasan yang Kamu miliki akan lebih luas. Kamu tidak hanya menguasai bidang ilmu secara lebih mendalam, namun juga memiliki jaringan yang lebih luas.

8. Bisa Berkarir Pada Bidang Yang Mensyaratkan Lulusan S2

Beberapa pekerjaan mensyaratkan lulusan dengan gelar minimal S2. Kamu bisa mendaftar pekerjaan tersebut dengan saingan yang lebih sedikit.

9. Bingung Setelah Lulus S1 Mau Ngapain

Daripada bingung setelah lulus S1 mau ngapain, akan lebih baik jika Kamu memperdalam ilmu yang Kamu miliki dengan mengambil pendidikan master.

10. Membanggakan Orang Tua

Yang terakhir, Kamu bisa membanggakan orang tua dengan melanjutkan kuliah S2. Siapa sih yang tidak ingin membanggakan orang tuanya?

Nah, itulah 10 alasan kenapa perlu lanjut kuliah S2 setelah lulus jenjang sarjana. Dengan melanjutkan ke jenjang S2, bukan hanya ilmu yang akan Kamu dapatkan namun juga jaringan yang lebih luas.


Related Posts

Related Posts