kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

1 SKS Berapa Jam? Berikut Penjelasannya Agar Bisa Dipahami


Kuliah merupakan pilihan tepat untuk Kamu yang ingin menambah keterampilan, wawasan dan pengetahuan yang lebih spesifik. Jurusan kuliah yang beragam bisa Kamu pertimbangkan lebih dulu agar tidak salah arah, termasuk memilih kuliah pendidikan vokasi atau akademik. Program strata satu membutuhkan waktu kuliah minimal 4-5 tahun untuk menyelesaikan setidaknya 144 SKS. 1 SKS berapa jam tergantung dengan bobot SKS tersebut yang mencakup kegiatan tatap muka dan praktikum.

Kenali Dulu Mata Kuliah Umum Dan Pilihan

Di kampus, setiap mata kuliah yang diberikan memiliki jumlah SKS yang bervariasi tergantung dengan beban SKS setiap mata kuliah. Ada mata kuliah umum yang menjadi syarat kelulusan sehingga Kamu tetap harus mengambil mata kuliah umum tanpa terlewat, mata kuliah wajib yang menjadi dasar ilmu jurusan yang dipilih dan mata kuliah pilihan yang mendukung pemilihan minat dan konsentrasi mahasiswa sebelum mengerjakan skripsi.

Kamu harus tahu bahwa di lingkungan pendidikan vokasi atau akademik memiliki jumlah SKS yang berbeda. Hanya tingkatan D4 yang punya SKS sama dengan pendidikan S1 yaitu 144-160 SKS. Kalau ingin cepat lulus dan bekerja, sebaiknya Kamu ambil program kuliah diploma baik D1. D2 atau D3 sesuai kebutuhan saja.

Berapa Lama Durasi 1 SKS Dalam Jumlah Teori?

1 SKS berapa jam untuk kategori teori atau tatap muka? Berdasarkan berbagai sumber di internet menunjukkan bahwa kelas teori 1 SKS kurang dari satu jam saja. Ternyata 1 SKS memiliki jam tatap muka sekitar 50 menit saja, sedangkan kegiatan akademik dan kegiatan mandiri punya durasi sama sekitar 60 menit saja.

1 SKS Berapa Jam Untuk Praktikum?

Kuliah akademik S1 yang memiliki persentase teori lebih besar 60-70 persen jelas memiliki waktu praktikum yang terbatas. Hal berbeda untuk Kamu yang kuliah di kampus vokasi yang punya prosentase praktik lebih besar, maka durasi praktikum bisa lebih lama. Banyaknya ketentuan praktikum berbeda di setiap jurusan yang Kamu pilih, ya! Biasanya anak-anak yang mengambil jurusan SAINTEK memiliki jam praktikum yang lebih padat.

Jurusan Kehutanan di salah satu kampus negeri ternama di Jogja menyebutkan tentang ketentuan 1 SKS praktikum setara dengan kegiatan 3 jam setiap minggu. Sedangkan kegiatan mahasiswa praktik di lapangan membutuhkan waktu 4-5 jam per minggu setara 1 SKS dalam satu semester.

Penilaian kegiatan praktikum dan praktik di lapangan akan dinilai oleh pembimbing lewat laporan pertanggungjawaban mahasiswa sejak masa praktikum selesai. Ada tenggang waktu yang diberikan pada mahasiswa dalam menyelesaikan laporan tersebut sehingga Kamu tidak boleh main-main dengan urusan vital ini. Kalau ingin lulus dengan cepat, maka segera selesaikan semua tugas dan laporan Kamu, ya!

Hasil penilaian tiap ujian dan praktik yang Kamu lakukan sangat mempengaruhi indeks prestasi mulai dari angka 0-4. Kamu harus mengelola waktu dengan baik agar bisa melakukan proses belajar dan kegiatan di kampus sebaik mungkin. 1 SKS berapa jam bisa Kamu lalui tanpa merasa terbebani agar bisa mendapatkan nilai IP tertinggi.


Related Posts

Related Posts