kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

1 Semester Berapa SKS? Berikut Penjelasan Minimal Dan Maksimal SKS/Semester


Kuliah merupakan kesempatan belajar lebih fokus pada jurusan yang Kamu pilih sejak awal. Lintas jurusan memang diperbolehkan, tetapi Kamu wajib memilih jurusan yang sesuai dengan apa yang Kamu pelajari di bangku SMS agar bisa mencetak lulusan profesional. Jangan lupa untuk mengisi KRS dengan membuat batasan 1 semester berapa SKS yang diambil.

Memang setiap orang punya pendapat dan batas kemampuan sendiri sehingga Kamu tidak bisa menyamaratakan jumlah SKS dalam satu semester pada semua mahasiswa. Namun, gambaran umum SKS yang diambil agar bisa lulus kuliah S1 sekitar 144 SKS hingga 160 SKS. Agar Kamu bisa lulus tepat waktu, maka simak ulasan singkat berikut:

1. Batasan Minimal

144 SKS dibagi dalam 8 semester membutuhkan 18-20 SKS setiap semester tergantung dengan jadwal belajar Kamu, ya! Pada awal masa perkuliahan yang tidak begitu sibuk, Kamu bisa ambil SKS normal sama seperti mahasiswa lain. Setelah mendapatkan nilai IP tertentu, mungkin Kamu bisa mempertimbangkan ambil lebih banyak SKS sesuai kemampuan masing-masing saja.

2. Batasan Maksimal

Ada berbagai aturan yang bisa membuat Kamu lulus kuliah lebih cepat dalam waktu 3,5 tahun alias 7 semester saja. Namun, batasan mengambil SKS yang lebih banyak pada satu semester adalah 24 SKS dengan 7 mata kuliah yang punya bobot 3 SKS tiap mata kuliah tersebut. Mata kuliah yang lebih berat butuh fisik dan mental lebih tinggi dibandingkan mata kuliah yang punya SKS lebih sedikit.

Batasan maksimal untuk 1 semester berapa SKS bisa dengan 20 SKS untuk 10 mata kuliah. Tiap mata kuliah terdiri dari 2 SKS sehingga Kamu harus pandai mengatur waktu dan konsentrasi. Pasalnya, mata kuliah yang diambil banyak jelas butuh persiapan maksimal saat mengerjakan tugas dan ujian yang lebih beragam.

3. Hal Yang Harus Diperhatikan Selama Mengambil SKS Mata Kuliah

Agar Kamu bisa mengerjakan semua tugas, praktikum dan ujian dengan baik, maka ketahui dulu mana matkul wajib yang harus diprioritaskan. Mau mengejar SKS lebih banyak pada semester 3-6 bukan hal yang salah asal Kamu juga mengecek jadwal kesibukan mahasiswa, ya! Biasanya anak-anak yang sibuk dengan organisasi atau kegiatan ekstra di kampus bisa lulus lebih lama sebab bentrok dengan jadwal kuliah.

Tentu Kamu yang punya motivasi lebih besar bisa mengatasi masalah jadwal bentrok ini. Buat jadwal belajar, mengerjakan tugas dan kegiatan kampus dengan baik dan patuhi secara konsisten. Mengambil SKS terlalu sedikit juga mempengaruhi durasi kelulusan pendidikan Kamu bakal lebih lama.

Yuk, pertimbangkan dengan matang sebelum mengisi daftar 1 semester berapa SKS ya! Jika Kamu alami kesulitan, bisa bertanya pada senior atau pembimbing akademik yang akan membantu mengecek jumlah SKS yang relevan dengan kemampuan belajarmu. Semoga informasi kali ini bermanfaat ya buat Kamu.





Related Posts

Related Posts