kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Tugas Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Yang Perlu Kamu Tau

 


Organisasi merupakan salah satu wadah yang bisa membina dan membentuk kaderisasi calon generasi penerus yang punya kemampuan, kepemimpinan dan wawasan luas. Kamu bisa memilih jadi mahasiswa kura-kura yang punya kesibukan positif untuk menambah pengalaman baru. Selain HIMA di tingkat jurusan, Kamu juga wajib mengetahui pengertian, fungsi dan tugas Badan Eksekutif Mahasiswa atau BEM di tingkat fakultas kampus.

Seperti pemerintahan negara, BEM merupakan organisasi intra kampus yang memiliki berbagai program yang terangkum dalam setiap kementerian atau departemen. Supaya Kamu lebih paham mengenai BEM di kampus, sebaiknya ketahui beberapa tugas Badan Eksekutif Mahasiswa berikut :

1. Mampu Menampung Aspirasi Dan Keluhan Mahasiswa

Tugas utama BEM adalah menampung aspirasi dan keluhan mahasiswa terkait kebijakan atau program yang mendukung kampus berkembang lebih baik. Nantinya keluhan dan pendapat yang disampaikan oleh mahasiswa akan disampaikan pihak BEM kepada kampus lewat Direktorat Pelayanan Kegiatan Mahasiswa.

2. Menjadi Lembaga Tertinggi Yang Mengakomodasi Seluruh Kegiatan Mahasiswa Di Kampus

BEM memang memiliki struktur yang sama dengan organisasi lain mulai ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan kepala departemen masing-masing. Sesuai dengan program kerja yang sudah ditentukan pada satu periode awal, BEM bertujuan mengakomodasi seluruh kegiatan mahasiswa yang masuk dalam lingkup program tersebut.

3. Membangun Sinergi Dengan Organisasi Lain Di Kampus

Meski menjadi lembaga tertinggi di kampus, BEM wajib bersinergi dengan organisasi lain di kampus agar berjalan selaras tanpa menimbulkan konflik.

4. Menjadi Fasilitator Jejak Pendapat Mahasiswa

BEM merupakan wadah atau fasilitator pendapat dan aspirasi mahasiswa, termasuk kritik membangun pada kebijakan yang dikeluarkan kampus.

5. Menjadi Penengah Atau Mediator Permasalahan

Dalam sistem pembelajaran di kampus atau penerbitan kebijakan tertentu, mungkin terjadi permasalahan berbagai pihak baik mahasiswa. Keberadaan BEM bertujuan menjadi mediator yang bisa menyelesaikan permasalahan tanpa adanya persepsi yang salah atau multitafsir.

6. Menyusun Program Kerja Yang Baik

Selain mampu merumuskan aspirasi dari para mahasiswa, tugas BEM adalah menyusun program kerja yang bisa mendukung kegiatan mahasiswa di kampus.

7. Mengkoordinasi Kegiatan

Tugas BEM melakukan koordinasi kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan program kerja atau melakukan kerja sama dengan HIMA dalam melaksanakan program tersebut. BEM wajib mengawasi dan memastikan kegiatan berjalan dengan lancar, misalnya kegiatan ekstrakurikuler, non kurikuler, UKM, dan aktivitas di kampus lainnya.

Tentu tugas Badan Eksekutif Mahasiswa sangat beragam yang terbagi sesuai dengan susunan organisasi tersebut. Tugas yang lebih spesifik sesuai dengan jabatan menuntut pertanggungjawaban pada akhir periode BEM. Tidak ada salahnya Kamu bergabung dengan BEM fakultas agar bisa menambah pengalaman, wawasan dan relasi baru di lingkup internal serta eksternal. Nantinya pengalaman organisasi di kampus bisa menjadi nilai tambah dalam portofolio lulusan, lho!


Related Posts

Related Posts