kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Tips Menabung ala Mahasiswa, Wajib Dicoba!


Bagi para mahasiswa mungkin sering mengalami kendala dalam mengatur keuangannya. Peribahasa lebih besar pasak daripada tiang bisa jadi menggambarkan kondisi yang sering dialami para mahasiswa. Nah, berikut 4 tips menabung ala mahasiswa yang wajib kamu simak. 

1. Buat target tabungan

Tips pertama yang wajib kamu lakukan adalah menentukan targetmu. Kamu bisa menentukan berapa banyak uang yang ingin kamu kumpulkan dalam jangka waktu tertentu. Pastinya target ini harus kamu buat dengan realistis, ya! 

2. Buat daftar kebutuhan selama sebulan

Tips berikutnya adalah membuat daftar kebutuhan selama sebulan. Kamu bisa mulai mengambil buku catatan atau menuliskan di note ponsel mengenai pengeluaranmu dalam sebulan. Misalnya kebutuhan makan, transportasi, kuliah, dan lain sebagainya. Nah, dengan membuat catatan ini, kamu juga bisa memahami pengeluaran terbesarmu kamu habiskan dimana, lho.Apakah untuk jajan dan nongkrong bareng sahabat atau untuk transportasi yang mendukung mobilitasmu? Kalian juga bisa menyeleksi mana yang menjadi prioritas dan mana yang perlu untuk dikurangi. 

3. Buka rekening khusus tabungan

Tips ketiga yaitu membuat rekening khusus tabungan. Nah, buat kamu yang berencana menabung dalam jangka waktu panjang bisa mulai membuat rekening khusus. Tentunya, menabung di bank akan membuat uangmu aman dan kamu akan berpikir ulang jika ingin menggunakannya. Namun, jika kamu berencana menabung untuk jangka pendek, kamu bisa membuat celengan khusus dan letakkan di tempat yang aman. 

4. Belanja sesuai kebutuhan

Nah, tips selanjutnya adalah belanja sesuai kebutuhan. Mungkin ini adalah salah satu kunci keberhasilan kamu dalam menabung. Kamu wajib mengeluarkan uang untuk keperluanmu, bukan hanya memenuhi nafsu berbelanja. Misalnya saat berbelanja kebutuhan bulanan, kamu melihat barang diskon. Kamu tertarik dan membelinya padahal barang itu tidak mendesak dan tidak dibutuhkan. Nah, daripada membeli barang yang kurang berguna lebih baik uangnya masuk ke tabunganmu, kan!

5. Cari penghasilan tambahan

Tips yang terakhir ini juga bisa kamu coba. Memanfaatkan waktu luangmu untuk menambah penghasilan juga tidak ada salahnya. Kamu bisa mengerjakan pekerjaan paruh waktu yang sesuai dengan skill dan minatmu. Selain memberi pemasukan tambahan, juga bisa menambah pengalaman dan mengasah skill yang kamu miliki, kan? 

Itulah lima tips menabung ala mahasiswa yang bisa dicoba. Kunci keberhasilan menabung adalah konsisten. Pastikan kamu konsisten dan bertanggung jawab dalam menggunakan uangmu, ya! Selamat mencoba kawan! 



Related Posts

Related Posts