kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Tips Memilih Jurusan Kuliah Berdasarkan Kepribadian



Setelah lulus SMA, keinginan melanjutkan studi sudah pasti ada. Terutama jika Kamu memang didukung kemampuan finansial dari orangtua. Namun, terkadang pemilihan jurusannya yang membuat pusing. Nah, agar tidak bingung, tips bagaimana memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian yang sebaiknya Kamu terapkan.

1. Kenali Dahulu Kepribadian Sendiri

Lazim apabila manusia yang satu tidak sama dengan lainnya. Ada yang realistis, pemikir, penyendiri, dan lain sebagainya. Kamu mesti mengenali diri sendiri masuk pada kategori pribadi yang mana.

2. Jurusan Untuk Pribadi Realistis

Orang yang memiliki kepribadian realistis cenderung berani, cakap, memiliki keterampilan fisik, dan koordinasi motorik cepat. Orang seperti ini cenderung lebih suka melakukan sesuatu dan bekerja di lapangan. Jurusan yang cocok adalah jurusan dengan banyak kegiatan luar atau praktik.

3. Jurusan Yang Tepat Untuk Para Pemikir

Jika Kamu lebih cenderung orang yang berpikir dan berorientasi pada akademik, maka termasuk dalam tipe kepribadian pemikir. Kamu lebih suka memecahkan masalah dengan otak, maka jurusan yang cocok adalah Kimia, Fisika, Biologi, Kriminologi, atau perangkat lunak.

4. Jurusan Kuliah Bagi Para Kreator

Jika Kamu suka menghasilkan kreasi dalam bentuk artistik melalui perasaan dan imajinasi, maka termasuk dalam kepribadian artistik atau kreator. Jurusan yang cocok adalah seni, desain, dan bahasa. Kamu juga bisa mempertimbangkan menjadi penulis.

5. Jurusan Untuk Tipe Sosial

Memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian merupakan cara terbaik dalam mendapatkan masa depan cerah. Karena itu, harus disesuaikan dengan apa yang ada dalam diri Kamu.

Untuk Kamu yang punya kecenderungan membantu orang lain dan sangat suka melakukannya, artinya Kamu adalah tipe sosial atau helpers. Jurusan yang pas adalah sekretaris, sosiologi, bimbingan konseling, komunikasi, atau psikologi.

6. Jurusan Untuk Kamu Yang Ambisius

Apabila Kamu adalah orang dengan kepribadian tegas, positif, berjiwa pemimpin, dan ambisius, maka sudah jelas jurusan yang diambil harus berkaitan dengan ekonomi, bisnis, manajemen, atau hubungan internasional.

7. Jurusan Untuk Para Ahli Organisasi

Keahlian berorganisasi juga bisa Kamu jadikan sebagai panduan memilih jurusan kuliah. Misalnya, saat ini Kamu adalah anggota OSIS yang senang berorganisasi dan memiliki kemampuan, maka tidak ada salahnya memilih jurusan administrasi, akuntansi, atau statistik.

8. Jurusan Untuk Patriot Bangsa

Rasa cinta tanah air yang besar dapat menjadi pertimbangan untuk memilih berkarier di dunia militer. Kamu bisa mendaftarkan diri menjadi TNI untuk menjadi salah satu ksatria pembela bangsa.

9. Jurusan Untuk Kamu Yang Berjiwa Pelindung

Lain lagi dengan Kamu yang punya keinginan untuk melindungi masyarakat dari kejahatan. Kamu bisa memilih menjadi polisi atau mengambil jurusan hukum. Menjadi pengacara, jaksa, atau hakim, sepertinya cocok untukmu.

10. Jurusan Untuk Kamu Yang Tertarik Di Bidang Medis

Setiap orang memang punya ketertarikan sendiri. Jadi, wajar apabila berbeda-beda. Apabila Kamu memiliki ketertarikan dengan dunia keperawatan, perkembangan kesehatan, penyakit, atau hal medis lainnya. Maka, jurusan kedokteran, keperawatan, gizi, ahli rontgen, dan jurusan berkaitan medis lainnya akan sangat tepat dipilih.

Memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian tidak akan sulit. Kuncinya adalah mengenali diri sendiri. Jadi, PR Kamu sekarang adalah mengenali diri sendiri. Setelah itu, baru tentukan jurusan yang sesuai.





Related Posts

Related Posts