kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Sikap Mahasiswa yang Disukai Dosen, Wajib Dipraktikkan!


Tidak hanya mahasiswa, dosen juga memiliki beberapa kriteria mahasiswa yang disukai dan mampu membuat para dosen respect dan menyadari keberadaan mereka.

Sebagai seorang mahasiswa, kita harus bisa bersikap baik dan sopan serta menunjukkan perilaku yang positif termasuk ketika berinteraksi dengan dosen baik di dalam maupun di luar kelas.

Jika kamu sudah menjadi seorang mahasiswa, kamu harus bisa menunjukkan sikap yang kooperatif. Kamu harus bisa bersikap sopan dan menjaga sikap agar tidak dinilai sebagai mahasiswa yang tidak tahu etika.

Mahasiswa berbeda dengan siswa SMA, karena mahasiswa dianggap sebagai sosok yang sudah dewasa dan mampu memutuskan apa yang baik bagi dirinya sendiri. Berikut ini adalah beberapa sikap mahasiswa yang disukai oleh dosen yang bisa kamu lakukan.

1. Responsif dan antusias

Ketika dosen tiba-tiba bertanya di tengah menjelaskan materi, kamu harus bisa meresponnya dengan menjawab pertanyaan yang beliau ajukan. Biasanya, mahasiswa hanya diam ketika ditanya seperti ini. Kamu harus bisa menunjukkan sikap yang responsif dan tidak takut menjawab ketika ditanya oleh dosen.

Kamu juga bisa menunjukkan sikap yang antusias ketika sedang berada di kelas dengan bertanya ketika ada materi yang belum kamu pahami. Kamu tidak usah takut dianggap cari muka karena bisa jadi orang yang berkata demikian hanya iri kepadamu.

2. Taat aturan dan disiplin

Setiap dosen biasanya memiliki aturan dan tata tertib tersendiri ketika mengajar di kelas mereka. Kamu harus tahu dan paham karakter setiap dosen dan berusaha memenuhi semua tata tertib dan aturan yang telah mereka buat dan mereka sampaikan ketika kontrak perkuliahan di awal semester.

Meskipun memiliki aturan dan tata tertib yang berbeda, setiap dosen pastinya mengharapkan mahasiswa bersikap disiplin dan bertanggung jawab selama mengikuti perkuliahan. Kamu harus menunjukkan sikap disiplin ketika diberikan tugas atau amanah oleh dosen.

3. Mandiri dan jujur

Sikap lainnya yang disenangi dosen adalah perilaku mahasiswa yang mandiri dan selalu bersikap jujur terutama ketika sedang ujian. Sama seperti semua guru, dosen juga akan respek dan menghargai mahasiswa yang jujur dan mengerjakan ujian dengan usaha dan kemampuannya sendiri.

Kamu juga harus bisa bersikap mandiri dengan tidak tergantung pada orang lain atau teman ketika sedang mengerjakan tugas. Hindari kebiasaan plagiarisme atau mencontek pekerjaan teman ketika diberikan tugas oleh dosen.

4. Kritis dan serius saat mengikuti kelas

Sikap lainnya yang disenangi oleh dosen adalah sikap mahasiswa yang kritis dan mampu mengikuti perkulihan dengan serius dan penuh semangat. Mahasiswa yang mampu menyampaikan gagasan, ide, serta pandangannya dengan bahasa yang lugas dan mudah dipahami akan mudah diingat oleh dosen.

Kamu bisa mengembangkan kebiasaan berpikir kritis dengan belajar terlebih dahulu sebelum kelas dimulai. Dengan demikian, kamu jadi tahu secara garis besar materi apa yang akan dipelajari hari itu.

Itulah empat sikap mahasiswa yang disukai oleh dosen. Kamu bisa mencoba menerapkannya saat berada di kelas. Tujuan utama bersikap demikian adalah agar kamu semakin mudah memahami materi. 



Related Posts

Related Posts